1. Biaya pendidikan untuk anakmu

Biaya pendidikan anak via https://uangteman.com

Meskipun status nya masih #Alone in deep Blue Sea. Rencana buat pendidikan anak harus dari sekarang juga entah siapa calon ibunya. Lupain masalah ibu dari anak mah entar juga ketemu kalo di cari mah. 🙂

Ya, Biaya pendidikan anak kan makin kesini makin nyekik leher, dari mulai TK, SD, SMP, SMA sampai Perguruan tinggi, wah butuh berapa biayanya tuh? Please, jangan dihitung nanti keselek sama papan bor. So, makanya dari sekarang nabung buat anakmu. Jalan nya bisa lewat mana aja. Misal, tabungan pendidikan, invest di reksadana, atau ngumpulin emas yang harganya 500 ribuan per/gram. Berapapun nominalnya yang terpenting konsisten masuk Anggaran Rencana Pengeluaran Perbulan Pribadi.

2. Biaya persalinan untuk istrimu

Biaya persalinan via http://job-like.com

Ya bebs, walaupun kamu masih di angan-angan tapi aku sempetin mikirin kamu kok. 🙂

Biaya persalinan masuk daftar plan juga, kenapa? Karena ini masalah tak terduga, karena kita nggak tahu kapan saat keuangan kita down. Mengurangi hutang menghutang dari pihak ketiga, gak ada salahnya bikin tabungan buat biaya persalinan. Karena persalinan masuk kategori Biaya #Emergency Grade 1, yang gak bisa di tangguhkan.

3. Nyari peluang agar pendapatanmu gak satu lubang saja

Peluang via http://duit.co.id

Jalan yang bakal dilalui berdua bakal beda banget saat kamu masih lajang, ya cowok lajang pengeluarannya paling nggak lepas dari sikat gigi, pasta gigi, sama sabun mandi. Hemat banget kan, kuota ya? Masuk juga deh karena sekarang sudah zamannya sosial media merajalela.

Tapi untuk hidup berdua, kalau cuma ngandelin satu lubang itu bakal rentan banget. Iya sih kalau usaha apa yang nggak bisa, tapi mumpung single dan punya kesempatan bagus up dirimu untuk menciptakan peluang. Agar nggak satu lubang bisa manfaatin internet zaman sekarang seperti nulis blog pake Adsense (seriusin tapi gak ganggu kerja), Service Komputer ataupun lainnya (tergantung bisanya apa), liat peluang juga disekitar tempat kerja ataupun rumah apa sih yang belum ada. Ya, cowok dituntut untuk move up kerjasama sama temen juga harus, agar idemu jadi realistis.

4. Biaya untuk rumah

Pendapatan pas-pasan, tapi pengen nyicil rumah. Iya juga sih, siapa juga yang mau tinggal di rumah mertua baik cowok ataupun cewek nggak bebas rasanya. Suka ada aja yang jadi omongan meskipun mertua baik hati dan mulia banget. Disamping untuk nabung biaya-biaya diatas tadi, rumah juga penting. Lebih bagus lagi kalo dapet cewek yang ngertiin sehingga beban biaya ini bisa di bagi menjadi 50/50.

Kalo enggak dapet mertua yang punya tanah wakaf : " ini nak silahkan tanah wakaf nya di manfaatin buat kalian !! " " enggak, enggak pak gak usah. Itukan wakaf 🙁 "

Ya, masukan juga daftar biaya tabungan untuk ini. Biar enak kedepannya saat merintis keluarga kecil yang harmonis 🙂

5. Biaya untuk modal nikah

Biaya nikah via https://kreditgogo.com

Masuk list akhir, sorry ya bebs…… 🙂

Biaya modal nikah, ia mau gak mau di biaya ini, meskipun masuk list akhir akan tetapi hal ini yang dituntut pertama kali sama sang calon. Syukur-syukur dapet calon yang bisa ngertiin kita, jadi biaya nya bisa flexibel.

Itung-itungan di kertas kaya gini emang mudah, tapi actionnya yang susah. Tapi jangan berkecil hati selama kita ada niat buat halalin anak orang, bukan nggak mungkin semua plan bisa sampai pada tujuannya. Usahain aja. Mau gak mau harus muterin kepala. Ya, mumpung masih Single and happy. Perjuangin seseorang yang emang harus di perjuangin, seseorang yang mau ikutan mulai dari nol. Bukan karena kita udah di top dia mau nemenin, nah entar pas kitanya down mungkin aja kita ditendang. (uppppsss jangan mikir jelek) nggak semua kaya gitu juga. 🙂

Saat usiamu tidak muda lagi, pesona kejantananmu bakal makin meningkat #TrustMe. Sempatkan buat plan untuk keluarga kecilmu nanti. 🙂