Hai para pecinta buku. Udah pada tau kan hari penting bagi eksistensi buku. Yup, tanggal 23 April lalu kita sudah memperingati hari buku Internasional, nah sekarang jangan pada ngaku sebagai pecinta buku ya kalau tidak ingat dengan hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei. Sedikit sejarah singkat diresmikannya hari Buku Nasional di tanggal 17 Mei ini adalah karena di tahun 1980 pada tanggal yang sama berdirilah Perpustakaan Nasional Indonesia oleh pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional. Namun ternyata penetapan hari Buku Nasional ini baru diresmikan 14 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2002, yang saat itu menteri pendidikannya adalah Bapak Malik Fajar.

Menjalani hidup sebagai pecinta buku tentu merupakan suatu hal yang penuh warna. Kamu pun tak akan segan menyisihkan sebagian dari jatah bulanan atau gajimu untuk membeli buku, atau bolak-balik perpustakaan umum terdekat untuk meminjam buku. Tak hanya itu, berbagai pernak-pernik yang berhubungan dengan buku pun tak kalah menarik perhatian untuk dimiliki. Dalam rangka pemperingati hari Buku Nasional ini, berikut saya tampilkan beberapa pernak-pernik yang menarik untuk pecinta buku.

1. Bookstand

http://www.collegedaybookstands.com via http://www.diytrade.com

Aktifitas membaca tentu tidak ada matinya bagi para pecinta buku. Setiap ada waktu kosong atau disela-sela waktu kerja yang padat pun Kamu tentu masih menyempatkan untuk membaca buku. Untuk itu, ada banyak manfaat yang diberikan dengan penggunaan bookstand.

Di antaranya dapat membantu dalam menciptakan posisi yang baik dan nyaman selama kegiatan membaca. Dengan posisi yang baik, kamu tidak perlu takut mengalami kerusakan mata karena jarak buku dan mata dapat diatur dengan nyaman menggunakan bookstand.

Kamu juga tidak perlu khawatir lelah memegang buku saat membaca sambil tidur-tiduran dan buku bacaan dapat terhindar dari minyak atau noda saat kamu asyik membaca sambil ngemil. Selain itu, bookstand juga memudahkanmu untuk membaca sambil mencatat hal penting dan menarik yang terdapat pada buku yang sedang kamu baca.

2. Bookend

Advertisement

http://www.incrediblethings.com via http://www.incrediblethings.com

Buku yang menumpuk di atas meja belajar, meja kerja, maupun di kamar akan kurang indah jika tidak ditata dengan rapi. Para kolektor dan pecinta buku tentu akan semakin mencintai buku dengan adanya bookend yang lucu dan menarik.

Selain memudahkan dalam merapikan dan menyusun buku yang berantakan, bookend juga dapat dijadikan dekorasi yang cantik tak hanya di ruang kerja, namun juga di ruang tamu dan runag keluarga Anda. Penggunaan bookend juga bermanfaat untuk menjaga bukumu agar selalu tegak selama penyimpanan. Tak perlu khawatir mengelurkan kocek yang banyak, bookend juga dapat dibuat sendiri, lho. Banyak tutorial yang bisa kamu dapatkan di internet. Selamat mencoba!

3. Bookmark

http://www.etsy.com via http://www.wonderoftech.com

Agar buku yang dibaca tetap terjaga keutuhannya, ada baiknya tidak membiasakan melipat atau melekuk halaman buku karena akan membuat patahan pada lembaran kertas. Untuk itu, dibutuhkan pembatas buku. Terlebih jika pembaca adalah tipe yang tidak bisa langsung menghabiskan satu buku dalam sekali baca. Dengan menggunakan pembatas buku, kita tidak perlu khawatir kehilangan dan repot mencari kembali halaman yang terakhir dibaca.

Saat membeli buku, tidak semua penerbit menyertakan pembatas buku di dalam buku yang dibeli. Tidak perlu khawatir, karena kini sudah tersedia berbagai macam bentuk pembatas buku yang menarik dan lucu-lucu di toko buku. Namun untuk mengurangi budget pengeluaran, selain itu untuk meningkatkan kreatifitas maka ada baiknya membuat pembatas buku yang lucu dan menggemaskan secara manual. Selamat berjuang!

