Haiiiiii para Pejuang... Masih semangat ngerjain Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi? Atau sudah lelah menghadapi kenyataan dalam hidup?? (Sama, saya juga sudah lelah liat Tesis yang tak kunjung selesai dan akhirnya menderita burnout syndrom lalu larinya nulis ke Hipwee whehehehe).

Yups, hari ini saya akan membagikan cara cepat dan cara yang nggak ribet dalam penyusunan Daftar Pustaka. Daftar Pustaka itu ibarat remah-remahan K*C, kecil tapi renyah, kecil tapi nggak bisa disepelekan, dan kecil yang *halah apa atuh*.

Oke langsung saja...ke TKP.

 

1. Software Mendeley

Mendeley

Mendeley via https://kib.ki.se

Mendeley ini pertama kali saya dengar ketika ada kakak tingkat yang sedang seminar proposal tesis dan "dihajar" habis-habisan mengenai daftar pustakanya*wedewh*, seperti yang saya bilang tadi kalau daftar pustaka itu kecil tapi kita nggak bisa hidup tanpanya,

Pertama kali denger di telinga langsung deh search ke mbah Google dengan tulisan "Amandel", "Mendele", "Amandeley", dan Alhamdulillah, turunlah wahyu dengan "Mungkin yang Anda maksud adalah Mendeley" makasih mbah..

Langsung deh, cus instal aplikasi ini ke dekstop.

Tampilannya aduhai wow dan harus ribet dulu sama "REGISTER" alamaaak... "Uka butuh cepet iki rek"..!!! 

2. Nggak usah instal aneh-aneh, Microsoft Word bisa jadi Andalan

Ms Word menyediakan sarana pemecah kegalauanmu guys. Melalui fitur yang disediakan yaitu "References" kamu udah bisa bikin daftar pustaka yang ciamik dan praktis. Caranya klik  References-Manage Sources-New-Masukkan deh tipe daftar pustaka yang kamu pakai, dari buku, dari jurnal, atau dari apalah-pilih language "Indonesian"-masukkan nama pengarangnya, judul buku, dsb-klik OK, selesai..!

3. Google Schoolar

Logo pakai toga, bikin semangat meraih cita

Logo pakai toga, bikin semangat meraih cita via http://cravensnoll.com

Yuhuuu, next adalah mbah Google Schoolar.

Cara nulis daftar pustaka pakai google schoolar sih simple yaaa.....dan nggak ribet kayak "kodein cowok" biar peka...!!hahaha. Caranya cukup ketik judul di kolom pencarian-klik cite-klik model penulisan daftar pustaka yang kamu inginkan-copy-terus paste.

Simple kan 😀

4. Zotero, Aplikasi High Class

Aplikasi gratis dan tak perlu internet biasanya jadi idaman para mahasiswa yang nggak mau berurusan sama wifi lemot ataupun paket data yang jebol karena pembagian kuota internet *ups*.

Zotero ini merupakan aplikasi kelas atas yang mampu menjawab kegundahan kalian mengenai penulisan daftar pustaka. Caranya sih cukup simple ya,,cukup download Zotero lalu instal terus tungguin sampai instalan selesai, hahahaha

Buka Zoteronya-rasakan sensasinya

5. Akhir kata....Jreng Jreng....Saya Pilih.....Medelay

Medelay

Medelay via https://kib.ki.se

Selain namanya yang unik, Medelay ini cukup praktis dan nggak ribet kok. Tapi terserah kalian sih mau pilih yang mana, namanya juga manusia yang punya pilihan dan pandangan masing-masing. 

Oke, demikianlah hasil referensi saya, semoga bermanfaat yaaaa..... *KOREKSI BILA SALAH*