Budaya Korea yang dibawa oleh pariwisata dari negeri Ginseng ke seluruh Asia beberapa tahun ini sukses membentuk generasi yang biasa dikenal dengan Kpopers. Termasuk makanan Korea yang meluas diterima dimana-mana. Kebetulan, makanan Korea itu sebetulnya lebih kaya rasa dibanding makanan Jepang. Kalau makanan Jepang lebih mengutamakan bahan utama dan irit bumbu karena rasa dari bahan utama akan lebih diresapi pada saat makan.

Makanan Korea itu sebenarnya mirip makanan Indonesia yang memakai lebih dari 4 sampai 5 bumbu untuk satu masakan. Walaupun bumbunya juga bertolak belakang dengan lidah Indonesia. Kalau kamu pertama kali mencoba masakan Korea pasti agak-agak mengernyit 'weird''

Tapi serius, makanan Korea itu sebenarnya enak-enak kalau kamu sudah terbiasa. Apalagi, kalau kamu menjadikan menu masakan Korea sebagai pilihan untuk berbuka puasa nanti. Mau makan di restoran atau bikin sendiri di rumah, itu pilihanmu! 🙂 

Sebelumnya, berkenalan dulu yuk dengan jenis-jenis makanan Korea di bawah ini. 

1. Bulddak

Bulddak ini adalah ayam tanpa tulang (biasanya yang dipakai adalah dada ayam fillet) yang dibumbui dengan saus khas Korea gochujang. Lalu dipanggang atau digoreng dan disajikan dengan lelehan keju. Oiya, saus gichujang yang jadi bumbu utamanya itu sudah pedas dari sananya. Untuk kamu penyuka makanan pedas pasti langsung jatuh hati dengan bulddak. Mmmmmhhh. mamamia rasanya! 

2. Bimbimbap

nasi campur ala Korea via https://id.pinterest.com

Makanan ini sebenarnya bisa dibilang nasi campur gitu deh. Mungkin kalau di Korea sana ada warteg, yang dijual ya beginian :)) 

Karena nasi campur, kita sebenarnya bisa nyampurin apa saja sesuka kita. Yang pasti saus pasta khas Korea, minyak wijen dan bawang putih jangan sampai lupa. Biasanya campurannya ada sawi, toge, wortel, dan yang paling the best : telur setengah matang dituang di atas nasinya. Daebak! 

3. Japchae

Advertisement

Japchae sebenarnya bihun atau soun goreng gitu sih. Di Indonesia juga banyak bisa kita dapatkan. Tapi entah kenapa kalau makan Japchae campur nasi tuh enak banget! Kekuatan bumbu bawang putih di masakan Korea memang jadi kunci untuk rasanya.  

4. Kimchi

asinan khas Korea via https://id.pinterest.com

Ini salad khas Korea yang super segar tapi juga sekaligus super asam! Saking khas Korea, kalau berkunjung ke negerinya. Tidak boleh dilewatkan kursus kilat membuat kimchi ini sambil pakai Hanbok (pakaian tradisional Korea). Banyak yang kurang suka dengan kimchi ini karena rasanya yang super asam. Takarannya memang harus pas saja sih. Dimakan dengan mie kuah hangat, wuahhh super enak rasanya. 

5. Kimbap / Gimbap

nasi gulung Korea via https://id.pinterest.com

Ini bisa dibilang sushi roll-nya Korea lah. Nasi yang digulung bersama dengan rumput laut kering dan di tengah-tengah nasinya itu bisa diisikan macam-macam. Daging dan sayuran kesukaan kamu bisa kamu tambahkan lho.  

6. Korean BBQ

Kalau sering nonton drama Korea, pasti sudah hapal dengan makanan ini. Kalau karakter di dramanya lagi galau (biasanya cewek), pasti nongkrong di warung-warung soju disana yang, kayaknya mirip minimarket di sini deh yang tiap jengkal ada. 

Sambil minum soju (minuman khas Korea), bisa sambil pesan berpiring-piring daging bbq. Di sana bbq dijadiin cemilan macam keripik kentang gitu lah kayaknya! Makan dagingnya harus dicelup bumbu dulu terus dibungkus pakai lettuce atau selada. Nyam! 

Korean BBQ ini lagi hits banget di sini nih. Sampai-samopai modifikasi Korean BBQ sekarang lebih sering dibalur dengan lelehan keju gitu. Walaupun, daun seladanya tetap disediakan juga. 

7. Banchan

Ini maksudnya side dish dalam porsi kecil-kecil yang disajikan di sebelah nasi, biasanya. Jadi sekali makan, kita bisa makan beberapa side dish sekaligus. Isinya macam-macam, bisa sup tahu, kimchi juga termasuk, ada japchae juga, ada juga cuma bayam atau toge yang ditumis hanya pakai minyak wijen. Tapi tetap enak. Kuncinya adalah sayuran yang super segar. Berasa masuk ke hutan lindung tropis gitu kalau makan banchan-banchan-an ini, saking segarnya sayurannya terasa. 

Nah, kamu sudah memutuskan mau buka pakai makanan Korea yang mana nih?