Manusia akan merasa down ketika dihadapkan dengan kegagalan dan penolakan. Apalagi masalah seperti itu akan sering dihadapi anak muda seperti kita. Tidak bisa dipungkiri perasaan sedih, kecewa, marah, kesel akan menghampiri. Tapi mau gimana lagi inilah hidup dengan sejuta ceritanya. Bukankah Tuhan sendiri yang menjanjikan akan Selalu ada pengganti di setiap penolakan dan kehilangan. 

Tapi yang dialami anak muda sekarang seperti saya adalah penolakan karena diabaikan orang yang kita suka dan sayangi sehingga kehilangan kesempatan untuk menjalin hubungan bahkan yang paling ngetrend istilahnya cinta bertepuk sebelah tangan, kemudian kegagalan dalam sebuah hubungan seperti kehilangan kekasih karena putus cinta , belum lagi kehilangan kesempatan karena gagal masuk pekerjaan yang kita inginkan atau sekolah yang kita inginkan.

Memang kadang rasanya tak adil, tapi sesungguhnya ini adalah proses hidup untuk melatih ikhlasnya hati

Dan hampir semua orang besar selalu mengalami penolakan dan kehilangan, bukan sekali dua kali bahkan ada yang sampe ribuan kali. Kita lihat bagaimana Jack Ma seorang pendiri Alibaba.com di Cina awalnya ditolak puluhan perusahaan. Atau seorang Mario Teguh yang selalu diabaikan wanita masa mudanya bisa mendapatkan istri yang cantik dan sukses seperti sekarang.

1. Kegagalan (sementara) karena cinta kita diabaikan

Hal yang membuat sakit akan membuat kuat via http://weheartit.com

Sedih? Pasti. Down? Tentu. Tapi bukankah itu lebih baik untuk mengupayakan diri kita menjadi orang yang lebih baik. Berarti memang kita sedang pantas dan harus terjadi. Kita tidak boleh menyalahkan orang yang menolak kita, karena itu cara Tuhan mengingatkan kita melalui orang yang menolak kita. Tujuannya agar kita lebih matang dan membentuk kita. Dengan diabaikannya kita berarti Tuhan mengingatkan bahwa orang itu bukan orang yang baik untuk kita, dan kita wajib memantaskan diri untuk orang yang lebih baik.

Yakinlah selalu bersama Tuhan. Karena Ia yang selalu Menguatkan kita

Apapun yang terjadi harus tetep positif. Untuk seorang wanita yang diabaikan oleh laki-laki tidak usah terlalu lama sedih dan kecewa, coba deh lihat disekitarmu ada seorang laki-laki yang memperhatikanmu setiap saat tapi tidak pernah engkau respon kehadirannya, sadari dia betapa pedulinya pria itu kepada kamu. Untuk seorang laki-laki yang diabaikan wanita juga tidak usah sok kuat dan galau waktu sendiri. Tetap semangat dan memantaskan diri sembari fokus masa depan. Bukankah wanita yang sederhana meskipun belum bisa masak tapi mementingkan masa depan kalian jauh lebih menarik daripada wanita yang hanya bisa berdandan dan belanja di mall.

2. Kehilangan kekasih karena Dikhianati

Advertisement

Ketiadaan mengajarkan makna betapa beharganya keberadaan via http://www.jacquewatkins.com

Masalah pengkhianatan percintaan adalah hal yang sering dialami anak muda. Bahkan hampir semua orang pernah mengalaminya. Pada dasarnya Tuhan sebenarnya udah mengingatkan kita terhadap sesuatu yang tidak baik untuk kita, tapi terkadang kita sebagai manusia mengabaikannya. Contoh untuk perempuan, kita tahu orang yang kita sukai bukan orang yang baik tapi kalian tetap mengupayakannya dengan alasan bisa merubahnya nanti, setelah pacaran dan kemudian dikhianati para wanita akan bilang semua lelaki itu sama.

Bagaimana bisa anda menyalahkan orang lain padahal anda sendiri yang mengambil keputusan. Contoh untuk para lelaki: anda melihat seorang wanita yang cantik dan seksi apalagi cewe itu punya banyak temen deket cowo. Anda sudah tahu itu tapi tetap diupayakan dan pada akhirnya ketika anda dikhianati, para pria tetap mencari orang dengan type yang sama.

