Selamat bagi adek-adek yang sudah lulus tes SNMPTN 2016 kemarin. “Welcome to the jungle”, disini saatnya menjadi batu loncatan kamu dalam menentukan keputusan buat hidup kamu. Masuk ke dalam jurusan yang kamu pilih itu sesuatu hal yang patut kamu syukuri karena kamu sudah menaiki satu anak tangga yang akan mendekatan kamu dengan mimpi yang ingin kamu gapai.

Ngomong-ngomong ada yang lulus di jurusan Sistem Informasi? Atau mungkin gebetan kamu anak Sistem Informasi hehe. Hmm.. kelar dah !!setelah kalian masuk ke dalam hutan kalian akan masuk ke dalam goa, emang sih awalnya goa itu bakalan menakutkan tapi di ujung sana bakalan ada taman bunga yang akan membuatmu puas.

Emang ada apa sih di Jurusan Sistem Informasi sampe-sampe dianalogikan kayak masuk goa. Kamu mau tahu apa yang bakal kamu dapatkan setlah kuliah di Jurusan Informasi? 7 hal ini hanya sebagian kecil pelajaran yang bakal kamu dapatkan setelh kuliah di jurusan ini.

1. Awalnya Kamu Bakal Bersyukur Karena Nggak Ada Mata Kuliah Fisika Sama Kimia

kalo kalian jago Fisika sama Kimia…pasti sedih via http://google.com

Seneng banget saat kegiatan pengenalan kampus kakak-kakak yang ngebimbing kamu ngasih tau kalo nanti kamu nggak bakal ketemu sama mata kuliah Fisika sama Kimia. Tapi bukan berarti kamu nggak ketemu sama hitung-hitungan. Matematika akan tetep kamu pelajari, ini bakalan ngelatih logika kamu.

2. Teori organisasi, Manajemen, Akuntansi, Sampe Undang-Undang bakalan menantimu

Tenang rumus kimanya diganti ngapalin teori ekonomi via http://anneahira.com

Waduh nggak ketemu sama Einstein tapi ketemu dengan para ekonom dunia macam Adam Smith (baru nyari di google dah lupa). Kamu bakalan akrab sama teori-teori ekonomi dan berbagai strategi manajemen. Biasanya sih dosen pengampunya ngimpor dari Fakultas Ekonomi, tapi tenang karena kamu akan menghitumg banyak uang di mata kuliah Akuntansi. Selain itu kamu juga harus peka dengan peraturan-peraturan baik yang dikeluarkan pemerintah atau pun instansi lainnya.

3. Algoritma dan Pemrograman Bakal Buat Kamu Makin Kreatif

Advertisement

Jangan cuma banyak ide tapi nggak aksi via http://google.com

Algoritma bisa diartikan sebagai cara menyelasaikan masalah.Sementara pemrograman alias ngoding adalah implementasi ide yang sudah kamu pikirkan ke dalam bahasa pemrograman. Kamu akan akrab dengan beragam kemungkinan masalah yang akan kamu hadapi ke depan sekaligus solusi apa yang cocok buat masalah itu.

Sama kan dengan kehidupan kita, kita nggak bakalan tahu hasilnya seperti apa jika kamu nggak pernah mencoba. Kalo kamu banyak mencoba walaupun hasilnya nggak sesuai dengan yang kamu harapkan atau malah gagal setidaknya kamu sudah dapat pengalaman. Itu yang akan buat kamu berpikir untuk mengubah algoritma agar kodingan yang kamu rancang bisa dapat berhasil.

4. Kalian Akan Lebih Akrab dengan Tiga Komponen Ini Data, Proses, dan Output

Big Informasion Big Data via http://kominfo.go.id

Data, proses, dan output tiga komponen dalam membangun sistem itu sih kata dosenku. Setelah kamu tahu itu, kamu bakalan menghargai sebuah data sekecil apapun. Nanti kamu bakalan kesana kemari buat ngedapetin namanya data yang ditugasin oleh dosen kamu. Ini akan membuat kemampuan menjadi spy ala FBI makin terlatih, apalagi kalo ngeliat sistem yang ribet otakmu langsung berpikir gimana caranya menyederhanakan sistem itu tanpa mengurangi output yang keluar bahkan pengennya kamu bisa jadi lebih baik.

