Dengan melakukan berbagai hal yang kecil setiap harinya, kamu dapat membuat kulitmu tampak lebih sehat dan cantik setiap harinya, lho. Di bawah ini kamu dapat melihat berbagai hal yang mungkin sudah biasa kamu lakukan dan ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikanmu.

1. Kurang-Kurangin Stress Ya!

Ketika kamu merasa tertekan, maka kadar hormon stress yang bernama Kortisol juga akan meningkat dan merusak jaringan kolagenmu. Alhasil, kulitmu menjadi kering dan berkeriput. Nggak mau kan wajah kalian menua di usia muda?

Meditasi merupakan salah satu cara untuk mencegah, mengurangi dan mengatasi stress. Kamu juga dapat menurunkan kadar stress dengan melakukan terapi pijat atau menicure-pedicure. Lakukan hal positif yang bisa mengurangi rasa tertekanmu, ya!

2. Lakukan Eksfoliasi Secara Teratur

Lakukan Eksfoliasi Secara Teratur via http://jadicantik.com

Sel-sel kulit itu terus-menerus berganti. Seiring dengan semakin bertambahnya usia dan pengaruh dari lingkungan, kemampuan sel kulitmu untuk mengganti sel kulit yang telah mati juga akan melambat. Oleh karena itu, bantulah kulit Anda dan lakukanlah eksfoliasi 1-2 kali setiap minggunya.

3. 80% Tubuhmu Terdiri dari Air. Cintai Tubuhmu dengan Minum Air Putih yang Cukup

Advertisement

Minum Cukup Air Putih via http://sehati.com

Minum air putih yang cukup dapat membantumu menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit wajah maupun tubuh. Untuk memeriksa apakah kamu telah mencukupi kebutuhan cairan tubuhmu, cobalah mencubit punggung tangan atau lengan bawah. Bila kulit tidak segera kembali, maka hal ini menandakan bahwa tubuhmu kekurangan air. Jika kamu tidak suka minum air putih, konsumsilah berbagai jenis buah dan sayuran yang mengandung banyak air seperti mentimun, kembang kol, tomat, jeruk bali, dan seledri. Tapi, yang terbaik tetaplah air putih, ya.

4. Olahraga Secara Teratur. Badan Sehat, Ideal dan Cantik Tiap Saat

Olahraga Secara Teratur via http://fitnessfirst.com

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di McMaster University di Ontario pada tahun 2014, orang yang berusia lebih dari 40 tahun dan berolahraga secara teratur biasanya memiliki kulit yang tampak lebih muda, bahkan hingga setengah usia mereka. Yang lebih menarik lagi adalah kamu tidak perlu berolahraga dengan keras! Cukup dengan jogging atau bersepeda santai selama 30 menit sebanyak 2 kali seminggu sudah sangat membantu. Kuncinya adalah konsistensi untuk terus melakukannya. Pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai and kill it!

5. Jangan Sering Begadang, Deh

Tidur yang Cukup via http://TiduryangCukup.com

Seiring bertambahnya usia, aktivitas sehari-hari memungkinkan kita untuk terjaga sepanjang malam. Padahal, waktu istirahat di malam hari sangat penting untuk proses ilmiah dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 menemukan bahwa orang yang kurang tidur akan memiliki mata yang bengkak, merah, berlingkar hitam, keriput, dan memiliki kelopak mata yang lebih kendur, alias mata panda.

Tidur yang cukup akan membuat kadar hormon stress turun dan berada pada kadar terendahnya. Jadi, saat kamu kurang tidur, maka kadar hormon kortisol pun akan meningkat dan menyebabkan lapisan kolagen berkurang. Anda dapat melihat berbagai dampak di atas setelah kurang tidur, bahkan hanya dalam waktu 1 hari. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu tidur paling tidak selama 7.5-8 jam setiap malamnya.