Minder dan kebingungan para pemula yang ingin mencari pundi - pundi uang untuk isi dompet yaa. Awal sekali bagaimana menciptakan bisnis secara kecil - kecilan yang dapat di terima dan di butuhkan pastinya. Tengok aja disekitarmu jasa dan benda apa yang dibutuhkan sehingga kamu bisa membuat idea - idea usaha yang cocok untuk dibuat. Tapi, tetap saja “Malu dan Bingung” akan tetap menjadi hantu jika kamu tidak bertanya dan hanya berpikir bisnis apa yang cocok untuk kamu tanpa mencoba idea- idea yang ada di pikiran kalian. Nah, disini aku berbagi tips untuk kamu yang masih “Malu dan Bingung” untuk memulai usaha atau berbisnis. Ini dia tujuh tips untuk kamu :

1. Buang rasa malu sama orang disekitar mu!

Hal yang wajar jika seseorang merasa malu untuk melakukan suatu hal. Termasuk memulai berbisnis. Banyak pikiran yang menghantui mu dari orang disekitar. Malu jika tidak berhasil dalam bisnins yang di buat, jasa ditawarkan tidak bagus. Pasti banyak lagi alasan yang menghantuimu.
Perasaan malu ini sering sekali memicu suatu kegiatan menjadi gagal dan tidak berjalan.

Perlu dihindari agar menjadi pribadi yang siap tidak was – was dengan rencana kamu. Tentunya Kamu harus optimis, yakin untuk memulai bisnis yang kamu rencanakan. Jangan terpuruk dalam rasa malu yang merugikan, akan menjadi penyebab tidak dapat berkembangnya dirimu.

2. Pilihlah, Sesuaikan dengan hobi kamu!

Hobi menjadi peluang bisnis via https://www.cermati.com

Sudah bukan rahasia lagi loo, kalau banyak para wirausaha yang terinspirasi dari hobi atau minatnya dan menjadikan tema bisnis. Banyak sekali bidang yang kamu geluti. Namun, tetap ada satu hal yang membuat mu menyukainya. Ya “Hobi” setiap orang berbeda – beda ada yang di olahraga, kuliner, seni, menghitung. Nah, kamu bisa memulainya dari hal yang kamu sukai tersebut.

Advertisement

Misal dalam bidang yang kamu suka bidang seni seperti melukis. Kamu yang suka berkreasi dengan coretan bisa membuka khursus atau les untuk belajar melukis dengan membuat sangar.

Idea tidak akan jauh – jauh dari hal yang ada disekitar mu kok. Tentang apa yang kamu sukai dan mampu menjalankannya. So, buat kalian yang masih merasa bingung akan berbisnis apa? Kalian bisa menggali hal yang kamu sukai seperti “Hobi” untuk memulai bisnis secara kecil – kecilan duluh.

3. Mau dan Siap menerima kritik dan saran pastinya

menerima kritikan dan saran via http://www.hipwee.com

Di dunia ini hanya ada dua tipe orang yakni : menerima dan tidak menerima “saran dan kritikan”. Dua hal ini yang dapat mempengaruhi cara bersosialisasi kamu. Orang yang mudah menerima kritikan dan saran akan lebih mudah untuk melakukan atau tidak mengulang kesalahan yang telah diperbuat. Dalam hal berbisnis sangatlah perlu menerima keduanya agar bisnis yang dijalankan berkembang. Tidak jatuh ke lubang kesalahan yang sama.

Jika kritikan dan saran yang kamu dapat membangun maka tampung dan laksanakan, jika menurutmu perlu dipertimbangkan kembali maka pikirkan terlebih dahulu.

Bisnis dapat berubah seiring dengan zaman serta mode yang ada. So, apa salahnya kalian yang akan dan sedang berbisnis mendengarkan serta menerima saran dan kritikan dari orang terdekat kalian.

4. Pikirkan duluh dengan matang alasan mu untuk berbisnis

“TUJUAN” apa tujuan mu untuk memulai bisnis?. landasan yang harus ada ketika memulai sesuatu. Tujuan juga bisa sebagai motivasi membangun usaha. Pikirkan duluh yang akan menjadi alasan mu membuka usaha, agar ketika terjadi hal yang negatif sesuatu yang tidak sesuai dengan pemikiran kamu dapat bangkit lagi. Tidak terpuruk dalam kegagalan.

Tujuan juga mencakup usaha yang akan dibuat pemasarannya untuk siapa, dengan target yang matang kamu bisa lebih fokus dalam menjalankan usaha. Tidak perlu khawatir, karna tujuan mu sudah sesuai dan tepat.

5. Buka usaha yang pasti di butuhkan banyak orang

Usaha yang memberikan jasa untuk kebutuhan orang banyak sehingga lebih mudah untuk mendapatkan peminat. Tema usaha itu tidak akan jauh dari kuliner, properti, perlatan rumah tangga, pakaian, peralatan sekolah, dan lain- lain. Kelihatannya memang sudah banyak yang tersebar. Tapi bagaimana kamu mengemas usaha kamu menjadi menarik dan lebih unggul dari usaha – usaha yang telah berjalan.

Mengikuti zaman pula kebutuhan yang sering dibutuhkan untuk saat ini samapai berkelanjutan. Jadi , carilah usaha yang dapat di terima di pasaran dan dibutuhkan untuk sesuai target pemasaran.

6. Mencoba ikut bisnis orang lain terlebih dahulu, kenapa tidak?

Buat kamu yang belum berpengalaman alias “Newbi” bisa kok belajar duluh dari orang yang sudah berpengalaman. bisnis itu mengikuti mode dan pasar. Jadi jangan terlalu terpatok dengan pemikiran mu. Yang harus memulai langsung. Bisa saja bergabung dengan usaha yang sudah berjalan. Sambil belajar dan praktik lapangannya.

Tentunya usaha yang kamu ikuti kerja sesuai bisnis yang telah kamu rencanakan. Sehingga kamu tau bagaimana cara mengelolah bisnis tersebut dengan benar dan dapat diterima oleh banyak orang. Dan seringlah untuk bertanya bagaimana bisnis di tempat yang kamu tempati berjalan dengan baik.

7. Mulailah bisnis yang menjanjikan di pasaran

Bisnis tidak akan jauh dari benda dan jasa. Tetapi bisnis jasa dan benda yang bagaimana sih yang dapat diterima oleh banyak orang ?. yang diperlukan yaa pastinya dan memberi kenyamanan bagi konsumen.

Bukalah usaha yang ke depannya akan tetap di cari dan diperlukan oleh konsumen sampai bertahun – tahun kemudian. Sehingga kemungkinan bisnis yang kamu jalani tidak akan merosot alias “Gulung Tikar”.

Modern ini bisnis di bidang fashion, kuliner dan kosmetik yang lagi tren di kalangan para pembisnis mudah. Dengan hasil yang menjanjikan meraup keuntungan yang lumayan pastinya.