Anak kost? Apa sih yang terpikir dibenakmu saat mendengar dua kata, "anak kost"? Anak kost adalah orang yang berusaha mengatur uang dari tanggal 1 sampai 31 setiap bulannya. Biasanya anak kost selalu beli ini itu pas diawal bulan tapi saat tanggalnya sudah berangka 20an sampe 31 mereka pasti melakukan penghematan secara besar-besaran agar sisa uang yang dikirim oleh orang tua bisa selalu mencukupi kebutuhan setiap hari pada hari-hari terakhir dalam sebulan. Hal ini sangatlah tidak mudah. Apalagi manusia itu butuh makan karena makan adalah penentu sehat tidaknya seorang aak kost. Belum lagi jika mereka harus fotokopi ini itu, print makalah, sampai yang namanya jatah uang untuk keperluan mandi. Uang, uang, dan uanglah pasti yang terbayang-bayang. So, penting banget loh mengetahui gimana sih cara merawat uang agar uang itu hilang dengan makna yang mendalam, bukan karena foya-foya.

 

1. Carilah Makan di Warung

Saat menjadi anak kost, kenalilah warung-warung di sekitar tempat kostmu yang menjual makanan dengan harga murah. Di warung inilah, kamu bisa mengenyangkan perut dengan harga murah dan lauk yang bisa membuat badanmu sehat. Rata-rata warung di sekitar tempat kost menawarkan variasi menu yang beraneka ragam. Mie ayam, nasi padang, nasi apapun namanya yang bisa menyelamatkan keuanganmu yang selalu menyapa "bye-bye" di akhir bulan. Ingatlah, makanan yang kamu beli juga dri warung yang terjaga kebersihannya ya. Ini dilakukan agar kamu tetap sehat dan makanan yang kamu makan tetap higienis meski hanya beli di warung.

2. Beli Lauknya, Masak Nasinya

Masak Nasi Goreng

Masak Nasi Goreng via http://www.konfrontasi.com

Cara lain yang bisa dilakukan untuk anak kost agar menjadi hemat soal makanan adalah membeli lauknya saja di warung tapi memasak nasinya di kost. Cara ini mampu menghemat pengeluaran anak kost secara efektif. Yang dijadikan modal hanyalah membawa rice cooker ke kost. Ingat ya, harga nasi di warung lebih mahal daripada harga nasi hasil memasak sendiri. Dengan membeli lauk di warung, makanan yang kamu makan pun menjadi lebih bervariatif dan tidak membuat kantong menjadi kering.

3. Mie Instan, Sang Penyelamat Keuangan

Lezatnya mie instan

Lezatnya mie instan via http://www.vemale.com

Sekarang tersedia berbagai merek mie instan. Satu merek mie instan saja bisa mewakili dari berbagai rasa. Tahu bakso, soto ayam, kaldu, kari ayam, bahkan ada yang bernama rendang. Mie instan adalah makanan yang bisa dibilang dapat menyelamatkan nyawa keuangan anak kost. Selain murah, makanan ini juga dapat dibeli di mana saja dari warung, toko, hingga supermarket pun mampu menyediakan variasi mie instan dari yang isi satu, dua, atau berapapun isinya. Mie instan juga makanan yang mudah dibuat (meskipun anak kost tersebut tidak bisa memasak) karena di setiap bungkusnya telah disediakan cara memasak mie tersebut. Hasilnya pun tetap enak lho. Namun, hal yang harus dipahami oleh anak kost adalah tidak mengkonsumsinya terlalu sering. Ini disebabkan karena mie instan adalah makanan produk pabrik yang dengan pengawet, penguat rasa, dan pewarna buatan.

4. Tempe dan Tahu Sajalah

Tempe & tahu bacem

Tempe & tahu bacem via http://cecoia.com

Indonesia merupakan negara agraris, dimana banyak penduduknya yang berprofesi petani. Karena itulah, Indonesia dikenal sebagai negara yang menyediakan berbagai sayuran dengan harga murah. Daripada melihat lembaran uang yang semakin menipis dari dompetmu, kamu lebih baik menghindari konsumsi daging terlalu sering. Kamu bisa mendapatkan gizinya dari tempe atau tahu. Konon, kedua makanan itu juga memiliki kandungan protein tinggi yang dapat menyehatkan badanmu agar tidak kekurangan gizi. Tahu dan tempe sangatlah murah dan mudah dimasak. Yang kamu butuhkan hanya resep mengolah tahu dan tempe agar bisa mendapatkan variasi masakan tahu dan tempe meski dengan bahan yang sama.

