Zaman gini rasanya semua orang sudah terbiasa dengan penggunaan media sosial. Apalagi buat anak muda, minimal kudu punya akun wajib seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Meski nggak aktif atau sudah tutup akun, pasti minimal "pernah" punya, 'kan?

Seiring bertambahnya ragam platform media sosial, keribetan pun melanda. Gimana nggak? Kita harus pindah-pindah tab dari satu media sosial ke lainnya. Nggak jarang kita pun lupa sedang mengakses pakai akun yang mana. Alhasil, banyak kejadian tak terduga yang mungkin bisa merugikan kita.

Nah, berikut adalah daftar aplikasi keren yang bisa kamu coba untuk memudahkan urusan media sosialmu. Check it out!

1. Hootsuite, kamu bisa mengaktifkan lebih dari satu sosial media dalam satu wadah!

logo hootsuite via https://sites.stedwards.edu

Inilah platform social media management yang paling terkenal. Mungkin temen-temen juga sudah sering melihat ada akun di Twitter atau Facebook yang mem-post dengan keterangan Via Hootsuite.

Hootsuite memang sangat membantu kamu yang ingin eksis di media sosial. Tinggal buka satu dashboard, kamu sudah bisa mem-posting ke beberapa akun media sosialmu sekaligus. Masih kurang paham? Yuk, buruan cobain sendiri aja!

2. Ingin lebih maksimal dan efektif dalam ber-sosmed? Pakai Buffer aja!

logo buffer via http://robbinheed.com

Kalo kamu sudah tahu Hootsuite, kayaknya sudah pasti kamu kenal Buffer juga. Buffer ini memang rival Si Hootsuite. Di Buffer, kamu bisa menjadwalkan kapan konten kamu di post ke akun media sosialmu secara detil. Buffer membantu kamu biar nggak usah repot-repot buka akun media sosial tiap jam. Biasanya, Buffer dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar yang punya akun di media sosial. Tapi, buat kalian yang punya online shop bisa juga nih coba pakai Buffer.

3. Khusus pengguna Twitter, kini kamu bisa stalking banyak akun tanpa harus membuka tab baru

Advertisement

logo tweetdeck via http://www.pcmag.com

Nah, kalo yang ini pengguna Twitter pasti sudah tahu banget! Tweetdeck adalah salah satu aplikasi yang membantu kamu ber-Twitter ria. Selain kamu bisa ngecekin semua akun Twitter kamu melalui satu dashboard, kamu juga bisa stalking akun Twitter orang lain tanpa perlu repot-repot buka tab baru! Yuk aja stalking mantan, pacar, idola atau musuh, sesuka hati kamu dan dijamin aman kalau kalian teliti. Hahaha.

4. Tweepi, aplikasi yang memudahkanmu mengatur setiap pengikut dan siapa saja yang kamu ikuti

logo tweepi via http://www.tweepi.com

Kalo yang ini merupakan aplikasi untuk membantu kamu yang followers Twitternya sudah banyak banget! Spesialisasi Tweepi adalah membantu kamu dalam urusan followers. Kamu bisa nge-unfollow semua orang yang gak nge-follow back akun Twitter kamu. Kamu juga bisa secara otomatis nge-follow back akun Twitter yang udah nge-follow akun kamu, tanpa perlu repot-repot ngecekin satu-satu. Worth it!

5. Aplikasi kece karya anak bangsa buatmu yang sering ‘berselancar’ di sosmed; Ombaq!

Kalo yang satu ini merupakan aplikasi karya anak Indonesia nih! Seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, Ombaq juga berfungsi untuk membantu kegiatan per-media sosial-an kamu. Kamu bisa menyambungkan akun Twitter, Facebook, dan Instagram ke dalam satu dashboard. Kamu juga bisa ngejadwalin posting-an kamu. Penggunaannya praktis dan sekaligus mendukung karya anak bangsa!