5. Analisis, Kayaknya Ini yang Buat Kamu Jadi Jomblo Guys… (Tidak Selalu Benar)

Jangan lupa analisis diri sendiri 😀 via http://google.com

"Berdasarkan pengamatanku dia itu orangnya tangguh, saingan ane banyak…kecil dah kemungkinan ane ngedapetin dia Bro” (anak SI kalo curhat pake berdasarkan)

"Bro, itu loe udah tahu banyak kekurangan, Solusinya loe harus banyak belajar biar nanti jadi tangguh seperti dia. Mulai dari hal yang kecil jangan lupa banyak.in doa. ” (anak SI kalo ngasih nasehat langsung ke solusi pake macam2 algoritma)"

"Bener kata loe Bro, Setidaknya ane dapat memperbaiki diri.. mudah2an sih jodoh " (Langsung kepikiran output)

Kamu akan lebih banyak berpikir apa aja yang dibutuhkan agar sistem yang dibangun akan baik. Mulai dari peralatan, alokasi waktu sampe besarnya biaya yang dibutuhkan dalam membangun sebuah sistem. Kamu juga harus berani bertaruh jika hasil analisismu sudah tepat karena kamu harus bisa memprediksi bahwa rencanamu bakal bermanfaat sekaligus membawa kemaslahatan. Itu sih yang buat kamu harus ngelibatin Tuhan biar dibimbing bisa membuat keputusan yang benar. Berat banget ya… Optimis Guys!!

6. Kepemimpinan, Berdebat Sama Sahabat Kamu Jadi Makanan Sehari-Hari

Jangan sampe nggak dapat solusi via http://google.com

Jangan heran nanti kalo kamu harus berdebat dengan sahabatmu sendiri. Hasil analisismu tentu beda dengan analisis sahabatmu. Tak heran jika jiwa egoismu akan dominan, sudah beberapa kali dikasih tahu masih aja kamu ingin ide kamu terwujud. Gesekan ini nggak bakal berlangsung lama karena kamu tahu jika sistem yang akan dibangun akan berdampak ke banyak orang. Sifat egois di zaman yang begitu cepat justru bakal menghancurkan kamu, kamu harus menjadi pribadi yang fleksibel tapi nggak ngorbani keyakinan kamu. Apalagi setelah kuliah nanti kamu akan berhadapan dengan masyarakat yang heterogen. Kalo gagasanmu mau didengar maka kamu juga harus menghargai gagasan orang lain. Keputusan kita belum tentu benar pun juga keputusan orang lain yang belum tentu salah. ES POKAT (Puasa Bro!!)

7. Akhirnya Taman Bunga Itu Terlihat, Kamu Pengen Ngerangkul Semua Orang ke Taman Bunga Itu

Selamat datang #AnakSI via http://google.com

Setelah nanti kamu menyelesaikan kuliahmu mau kamu jadi pegawai , jadi wirausaha atau tetap mengejar impianmu pastikan kamu juga memiikirkan kondisi di sekitarmu. Sifat visionermu harus membawa kamu berani bermimpi agar dapat merubah atau memperbaiki sebuah sistem yang menurut kamu jadi penyebab ketidakseimbangan di sekitar kamu. Jangan berkecil hati jika saat ini kamu masih berada di level terendah, tentang cita-cita yang terus diperjuangkan. Bahkan kamu masih belum yakin apakah keputusanmu sudah tepat hingga membuat otakmu kembali berpikir untuk mencari algoritma baru. Kamu harus bisa jadi problem solver bagi lingkungan sekitarmu tak peduli sekecil apapun kedudukanmu. Seperti yang terdapat dalam QS. An-Najm ayat 39 yang berbunyi : Dan bahwasannya manusia akan memperoleh apa yang ia usahakan.