Hayoo.. siapa yang lagi jenuh, penat, bosan dengan rutinitas, ingin refreshing tapi bingung atau mungkin gak ada waktu longgar yang lama? Pernah berpikir tidak untuk meluangkan waktu membahagiakan diri sendiri? 

Well, sesibuk apapun kita, jangan pernah lupa untuk membahagiakan diri sendiri. Ingat, sebanyak apapun temanmu yang datang untuk membantu pada akhirnya kamu akan selalu kembali mencari jawabannya pada dirimu sendiri. Thats the point! We need to make a dialog with ourselves. 

Tujuan "me time" adalah untuk pergi sejenak dari lingkungan sosial. Ada kalanya kita lupa untuk kembali mengevaluasi diri, memperbaiki diri, mengurus diri sendiri, bahkan lupa untuk membahagiakan diri. Berikut daftar "me time" sederhana yang bisa dipraktikkan untuk semua orang. Tidak perlu mahal, ribet, atau memerlukan waktu lama. 

1. Siapa bilang Travelling sendirian itu gak asik? Kadang, kamu harus “hilang” dulu agar bisa menemukan dirimu sendiri.

Travelling alone via http://globalprocessservers.com

Jangan pernah takut travelling sendirian. Justru saat kamu bepergian sendirian itulah kamu bisa sejenak melupakan kepenatan dan lebih dekat dengan dirimu. Pada langkah awal jika kamu masih merasa was-was untuk bepergian sendirian, pilihlah tempat yang tidak terlalu jauh.

Mungkin tempat-tempat kesukaanmu yang hanya memerlukan jarak kurang dari satu jam, misalnya kota-kota terdekat dari domisili. Tidak perlu sampai menginap, beberapa jam saja merasakan travelling sendirian pasti akan menjadi pengalaman yang tidak pernah kamu lupakan seumur hidup.

Bayangkan saja memilih destinasi sendiri dan bebas menjelajah tempat-tempat menarik tanpa harus direpotkan oleh partner seperjalanan. Sounds good, eh?

Advertisement

Tips jika ingin melakukan travelling seorang diri yaitu, pastikan kamu tau persis bagaimana mencapai tempat tujuanmu! Jangan sampai kamu pergi sendirian tanpa pengetahuan apapun mengenai tempat tujuanmu. Apalagi untuk perempuan pastikan tempat tujuanmu aman, tidak sedang mengalami konflik dan mudah menemukan transportasi umum.

Jangan lupa cek penginapan (jika menginap) di search engine kamu dan pilih penginapan dengan review memuaskan. Safety is everything if we want travelling alone!

2. Ambil novel favoritmu, dan bacalah di tempat yang paling nyaman. Biarkan dirimu tenggelam dalam imajinasimu.

Yeay! Ini adalah aktivitas "me time" paling favorit. Kenapa? Cara ini paling mudah, murah dan dijamin fun! Pilihlah buku favoritmu dan siapkan tempat paling nyaman untuk membaca.

Membaca merupakan salah satu aktivitas "me time" paling intim dengan diri kita. Saat kita membaca kita masuk dalam imajinasi yang disuguhkan dalam buku sebagai medianya.

Disitu, kita bisa seakan-akan menjelajahi ruang dan waktu sendirian. Kita hanya perlu mengajak diri kita terhanyut dalam cerita dan membiarkan semua sensasinya bekerja.

Lalu bagaimana dengan orang yang tidak suka membaca novel? Jangan berpikiran skeptis dulu. Sebenarnya aktivitas ini sangat simpel loh. Tidak perlu memilih buku yang terlalu tebal atau berat bagi kamu yang kurang menyukai novel tebal layaknya Harry Potter.

Pilih yang paling disukai, tidak harus novel bahkan komik pun bisa membuat diri kita berimajinasi dan sejenak meninggalkan hiruk pikuk di luar sana.So, grab your book now!

3. Gak ada larangan nonton film di bioskop sendirian, ‘kan? Dalam waktu 3 jam aja, kamu udah puas menghibur diri sendiri.

Watching movie alone. via http://oneofus.net

Gak usah malu kalau mau nonton sendirian. Pernah bayangin gak kalau nonton film sendirian d bioskop bisa sangat menyenangkan? Mungkin kamu ada yang pernah melakukannya? Aktivitas ini juga sangat simpel. Bagi kalian yang hanya memiliki sedikit waktu luang ditambah tidak menyukai membaca novel, aktivitas ini bisa dipertimbangkan!

