"Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca Hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim"

Saat ini di kota-kota besar seperti Jakarta, Commuter Line menjadi akomodasi sarana pengangkut yang sangat membantu bagi sebagian besar pekerja. Murah dan cepat tentunya menjadi alasan utama Commuter Line menjadi hal yang favorit. Tapi keluhan soal kurang nyaman karena penuhnya penumpang masih menjadi headline utama dimanapun apalagi di hari Senin. Wajar saja sih, sudah murah cepat pulak benar-benar memecahkan masalah buat kita yang tinggal jauh dengan tempat kita bekerja.

Mungkin memang sudah naluriah kita sebagai manusia kali yah, ketika terdesak kita akan secara alami mencari solusi. Nah saat terdesak di Commuter Line nggak mungkin dong kita naik ke tempat penaruhan barang agar bisa tiduran, yang ada kita bakal diamuk massa.

Buat kita yang “Semangat 45” buat dapat tempat duduk, sudah pasti nyaman selama ada di Commuter Line tapi buat kita yang sering banget tidak dapat tempat duduk pasti selalu ngalamin terdesak alias kejepit. Artikel ini bisa kasih kalian informasi unik yang layak dicoba tentang tempat berdiri paling nyaman di Commuter Line, dijamin deh anti pegel lebihnya lagi sering juga anti kejepit loh.

1. Bagian Pintu yang tertutup ketika Commuter Line melaju dan berhenti di tiap stasiun

Suasana di dalam Commuter Line via https://images.pexels.com

Tempat berdiri dengan senderan paling lebar adanya disini nih, biasanya kebanyakan dari pengguna Commuter Line lebih memilih berdiri di depan kawanan yang duduk dengan pegangan pada gantungan. Mereka kurang sadar kalau bagian pintu yang tertutup itu tempat berdiri paling wuenak, bisa senderan ditambah lagi gak perlu pegangan. Ingat senderan yah bukan sandaran karena hilangnya mantan.

Lebar dan kokohnya pintu dijamin aman buat kita berdiri sambil senderan kok. Oh iya kita juga perlu hati-hati loh karena bisa jadi Commuter Line berhenti di stasiun tempat dimana pintu kita senderan justru malah terbuka karena kalau kita tidak fokus saat senderan di pintu tadi nanti bisa membuat kita jatuh ke peron karena kurangnya keseimbangan.

Ada baiknya buat kalian pengguna baru Commuter Line, perhatikan pintu yang terbuka di tiap stasiun supaya aman. Kalau ternyata pintu tempat dimana kita senderan tertutup sampai stasiun tujuan maka selamat kalian bisa senderan dengan aman dan sentosa.

2. Ujung Gerbong dekat tempat duduk prioritas

Advertisement

Suasana di Dalam Commuter Line via https://images.pexels.com

Kalian pasti tahu betul kalau tempat duduk prioritas letaknya ada di ujung-ujung gerbong Commuter Line, kalaupun kalian pengguna baru tidak perlu bingung karena akan ada tanda yang mudah kita pahami kok untuk bagian prioritas. Nah di dekat tempat duduk prioritas ada bagian yang dekat lorong sambungan Commuter Line itu tempat yang paling wuenak juga loh buat kita berdiri karena kita bisa senderan di dinding gerbong.

Untungnya lagi ada bagian yang mana kita bisa “sedikit” duduk. Dan jika stasiun tujuan kita cukup jauh maka tempat berdiri di sini nih paling wuenak karena bisa senderan tanpat takut pegal karena kelamaan berdiri. Sedikit tambahan nih, biasanya di sini juga kadang kita jarang terjepit karena mungkin pengguna Commuter Line waspada soalnya ingat ujung gerbong adalah tempat duduk prioritas.  

3. Tiang-tiang dekat Pintu Commuter Line, bisa senderan sambil pegangan

Commuter Line tiba di Stasiun via https://images.pexels.com

Saat kalian masuk ke dalam Commuter Line pasti kalian melihat tiang-tiang penyangga disamping kanan kiri tempat duduk. Tiang-tiang itu memang berfungsi sebagai penyangga tempat kita menaruh barang. Jangan salah tiang-tiang iitu juga bisa kita manfaatkan untuk berdiri sambil senderan loh.

Dan bagusnya lagi ada beberapa Commuter Line yang menyediakan bagian tambahan pada tiang tersebut yang memang sebetulnya diperuntukkan bagi yang duduk. Lalu apa salahnya jika kita bisa memanfaatkannya supaya kita bisa berdiri dengan agak “sedikit” duduk. Lumayan kan biar berdiri kita nggak pegel-pegel amat.

4. Sisi Tengah Gerbong di depan Penumpang Duduk, Berdiri yang ngarep duduk

Commuter Line via https://images.pexels.com

Jangan salah loh tiga tempat berdiri diatas juga incaran penumpang lain yang tidak mendapatkan duduk jadi kalian harus segera naik dan “parkir” di tempat berdiri yang anti terjepit. Karena kalau sudah terjepit pasti gak nyaman dan rawan “copet” juga.

Kalau ketiga tempat berdiri diatas sudah dikuasai maka kalian bisa berdiri di depan penumpang yang duduk dan jangan lupa untuk pegangan pada gantungannya yah. Disamping fungsinya agar kita bisa menahan goncangan juga biasanya penumpang lainnya sedikit malas untuk berdiri tanpa pegangan sehingga ada keuntungan buat kita karena penumpang lain tidak menumpuk di area sekitar kita.

Keuntungan lainnya nih kita bisa “ngarep” pada penumpang yang duduk di depan kita, mungkin aja dia turun di stasiun sebelum stasiun tujuan kita. Lumayan kan duduk sebentar persiapan buat jalan lagi. 

5. Gerbong Tengah Commuter Line biar jauh ke pintu keluar tapi lumayan gak berdesakan

Commuter Line tiba di Stasiun via https://images.pexels.com

Gerbong Commuter Line bagian depan dan bagian belakang memang tempat yang paling diburu oleh para penumpang. Alasan mudah dekat ke pintu keluar mungkin jadi penyebabnya dan Ini sedikit berpengaruh loh pada gerbong bagian tengah yang kondisinya jadi lebih leluasa. Jadi kalian bisa mencoba empat hal diatas di tempat yang satu ini. Kemungkinan kalian juga bisa saja mendapatkan tempat duduk pada gerbong ini, iya kalau kalian cepat yah karena “Siapa Cepat Dia Dapat!”.

Gimana menurut kalian? Layak untuk dicoba bukan?. Memang betul sebaik-baiknya tempat berdiri di Commuter Line yang paling enak adalah dapat tempat duduk. Selamat bereksperimen!