Mungkin artikel semacam ini sudah sering kalian temui, dan sering juga kalian membaca sambil nyinyir, emang bisa? Tapi artikel ini berangkat dari pengalaman pribadi dan terbukti berhasil, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Ini juga bukan artikel yang menyuruh kalian untuk sering makan mie instan, karena aku yakin banyak artikel yang menyebutkan mie instan kurang sehat untuk di konsumsi. Artikel ini juga tidak merinci cara pengeluaran sampai detail, karena kalian yang lebih tahu kondisi kalian sendiri sehingga kalian cuma perlu adaptasi. Cara bertahan hidup di Jakarta dengan gaji kurang dari dua juta per bulan ala aku diantaranya:

1. Kalian harus single

Single di sini bisa diartikan belum berkeluarga. Dengan status masih bujangan, kalian belum memikirkan tanggungan, sehingga kalian bisa mengatur keuangan untuk diri kalian sendiri. Mau makan apa, kapan dan dimana itu terserah kalian sendiri. Kalau sudah berkeluarga kalian harus memikirkan nilai gizinya, keaneka ragaman menu, harga, dll. Tapi mau sampai kapan bujangan?

2. Turunkan ekspektasi

beda kan via https://brilio.net

Turunkan ekspektasi kalian untuk dapat fasilitas yang sama dengan di kota asal kalian. Sebagai perbandingan, kos di Sidoarjo yang dekat dengan bandara dengan kamar ukuran 4 x 3 meter fasilitas kamar mandi didalam dihargai 400 ribu sebulan. Sedangkan di daerah kemanggisan kamar 2,1 x 2,7 meter dengan fasilitas kamar mandi di luar dihargai 650 ribu per bulan. Tapi demi bertahan hidup dan menyesuaikan dengan anggaran, ya harus diterima.

3. Punya fisik yang prima

Advertisement

Macet, polusi, banjir adalah masalah pokok Jakarta yang coba dibenahi pimpinan Jakarta dulu,saat ini dan nanti. Disamping kalian berharap ada perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah DKI, kalian juga harus bisa menjaga diri sendiri. Olahraga yang teratur menjadi kunci fisik yang prima. Sering-seringlah ikut CFD atau pagi hari lari-lari kecil di area taman deket tempat tinggal kalian.

4. Sering konsumsi oat

Berkawanlah dengan oat. Makanan ini mudah didapat, sehat, harganya juga bersaing dan mudah proses penyajiannya. Cukup dicampur dengan air panas, diaduk dan oat bisa kalian konsumsi. Awalnya memang butuh penyesuaian karena rasa hambar bahkan menjurus membuat perut mual, tetapi seiring berjalannya waktu, akan banyak modifikasi dalam penyajiannya. Ada yang di campur susu, abon atau cukup ditemani kerupuk. Banyak manfaat dengan mengkonsumsi oat, di antaranya menurunkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, menurunkan kolesterol, penuh dengan antioksidan dan banyak manfaat lain. Nah lebih baik daripada mie instan kan.

5. Puasa seperti Nabi Daud

Puasa Nabi Daud ialah cara berpuasa dengan waktu puasa sehari dan tidak puasa di hari berikutnya, begitu terus berulang-ulang. Saat fase puasa, kalian akan bisa menghemat pengeluaran untuk makan siang. Tetapi ingat, kebutuhan nutrisi kalian harus tetap tercukupi ya. Pahala mengalir, keuangan aman terkendali.

6. Pakailah angkutan publik

Angkutan publik di Jakarta relatif lebih baik daripada angkutan di daerah lain. Ada commuter line, Transjakarta, angkot, Kopaja dan angkutan online. Akan jauh lebih hemat bila kalian berpergian ke suatu tempat menggunakan angkutan publik, karena biaya transportasi publik terjangkau dan biaya parkir di Jakarta untuk kendaraan pribaditerlalu mahal karena di hitung per jam.

7. Jangan Malu bertanya

Slogan Jangan malu berlaku saat kalian ingin makan di suatu tempat. Bila tempat makan itu tidak ada daftar harga di daftar menu, tanyalah dahulu karena bisa jadi kalian “disembelih”. Seorang teman bercerita saat awal datang ke kemanggisan, mereka makan bertiga memesan tiga nasi plus tiga ikan bawal dan 3 teh tawar. Kalian tahu dikenakan biaya berapa? Seratus dua puluh ribu rupiah dan itu pedagang kaki lima yang mangkal di trotoar.

8. Mau jalan-jalan, ke taman atau ke museum

Bosan di kos?pengen jalan-jalan?boleh. tapi destinasinya jangan ke mall atau ancol ya. Kalau ke mall akan iri mata, iri hati, ngiler dan pastinya kalian ogah buat beli. Mending kalian jalan-jalan ke taman sambil olahraga. Atau bisa mengunjungi berbagai museum di Jakarta. Banyak bertebaran museum di Jakarta dengan berbagai tema, tentunya dengan tiket masuk yang sangat murah bisa kalian jadikan destinasi wisata kalian.

9. Bawa botol air mineral isi ulang

Daripada kalian sering mampir ke minimarket untuk beli minuman kemasan, ada baiknya kalian bawa botol isi ulang. Aku biasanya akan minum sebanyak-banyaknya di kantor, dan akan mengisi botolku saat menjelang pulang kerja.

10. Manfaatkan beberapa moment

kompaknya via https://m.tempo.co

Salah satu moment yang paling aku di tunggu untuk menghemat anggaran ialah bulan puasa. Menjelang pulul tujuh belas, aku bersama teman-teman biasanya bersiap menuju masjid untuk mencari takjil dan hidangan buka puasa gratis. Saat puasa adalah saat terhemat, karena buka puasa gratis dan pada saat sahur seringnya mendekati adzan subuh sehingga sering kali Cuma minum air atau paling beruntung minum susu.

Tapi jangan lama-lama gaji segitu, kapan kalian bisa kirim uang ke orang tuamu, kapan kalian bisa kasih angpau untuk ponakan kalian, kapan kalian bisa mencicil uang untuk pernikahan kalian, dan yang penting kalian kapan bisa pulang?