Terlampau sering kamu berkata pada diri sendiri bahwa kamu tidak cukup pintar atau tidak cukup menarik dan tidak cukup berbakat untuk bisa mengejar impian kamu. Kamu mempercayai apa yang orang lain katakan tentang kamu, atau menerapkan batasan itu pada diri kamu sendiri.

Yang lebih buruk lagi, ketika menganggap diri kamu tak layak, kamu sedang meletakkan batasan pada seberapa jauh kemampuan yang kamu punya dapat bekerja. Setiap orang memiliki tantangan sendiri dalam menjalani kehidupan ini. Jangan khawatir dengan ketidaksempurnaan, kamu gak sendirian,  setiap manusia tidak sempurna! Tapi, percayalah kamu bisa melakukan apapun dan menyempurnakan kemampuanmu!

 

1. Robek 'julukan' mu

Tetap berpikir positif dan termotivasi ketika beban yang kamu punya tak tertahankan itu sangatlah sulit. Keinginan untuk berbaur dan berbagi seringkali dikalahkan oleh perasaan terasingi. Kamu terlanjur percaya dengan semua julukan ketidakmampuan yang mereka sematkan padamu.

Lihatlah sekelilingmu, banyak orang yang dijuluki “tidak mampu” berhasil bangkit jauh mengatasi keadaannya, menikmati kehidupan yang dinamis dan melakukan hal-hal penting bagi dunia. Kamu berhak terbebas dari julukan atau batasan apapun yang sedang orang lain coba berikan kepadamu. 

2. Apa adanya kamu

cause you are amazing

cause you are amazing via https://readfanfiction.wordpress.com

Ketika kamu merasa semangat kamu jatuh karena kamu terluka tau ditindas atau bahkan diabaikan, berdirilah di depan cermin dan temukanlah satu hal istimewa yang ada pada dirimu atau yang kamu sukai dari dirimu sendiri. Hal yang istimewa tak melulu soal fisik ada banyak hal lain yang harus dipertimbangkan.

Jangan menolak dan mengklaim, “tak ada yang spesial dari diriku”. Kamu bersikap terlalu keras pada diri sendiri, terlebih ketika menganggap kamu kurang baik dibandingkan orang lain. Untuk menjadi orang yang bijak kamu tidak perlu menjadi seorang Mario Teguh, untuk menjadi seorang yang cerdas kamu tidak perlu menjadi seorang BJ Habibie, dan untuk menjadi seorang yang menawan kamu tidak perlu menjadi seorang model. Kamu bisa menjadi apa yang kamu mau dengan versi terbaik yang kamu mampu.

3. Kegagalan yang menang atau kamu? Pilih!

menyerah berarti ggal

menyerah berarti ggal via http://kuliah-informatika.blogspot.com

Kamu adalah kamu. Kegagalan adalah kegagalan. Dua hal yang berbeda. Jangan sampai kamu ditertawakan oleh kamu di masa kecilmu dulu. Sekarang kamu sudah bisa berjalan bahkan berlari. Meski saat masih balita kamu pernah jatuh tertatih-tatih puluhan kali. Kamu jatuh dan bangkit lagi, bahkan kamu menjadi lebih pandai berjalan karena  kamu tau penyebab kamu jatuh.

Bayangkan jika kamu jatuh, kemudian mengeluh, dan berhenti belajar berjalan, artinya kamu menyerah dan entah bagaimana kamu sekarang. Orang seperti itulah yang namanya gagal. Menyerah sama dengan gagal. Selama kamu tidak menyerah, kamu bukan orang gagal. Seharusnya, kegagalan membuatmu semakin sukses, sebab kamu lebih bijak karena sudah mengetahui cara yang salah. Sekarang coba lagi dengan cara yang lain, yaitu dengan cara yang benar.

4. Hari baru, peluang baru

ciptakan peluangmu

ciptakan peluangmu via http://absoluterevo.wordpress.com

Untuk mengejar impianmu, kamu harus mengambil tindakan. Bergerak bila tak ingin tertinggal. Bertindaklah, atau kamulah yang akan ditindak. Bila kamu tidak memiliki apa yang kamu inginkan, pertimbangkanlah untuk menciptakannya sendiri. Kamu tidak bisa sekedar duduk dan menunggu terobosan yang terjadi. Kamu harus meraih setiap kesempatan yang ada. Terkadang kamu akan mendapati bongkahan batu besar yang menghalangi jalanmu meninggalkan celah yang bisa membawamu ke tempat yang lebih tinggi. Yang terpenting adalah kamu harus memiliki keberanian dan tekad untuk naik ke sana.

5. God-is-abled

everything is possible

everything is possible via http://luckyrichlife.com

inilah salah satu cara untuk memahami apa yang terjadi dalam kehidupan setiap hari. letakkan kata "go" di depan kata "disabled" dan dengan sedikit visualisasi kreatif, kamu akan melihat kalimat "God-is-abled". Itu merupakan rahasia untuk terus berjuang. Tuhan membuat segala sesuatu mungkin. Mungkin saya atau kamu lemah, tapi Dia kuat. Kita merasa dibatasi, tapi Dia tidak. Terus berpositif thinking, karena semuanya pasti dan bisa menjadi "mungkin".