Total, kamu hanya perlu menghabiskan waktu maksimal 3 jam dan mengeluarkan uang yang tidak terlalu banyak (apalagi kalau nomat, nonton hemat senin-kamis). Dijamin gak kalah seru juga dengan aktivitas hiburan lain!

Pilih film favoritmu, dan masa bodo dengan tatapan orang yang melihatmu sendirian saja di bioskop. Jika masih keberatan untuk pergi ke bioskop, menonton sendirian saja di rumah juga bisa, namun pasti sensasinya akan berbeda jika dilakukan di bioskop. Pernah mempertimbangkan untuk nonton film horor sendirian di bioskop? Kamu harus mencobanya!

4. Buka ruang dialog antara kamu dan dirimu dengan bermeditasi. Inilah waktu yang tepat untuk menenangkan diri.

Bermeditasi. via http://duniafitnes.com

Aktivitas ini juga tidak kalah simpel dan murah dari aktivitas "me time" lainnya. Bermeditasi bisa membuatmu tenang, rileks, dan tentu saja mengenal dirimu lebih dalam! Tidak perlu terlalu repot seperti yoga, cukup duduk tenang dan memejamkan mata sambil mengatur pernafasan saja.

Cara rileks yang paling mudah adalah dengan menarik nafas dan membuang nafas secara beraturan. Nyamankan diri kamu, pejamkan mata kemudian ambil nafas dan tahan selama 3 detik dan keluarkan dari mulut perlahan-lahan. Lakukanlah selama minimal 3 kali jika merasa sedang cemas, panik, marah atau bahkan penat.

Dalam bermeditasi, jangan lupa juga untuk memikirkan tentang dirimu. Inilah saatnya kamu 'berdialog' dengan dirimu sendiri.

Sambil memejamkan mata, mengatur pernafasan dan duduk nyaman kamu sudah masuk dalam kondisi rileks dan akan lebih mudah untuk berinstropeksi diri.

Dengarkan dan rasakan situasi di sekelilingmu, kemudian mulailah 'berbicara' dengan dirimu sendiri. Ingat hanya kamu dan dirimu.

5. Alihkan semua beban hati dan pikiranmu dengan cara bereksperimen memasakan makanan ataupun kue!

Cooking alone. via http://vivalifestyle.co.uk

Kalau makan makanan enak di restauran atau kafe sih udah biasa, tapi kalau mencoba masak sendiri? Pasti sensasinya berbeda! Memasak juga bisa menjadi aktivitas "me time" yang mengasyikkan lho. Kamu bisa sejenak lupa dengan segala kekacauan hati dan pikiran yang sempat kamu rasakan. Terlebih lagi jika kamu berhasil membuat masakan yang enak, dijamin bisa bikin mood-mu kembali oke!

Kamu bisa mencari resep dan mulai bereksperimen! Bisa bayangin 'kan asyiknya memilih resep, berbelanja, memasak dan akhirnya menikmati sendiri hasil karya kita. Tertarik?

6. Kayaknya mendengarkan musik favorit sambil ditemani secangkir coklat hangat asyik juga!

Music me time. via http://www.stylemagazin.hu

Ini juga cara paling simpel untuk "me time" kamu. Beberapa penelitian menyebutkan jika musik dapat menurunkan tingkat kecemasan dan memberikan sensasi tenang dan rileks lho! Pilih musik favoritmu, dengarkan dalam posisi nyaman. Jangan lupa untuk bernyanyi menikmati musiknya ya!

Jika sedang penat, cobalah untuk mendengarkan musik favorit dengan menggunakan earphone sambil memejamkan mata. Lebih cocok lagi jika mendengarkan dalam suasana tenang dan ditemani secangkir coklat hangat. Hmm….a hot chocolate never fail, right?!

Bagaimana sudah merasa menemukan "me time" yang cocok? Kembali pada tujuan utama "me time" adalah untuk sejenak rileks meninggalkan hiruk-pikuk lingkungan sosial dan 'kembali' pada diri sendiri. Ingat sesukses apapun kita, di situ ada peran diri sendiri yang amat penting dalam menentukan segala macam pencapaian hidup.

Kita patut menghargai segala macam pengorbanan yang telah kita buat sendiri. Do not ever forget about happiness! Just take a breath and choose your best activity to make yourself happy!