Hari gini siapa sih yang belum pernah patah hati? Hampir semua pernah kan ya, kecuali mereka yang masih menutup hati atau yang belum pernah jatuh cinta, mungkin belum pernah merasakannya. Nah buat kamu yang saat ini mungkin sedang merasakan sakitnya patah hati karena berpisah dengan sang mantan kekasih dan ngga tau mau ngapain lagi, tenang aku punya beberapa tips yang mungkin bisa membantumu untuk bangkit dan belajar mengikhlaskan.

1. Introspeksi diri

introspeksi diri via http://lisaraqiqta.blogspot.com

Sakitnya patah hati itu tidak seperti sakit karena penyakit yang apabila kita minum obat bisa langsung sembuh. Namanya juga patah hati, yang sakit hatinya tapi rasa nyerinya bisa ke seluruh tubuh. Patah hati yang tidak segera diatasi akan berakibat fatal untuk tubuh kita sendiri, kita jadi tidak nafsu makan, murung, malas beraktivitas dan yang paling parah bisa menyebabkan depresi. Kamu tentu nggak mau kan hidup sengsara cuma gara-gara berpisah dengan si dia? Mungkin kamu juga bertanya-tanya dalam hati “kenapa semua ini terjadi”.

Nah daripada terus memikirkan si dia yang telah pergi, lebih baik kamu introspeksi diri, coba pikirkan dan cari tahu letak kesalahanmu sendiri. Mungkin kamu merasa kalau kamu itu tidak salah tetapi coba deh diingat-ingat perbuatan apa saja yang telah kamu lakukan hingga membuatnya sakit hati.

Dengan begitu akan membuat kamu mengerti bahwa selama ini tindakanmu tidak selalu benar dan kamupun pernah menyakiti hatinya. Sehingga kamu akan sadar bahwa kamu juga pernah berbuat salah. So… jangan melulu menyalahkan dia yaa.

2. Berhenti mencari tahu sesuatu yang membuatmu sakit hati

Advertisement

wanita move on via http://pusatcinta.com

Setelah berpisah mungkin kita akan mengalami yang namanya lost contact. Percaya atau tidak dengan begini perasaanmu akan jauh lebih baik. Karena, ketika kamu merasa sakit hati tetapi terus menghubunginya akan membuatnya merasa kamu tidak bisa hidup tanpa dia, dan dia akan merasa menang dan kamu kalah. Apalagi jika kamu terus-terusan mencari informasi di akun social media nya, itu hanya akan menambah sakit yang kamu rasakan. Kamu tentu tidak ingin dipandang rendah dan lemah kan?

Lost contact akan lebih baik karena akan membantumu untuk menenangkan diri dan perlahan dapat terlepas dari si dia. Baru setelah itu jika kamu sudah siap kamu boleh menghubunginya sekedar basa-basi, tapi ingat jangan sampai kamu terlihat menyedihkan tanpa dia di sisimu. Satu-satunya hal yang perlu kamu lakukan adalah buktikan bahwa tanpanya bahagiamu tetap baik-baik saja.

3. Berhentilah memikirkan

wanita move on via http://loop.co.id

Tak bisa dipungkiri meski sudah berpisah tetapi kadang masih terbayang-bayang tentang dirinya. Hal itu sangatlah wajar. Memang yang namanya melupakan adalah suatu hal yang sangat sulit dilakukan. Semakin berusaha keras melupakan semakin kita terus mengingatnya. Apalagi mengingat kenangan-kenangan indah bersama si dia pasti terasa amat menyakitkan.

Meskipun melupakan itu sulit, tetapi kita bisa kok untuk berhenti memikirkan. Berhenti berfikir tentangnya, berhenti mengharapkannya, berhenti perhatian padanya dan berhenti ikut campur urusannya. Hal ini akan membantu mengurangi beban pikiran kamu lhoo.

4. Maafkan dan ikhlaskan

wanita move on via http://vemale.com

Yang namanya manusia itu tidak pernah luput dari kesalahan. Hampir semua orang di muka bumi ini pernah melakukan kesalahan, seperti juga kamu. Kamu pasti pernah kan berbuat salah? Dia pun juga begitu. Nah kalau dia berbuat salah kepadamu maka maafkanlah. Tuhan aja bersedia memaafkan hamba-Nya masa kamu engga?

Percayalah Tuhan sangat mencintai hamba-Nya yang pemaaf. Lagian tidak ada untungnya kok terus-menerus mikirin kesalahan dia, yang ada kamu akan merasa tambah sakit. Memaafkan adalah obat paling mujarab untuk menghilangkan rasa sakit dan dari situ kamu akan belajar bagaimana mengikhlaskan. Percayalah kepergiannya menunjukkan bahwa memang dia tak pantas untukmu dan kamu berhak mendapatkan pengganti yang lebih baik lagi maka ikhlaskanlah.

5. Rencana Tuhan yang terbaik

wanita move on via http://zodiakcinta.com

Setelah kamu memaafkan dan mengikhlaskannya, lalu berdoalah. Minta kepada Tuhan supaya diberikan yang terbaik. Tuhan tidak mengambil sesuatu darimu melainkan akan digantikan dengan yang lebih baik. Dan kepergiannya mungkin adalah jawaban dari Tuhan atas doa-doamu selama ini, bahwa kamu minta diberikan yang terbaik dan dia adalah yang terbaik buat orang lain, bukan kamu.

Serahkan saja semua kepada Tuhan, mungkin saat ini Tuhan sedang menulis dan merencanakan kisah cintamu yang selanjutnya secara menakjubkan. Percayalah Tuhan adalah penulis skenario yang terbaik. Semangat terus ya!