4. Bookshelf

http://favim.com via http://favim.com

Dekorasi ruangan yang paling banyak mengambil perhatian setiap pecinta buku tentu pada ruangan yang terdapat buku. Terlebih jika jumlah buku koleksimu hampir menyamai sebuah perpustakaan. Untuk memperindah ruangan serta dengan kegunaan paling utama menjaga agar buku tetap tersimpan baik, maka diperlukan rak buku. Dengan adanya rak buku, maka akan memudahkan pemilik buku dalam mencari buku, menyimpan buku, merapikan buku, dan menjaga buku agar tetap terjaga dari hama buku. Untuk itu, sebelum bukumu berhamburan di berbagai tempat dan akhirnya hilang atau tidak terawat, maka ada baiknya menyediakan rak buku di rumahmu.

5. Tas Berbentuk Buku

http://pinterest.com via http://pinterest.com

Buat para pecinta buku yang tetap memperhatikan fashion, buku ada juga lho yang dijadikan inspirasi dalam menciptakan tas dengan style yang kreatif. Bentuknya yang unik, lucu, dan vintage menjadikannya sebagai koleksi aksesoris yang tak akan lekang oleh waktu.

6. Jam Dinding Menyerupai Kumpulan Buku

http://www.homedit.com via http://www.homedit.com

Pas banget nih ditempatin di perpustakaan pribadi agar nuansa buku semakin terasa di setiap sudut ruangan. Setiap waktu ingat buku.

7. Laptop Case atau Buku?

http://www.gadgetking.com via http://www.gadgetking.com

Sarung laptop sekeren ini ngga bakal menarik minat pencuri atau perampok. Mereka pasti mengira itu hanyalah buku lama yang sudah usang dan tidak menarik dari kumpulannya yang terbuang. Padahal kesan vintage dan klasiknya sungguh menawan. Eits, walau begitu jangan sampai salah bawa ya. Hehe..

8. Bantal Berbentuk Buku

http://www.bookoisseur.tumblr.com via http://www.bookoisseur.tumblr.com

Buku tebal sebagai bantal tidur kini bukan hanya sebagai bualan semata. Elegan, menarik, fantastis, dan dapat disimpan sebagai hiasan yang cantik di ruang baca.

9. Anting dan Cincin Berbentuk Buku

http://www.esty.com via http://pinterest.com

Cincin ini bisa digunakan sebagai aksesoris saat peluncuran buku karyamu, atau barangkali sebagai mahar untuk melamarnya?

10. Flashdisk Berbentuk Buku Berukuran Mini

http://www.thepagesage.com via http://www.thepagesage.com

Flashdiskmu yang berbentuk buku ini akan sangat fenomenal dan kamu tidak akan diragukan lagi sebagai pecinta buku.

11. Piring dan Gelas Bertema Buku

http://www.theliterarygiftcompany.com via http://brainalchemist.com

Piring dan gelas bertema buku ini akan semakin menambah nafsu makan dan minummu. Awali aktifitas pagi dengan menyantap sarapan menggunakan peralatan bertema buku ini, akan meningkatkan semangatmu dalam menjalani aktifitas seharian.

12. Scraft dengan Desain Tulisan di Buku yang Ciamik

http://www.jodipicoult.com via http://www.jodipicoult.com

Scarf yang menggantung di lehermu tak hanya menghangatkan, namun juga terlihat semakin modis. Menjadikan penggunanya terlihat cerdas dan menawan.

Hm, bagaimana menurut Anda? Para pecinta buku, dari semua ulasan mengenai pernak-pernik buku ini mana yang sudah Anda miliki dan ingin Anda miliki?

Barangkali dengan hadirnya pernak-pernik bernuansa buku ini mampu menarik minat masyarakat luas untuk menyukai dan mencintai buku. Juga diharapkan dapat menjadi media untuk mempromosikan keeksistensian buku di negeri ini. Mari tingkatkan semangat membaca buku sejak hari ini.