5. Minumlah Air Putih

Minum air putih

Minum air putih via http://www.taranatureepa.co.id

Minuman yang kamu konsumsi setiap hari mempengaruhi kondisi keuanganmu. Cara terbaik yang bisa diambil adalah dengan mengkonsumsi air putih. Air putih adalah air yang sangat mudah didapat dan bisa dimasak sendiri jika kamu hidup di daerah air bersih. Namun, untuk kamu yang tinggal di perkotaan dan terkadang kamu nggak mau ribet, air mineral adalah jalan keluar untuk menyelamatkan finansialmu. Di sini, kamu perlu memilih air mineral yang berkualitas tetapi tetap murah sehingga kondisi tubuhmu bisa fit sepanjang hari. Mengkonsumsi air putih masih jauh lebih murah dibandingkan kamu harus mengkonsumsi teh atau kopi. Ketika kamu mengkonsumsi kopi atau teh kamu juga akan menghabiskan uang kamu untuk membeli teh dan kopi tersebut disamping untuk air.

6. Pilih Tempat Kos yang Dekat

Rumah  kost

Rumah kost via http://rumahdijual.com

Pemilihan lokasi tempat kost bisa menjadi alternatif penghematan. Saat kostmu dekat dengan kampus, kamu tidak perlu mengalokasikan keuanganmu untuk beli bensin atau tarif angkot. Kamu dapat menempuhnya hanya dengan berjalan kaki atau naik sepeda. Hemat? Sudah pasti. Manfaat lainnya? Kamu bisa sehat karena berjalan kaki dan naik sepeda termasuk aktivitas olahraga. Membakar kalori dan menjaga stabilitas berat badan sudah dapat kamu kantongi dengan memilih kost yang dekat dan rutin berjalan kaki. Tips lainnya, jangan langsung menyewa tempat kost pertama dalam jangka waktu lama. Bisa saja, suatu saat kamu menemukan tempat kost yang jauh lebih menarik dengan harga yang relatif lebih murah. So, soal pemilihan kost ini, kamu harus pintar-pintar membuka telingamu untuk berbagai penjuru informasi.

7. Atur Pengambilan Uang di ATM

Mengambil uang di ATM

Mengambil uang di ATM via http://batampos.co.id

Berusahalah semaksimal mungkin untuk memanfaatkan uang yang tersedia di dompetmu. Jangan terlalu sering pergi ke ATM tapi mengambil dalam jumlah sedikit. Kamu pasti akan tidak sadar dan lepas kontrol tentang jumlah uang yang kamu pakai. Hal yang (mungkin) bisa mengontrol "bolak-balik" ke ATM adaah dengan menyimpan struk pengambilan uang di ATM sebagai pengingat bahwa kamu telah mengambil uang tanggal sekian dengan besar uang sekian dan harus untuk berapa lama uang itu seharusnya digunakan. Konon, beberapa bank yang tak bisa kusebutkan namanya sudah mulai memberlakukan peraturan baru dalam failitas layanan ATM bank mereka.

8. Cuci Baju Sendiri

Cuci baju sendiri

Cuci baju sendiri via http://www.silvianapple.com

Laundry adalah penyedia jasa cuci-mencuci yang banyak diminati oleh anak kost. Nggak ada salahnya memanfaatkan jasa mereka. Namun, alangkah baiknya kalau kamu mencuci baju sendiri selama kamu masih punya banyak waktu luang. Lagipula, mencuci adalah aktivitas harian yang mudah dilakukan. Kuncinya, rendamlah baju dalam air deterjen sehingga kamu nggak perlu mengeluarkan banyak tenaga saat mengucek cucian. Selain itu, semua baju tidak harus disetrika. Pilihlah mana baju yang harus disetrika atau tidak disetrika. Kalau kita tidak punya waktu dan ada dana yang cukup, pilih jasa laundry yang untuk menyetrika saja.

9. Pulsa, Jangan Kelewat Batas

Pulsa adalah salah satu kebutuhan anak kost. Sekarang, pulsa bisa digunakan untuk sms, telepon, dan berinternet ria. Kamu harus pintar-pintar mencari provider yang menawarkan paket hemat berinternet. Cara uniknya, belilah kartu perdana saat pulsa habis daripada mengisi ulang pulsa. Cara ini efektif banget lho. Lebih baik lagi, jika kita bisa meminimalkan penggunaan internet yang harus dibeli dengan pulsa. Manfaatkan wifi gratis yang tersedia di kampusmu. Sekarang, sudah banyak lho tempat nongkrong yang berlabelkan "free wifi". Manfaatkan tempat itu, untuk mendownload materi kuliah, film kesukaan, atau sekadar mengecek e-mail. Habiskan pulsa internetmu hanya dalam keadaan yang benar-benar darurat. Dengan cara tersebut, pulsa pun bisa dihemat.

10. Pinjam, Download dan Catat

Hukum ini berlaku untuk mahasiswa. Berhematlah dengan pengadaan buku dan fotokopi. Rajinlah memcatat materi kuliah. Dengan begitu, kamu juga akan mampu memahami materi kuliah yang diberikan. Jangan terlalu sering memfotokopi catatan milik teman. Solusi lainnya, manfaatkan e-book yang bertebaran di internet. Tak ada salahnya mendownload e-book meski bapak/ibu dosen tidak memerintahkan. Lalu, pinjamlah pula buku dari kakak tingkat atau perpustakaan. Kuliah itu bayar,manfaatkanlah segala fasilitas yang diberikan pihak kampus.