Aku yang sekarang bukanlah keinginanku yang sebenarnya.
Aku terbenam di sini, terdiam, tanpa bisa berbuat apa-apa lagi

Kalimat tersebut berkonotasi pada rasa kecewa, pemberontakan yang tidak tersalurkan dan ada penyesalan. Adanya anda hari ini tentu bukan tanpa alasan. Adanya anda saat ini pasti ada banyak sekali pengaruh dari berbagai hal yang ada di sekitar anda. Dipengaruhi oleh pilihan dan keputusan, meskipun bisa jadi tidak semuanya beralasan. Bisa berujung pada Masa Depan Suram atau Masa Depan Surga, semua ada di tangan kita. Caranya? 

1. Kenali orang yang ada di sekitar anda

Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik

Banyak orang yang berpengaruh dalam kehidupan anda, seperti keluarga, teman di sekolah, di kantor, di lingkungan rumah, dan adapula teman dekat yang kemudian kita sebut dengan sahabat. Ya, persahabatan. Istilah persahabatan ini merujuk pada pemahaman akan adanya ikatan lebih dekat dari sekedar pertemanan. Sahabat bisa menjadi orang terdekat kedua setelah keluarga. Sahabat juga adalah tempat untuk bertukar pikiran hingga melakukan hal gila di luar nalar. Pernah tahukah anda, persahabatan tanpa saling mengenal satu dengan yang lain akan menyebabkan anda dapat terbawa arus yang tidak jelas. Saat ini tidak sedikit orang yang berkedok sahabat tetap memiliki motif negatif bagi “sahabat”nya. Oleh karena itu, penting untuk mengenali sahabat anda. Apakah benar-benar seorang sahabat yang dapat dipercaya dan dapat membawa pada kehidupan yang lebih baik atau hanya sekedar mengajak untuk hura-hura saja. Coba dikenali, diperhatikan, dipikirkan dan dipertimbangkan.

2. Ingat memori masa lalu anda

Shared Memory via https://www.facebook.com

Advertisement

Keberadaan anda hari ini adalah hasil dari masa lalu anda

Ada yang mengatakan,”Masa lalu biarlah masa lalu, sekarang saatnya untuk menatap ke depan”. Pernyataan itu memang bisa anda catat. Hanya saja masa lalu tetap harus dipertimbangkan untuk diingat, khususnya pada suatu keadaan. Masa lalu anda adalah cerminan untuk belajar. Saat ada kesalahan yang pernah terjadi di masa lalu, sekarang anda dapat lebih pintar untuk tidak lagi melakukan kesalahan yang sama. Saat ada kegagalan di masa lalu, sekarang anda dapat lebih cerdik untuk mengatur strategi mencapai keberhasilan, saat ada kekecewaan di masa lalu, sekarang anda dapat lebih bijaksana untuk menghadapi peristiwa yang terjadi dalam kehidupan. Memori masa lalu membawa anda untuk menjadi lebih baik apabila anda setuju dengan motto “Move On” dari masa lalu, bukan “Forget It”.

3. Cermat melihat kesempatan

Kesempatan via http://www.dputra.com

Kesempatan bisa anda dapat dimana saja dan kapan saja. Pada dasarnya tidak ada hal yang tidak mungkin dapat dicapai bila anda menginginkannya. Namun, jangan lupa bahwa dalam hidup pasti ada proses yang harus dihadapi. Tidak sedikit orang dapat melihat kesempatan. Ada yang dapat melihat kesempatan dengan baik, tetapi tidak dapat memanfaatkannya. Hal semacam ini tentu juga percuma. Oleh karena itu, cermat melihat kesempatan harus diperhatikan agar anda tidak salah dalam melangkah ke depannya. Karena setiap yang diputuskan hari ini dapat berdampak untuk masa depan anda.

4. Mental baja VS Mental tempe

Revolusi Mental via https://www.google.co.id

Banyak orang menggunakan istilah mental baja untuk mereka yang gigih dalam memperjuangkan kehidupannya. Menghadapi setiap masalah dengan tetap tegar dan positif, menyelesaikan setiap tugas dengan bertanggungjawab, dan menuntaskan kewajiban tanpa harus mengeluh. Akan tetapi adapula yang sebaliknya memiliki mental tempe. Menghadapi setiap masalah dengan mengeluh, menyelesaikan setiap tugas tanpa mengingat adanya tanggung jawab, dan melupakan kewajiban karena merasa keinginannya tidak akan pernah dipenuhi. Memang setiap usaha harus dibayar lunas dengan kepuasan. Namun, tidak semua hal yang kita inginkan harus diikuti. Ingat, pencipta masih memiliki kuasa atas kehidupan. Alangkah lebih baik untuk mensyukuri apa yang bisa kita nikmati hari ini. Bukannya mengeluh. Ingin Masa Depan Suram atau masa Depan Surga? Kembali ke mental anda yang membentuknya.

5. Tentukan kemana langkah hidup anda

Ujung Langkah Kaki via http://www.hipweetanyakabar.com

Jangan pernah katakan anda tidak dapat berbuat apa-apa untuk hdup anda. Karena disadari atau tidak, semua yang akan terjadi dalam hidup anda adalah hasil dari langkah kaki anda. Anda yang berbuat dan anda yang menentukan. Ada yang namanya pilihan. Dengan adanya pilihan, anda dapat menggunakan kehendak bebas untuk mengambil keputusan. Tetapi sebagai manusia, jangan lupa libatkan akal budi anda untuk berpikir, apa yang baik, apa yang berkenan, apa yang akan membuat hidup menjadi lebih bermakna. Bukan sekedar senang, sekedar nyaman, sekedar menjadi pusat perhatian, ataupun sekedar memenuhi kewajiban tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi di jangka panjangnya.

Masih banyak hal positif yang dapat dilakukan untuk tidak terbenam pada memori masa lalu yang hanya membuat langkah kaki kita terbawa arus persahabatan yang tidak membangun. Semoga tiga hal singkat yang sudah dituangkan dapat bermanfaat dan membuat anda lebih waspada dan yakin untuk meraih Masa Depan Surga, bukan Masa Depan Cerah. Salam kesuksesan!