Tak ada lagi hari-hari di kalender para jomblo yang berat untuk dilalui. Kami ini barisan para jomblo tak harus senyum-senyum getir melihat mereka yang selalu ada teman berbagi. Meskipun disela-sela kesendirian itu sering kali terotak keinginan untuk memiliki seseorang yang dapat berbagi beban, berbagi semangat, berbagi motivasi, berbagi nasihat sehingga tak lagi jadi momok menakutkan. Bersama mereka hari-harimu jauh lebih merah muda(h). Jadi hal ini tak perlu sampai meradang dalam pikir apalagi sampai mengikis bentuk hatimu. Kesendirian tanpa pasangan terkasih tak harus jadi goliat dalam hidup.

 

1. Ayah Ibu yang kasih sayangnya terbukti tak dimakan zaman

Kasih yang tulus

Kasih yang tulus via http://facebook.com

Orang pertama yang akan membuat hidupmu jauh lebih mudah adalah ayah dan ibu. Mereka adalah sosok penuh doa untuk kehidupanmu. Kasih sayangnya bak vitamin kehidupan saat kamu sudah lelah menunggu dalam penantian cinta yang kamu pikir tanpa tepi. Sosok yang kasih sayangnya terbukti tidak lekang oleh waktu dan tak dimakan zaman.

Positif thinking saja mengenai kesendirian ini, mungkin Tuhan ingin dikesendirianmu lebih memperhatikan dan menyayangi mereka. Sampai pada akhirnya kamu menemukan dia yang tak hanya siap untuk menjadi kekasihmu tetapi juga siap untuk membawamu ke dinasti keturunan kamu dengan pasanganmu.

2. Kakak dan adik, saudara yang selalu ada mendukungmu

Kasih antara saudara

Kasih antara saudara via http://dramabeans.com

Tinggal dan tumbuh bersama sebagai saudara kakak adik pastilah tak selalu dipenuhi dengan keakraban yang mencemburui dunia, terkadang juga rumah layaknya medan yang menjadi saksi bisu perang dunia antara kamu dengan kakak atau adikmu mungkin bukan hanya perang dunia jilid 2 tetapi sudah sampai jilid ke 101 dengan berbagai hal pemicu. T

api setelah kalian semakin beranjak dewasa keegoisan itu perlahan-lahan mulai terkikis oleh waktu dan usia. Yang tersisa hanyalah sebuah perasaan ingin menyayangi satu sama lain. Jadi jangan ragu untuk berbagi beban dengan kakak atau adikmu, mereka pasti akan mendukungmu dan melakukan hal yang dapat membuat beban di hatimu jauh lebih ringan dengan cara-caranya sendiri.

3. Mahkluk kecil lucu yang tidak lain adalah keponakan kamu

Senyumnya selalu mendamaikan hati

Senyumnya selalu mendamaikan hati via http://instagram.com

Bersama makhluk kecil lucu yang tak lain keponakanmu pastilah mampu membuat harimu yang menurutmu kelabu sebagai jomblo menjadi merah muda(h). Bagaimana tidak, anak kecil dikenal memiliki banyak kelakuan yang menjurus lucu dan menggemaskan. Dari segi bahasanya yang belum sempurna sesuai EYD, cara berjalannya yang tak seperti orang kebanyakan, ataupun bisa jadi pembahasan cerita imajinasinya yang terkadang membuat kita berdecak kagum dalam hati bahkan sampai pada tahap dimana kamu tak lagi mampu menahan tawa.

Mereka seperti stand up comedian yang profesional yang siap 'mengocok' perut hingga kamu tertawa terpingkal-pingkal. Dan satu lagi ritual yang harus kamu lakukan yaitu ber-selfie ria dengan keponakan kamu yang lucu untuk kamu lihat menjadi penyemangat kamu melewati hari-hari yang kamu rasa berat ketika harus berjalan sendiri.

4. Sahabat atau teman dekat seperjuanganmu

Sahabat menaruh kasih setiap waktu

Sahabat menaruh kasih setiap waktu via https://facebook.com

Sahabat atau teman dekat yang mengetahui sejarah panjang perjalanan hidupmu. Mungkin mereka adalah sosok yang ambil andil memudahkan harimu di kala status sendiri tak bisa dipungkiri. Mereka selalu ada bagi kamu anak perantau, sahabat  yang membantumu meminjamkan uang di kala kamu kesulitan financial, atau teman dekat seperjuanganmu menggapai cita-cita ke luar pulau ataupun sampai ke negara orang yang kini menjadi sahabat bagimu.

Makan malam sederhana menghabiskan waktu yang sepi seraya bercerita tentang kehidupan, tentang sulitnya perjuangan, tentang cita-cita yang sampai saat ini belum bisa dicapai ataupun cinta yang sampai detik ini belum dipertemukan. Bisa jadi cara kamu ini berbagi beban hidup sedikit melegahkan pikiran yang teramat penat. 

5. Ambil bagian memperhatikan anak-anak kurang mampu

Mereka juga generasi penerus bangsa

Mereka juga generasi penerus bangsa via http://instagram.com

Setelah kamu sudah berbagi beban dengan ayah ibu, saudara, dan sahabatmu sudah saatnya kamu siap untuk berbagi kasih dengan mereka yang belum beruntung. Pergi berkunjung dan berbagi sedikit berkat pada anak-anak panti, anak jalanan, atau para lansia. Berkat yang sudah diberikan Tuhan dan dapat kamu berikan untuk mereka pastinya membuat kadar rasa bahagia di hatimu jauh lebih tinggi.

Tak hanya kamu yang merasakan suatu kebahagian karena dapat berbagi tetapi juga mereka pastinya juga sangat bahagia karena kasih yang kamu miliki mampu menyentuh hati mereka yang merasa tak memiliki hubungan dengan kamu. Kamu juga bisa mengajak sahabatmu untuk ikut serta dalam perbuatan kasih ini. Kamu juga dapat memberikan motivasi dan berbagi pengalaman hidup untuk mereka agar tetap mempunyai pengharapan dalam menjalankan hidup serta menggapai mimpi. Dengan begitu kamupun semakin kuat dan tangguh menghadapi hari-harimu.