Terkadang perpisahan adalah jalan pembuka untuk untuk sesuatu hal yang lebih baik

Tapi juga tidak semua pengkhianatan terjadi seperti itu, ada yang Tuhan berikan untuk pembelajaran. Coba kalian bayangkan kalau dia mengkhianati kalian saat kalian sudah menikah, pasti lebih sakit. Mereka yang menyakitimu hanyalah pribadi yang dipinjam Tuhan untuk membentuk kedewasaan kita. Maafkan saja dia, karena dengan ini kita lebih mensyukuri dan menghargai kasih sayang yang ada disekitar kita.

3. Ditolak berkali-kali oleh Perusahaan

Hal seburuk apapun akan berlalu juga via http://www.dailymail.co.uk

Penolakan sebenernya adalah sesuatu yang berharga dan harusnya kita bersyukur karena penolakan adalah pemanasan supaya kita naik tingkat. Perhatikan perubahan sikap anda ketika setiap selesai ditolak, pasti sikap kita bertambah dewasa. Kecuali anda tidak sanggup menyikapi penolakan itu dengan benar. Bila kita ditolak perusahan-perusahaan berarti ada beberapa kemungkinan antara usaha kita kurang serius dan memang belum waktunya. Tapi beberapa orang ada yang bilang itu belum rejekinya, sebenarnya kan rejeki tetap kita yang mengupayakan dan mengambilnya bukan?

Jadikan penolakan itu untuk belajar lebih giat dan memantaskan diri untuk hal apa yang kita inginkan dan jangan lupa untuk berdoa pada Tuhan. Mereka aja yang tidak percaya Tuhan aja bisa sukses apalagi kita yang percaya Tuhan. Kenapa itu terjadi ? Karena Tuhan selalu menghargai setiap upaya

Orang yang tidak Ikhlas adalah orang yang meragukan keinginan Tuhan untuk menggantikan semua kehilangan yang ia alami

Tidak mungkin Tuhan membiarkan kita ditolak berkali-kali tanpa ada ujungnya dan hikmahnya. Semua juga akan berlalu dan kita akan tiba juga di suatu tempat terbaik yang diberikan Tuhan. Kalau anda tahu bahwa penolakan telah berhasil menolong banyak orang untuk menjadi lebih besar maka setiap kali ditolak kita harusnya lebih bersyukur. Berarti itu tanda-tanda alam bahwa kita sedang dibesarkan.

4. Bagaimana dengan mereka yang selalu beruntung?

Hidup itu bertumbuh via http://www.pinterest.com

Saya yakin mereka yang sering mengalami penolakan, pengkhianatan, kehilangan pernah merasakan iri atau berprasangkan bahwa Tuhan ini tidak adil. Kita melihat bagaimana teman kita selalu punya pacar yang cantik dan cakep setelah itu mereka mendapat pekerjaan yang hebat atau mereka hebat karena orang tuanya kaya, atau mereka tanpa susah payah dapat warisan dari orang tuanya. Bukan begitu, guys? kalo ini saya melihatnya dari beberapa sudut pandang.

Sesungguhnya ada rencana Tuhan di setiap persoalan Hidup

misal mereka kelihatannya baik-baik aja dan selalu berhasil padahal dibelakang itu semua kita tidak pernah melihat perjuangan dia yang luar biasa, masalah dia juga sama besarnya dengan kita. Tapi dia memilih diam dan tetap berupaya. Kemudian ada yang melihat teman kita ga pernah ada masalah dan hidupnya selalu mujur, mungkin saja Tuhan belum memberikan masalah untuknya mungkin saja nanti ketika kita udah selesai dengan ujian yang diberikan Tuhan baru mereka yang diuji kehidupannya. Kita diuji lebih banyak karena Tuhan sayang pada kita agar kita menjadi orang besar kelak. Dan satu hal jangan pernah lupa “Selalu ada Pengganti di setiap Penolakan dan Kehilangan” yang diberikan Tuhan. So.. tetep berupaya dan positif.

5. Bersyukur dan Ikhlas

Sometimes no comment is good comment via http://self-inspiration.com

Setelah semuanya terlewati, bersyukurlah dan iklhas. Entah baik atau buruk, jangan pernah lupa untuk bersyukur dan mengikhlaskan. Kesempatan berikutnya akan selalu ada.