Skripsi seringkali menjadi hal yang paling menakutkan bagi mahasiswa. Mulai dari menentukan judul hingga proses pengerjaannya seringkali membuat mahasiswa enggan memulai. Ada juga yang berhenti di tengah jalan yang membuat skripsinya gak kelar-kelar dengan beragam alasan.  Tapi, sebenarnya skripsi tidak seseram itu kok. Yuk simak sedikit tips dan trik agar skripsi bisa selesai tepat waktu.

 

1. Bulatkan Tekad Bahwa Skripsimu Tidak Boleh Telat

Tantangan terbesar skripsi memang ketika harus memulai pengerjaan. Rumor yang beredar membuat enggan untuk segera mengerjakan. Karena itu, bulatkan tekadmu untuk menyelesaikan skripsi tepat waktu dan memulainya segera meskipun berat. Kemudian, buat deadline skripsi yang wajib dipatuhi!

2. Tentukan Tema Skripsi yang Kamu Sukai dan Pahami

milih tema skripsi

milih tema skripsi via http://www.studyright.net

Katanya sih apapun yang disukai akan tetap diperjuangkan sesulit apapun rintangan yang menghadang. Tapi suka aja tidak cukup kalau tidak diimbangi dengan pengertian.  Jangan terlalu mematok standar tinggi, cari saja yang paling kamu kuasai.

3. Rajin Menengok Skripsi Kakak Angkatan

Buat kamu yang masih bingung menentukan judul, skripsi kakak angkatan bisa menjadi pilihan. Apalagi jika skripsi itu sesuai dengat minatmu, skripsi mereka bisa menjadi acuan. Setelah membolak-balik beberapa halaman, inspirasi bisa tiba-tiba datang.

4. Pilih Dosen Pembimbing yang Bisa Membuatmu Semangat Mengerjakan

dosen pembimbing

dosen pembimbing via http://img.okezone.com

Dosen pembimbing yang perfeksionis akan membantumu menyempurnakan skripsi. Bukan bermaksud untuk menghambat, mereka hanya memastikan bahwa skripsimu bisa selesai dengan paripurna. Ketika ujian sidang datang, mereka bisa saja membelamu mati-matian. Tidak hanya hasil skripsi yang akan dinilai, tetapi proses yang kamu lalui juga layak dipertimbangkan

Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian,

Dengerin omelan  dosen pembimbing dulu, daripada dibantai waktu sidang

5. Jangan Mudah Menyerah Jika Mendapat Dosen Pembimbing yang Tidak Sesuai Dengan Keinginan

ini hanya ujian sementara

ini hanya ujian sementara via http://www.pedidikanindonesia.com

Dosen pembimbing bisa menjadi salah satu penghalang menyelesaikan skripsi. Tapi bukan karena meraka, tapi karena otak kita yang lebih dulu  diisi dengan hal-hal tidak berarti. Kita dengan banyak asumsi yang membuat misi kita terhenti. Buang jauh semua pikiran buruk tentang dosen pembimbing. Kamu tidak berjuang sendirian. Kamu bersama orang lain dengan masalah yang sama namun dalam bentuk yang berbeda.  Tapi mereka memilih untuk tetap berjuang meraih mimpi. 

6. Pastikan Kamu Berkumpul dengan Teman yang Senasib dan Sepenanggungan

doing homework

doing homework via http://thumbs.dreamstime.com

Mereka adalah teman-teman yang juga ingin segera lulus sarjana. Saling mengingatkan dan menyemangati untuk mencapai tujuan. Bukan berarti kamu tidak bergaul dengan yang lain, tapi intensitas kebersamaan yang perlu dikurangi. Masuk bareng, lulus bareng juga ya!

7. Pilih Tempat yang Nyaman untuk Mengerjakan

pilih tempat yang nyaman

pilih tempat yang nyaman via http://il5.picdn.net

Banyak orang membutuhkan tempat sepi agar bisa berkonsentrasi mengerjakan skripsi. Tapi ada juga yang butuh teman untuk menemani. Bosan rasanya jika hanya mengurung diri di kamar. Mengantuk menjadi salah satu alasan jika sendirian. Akhirnya, penulis  memilih untuk berpindah-pindah tempat, dari satu kamar kos teman ke kamar kos teman yang lain. Selain dapat saling bertukar pikiran, kami juga bisa saling mengingatkan jika ada yang lalai dalam mengerjakan.

8. Jaga Kondisi Badan dan Pikiran

Jangan terlalu dipaksakan

Jangan terlalu dipaksakan via http://www.hercampus.com

Skripsi jelas memakan waktu, tenaga, pikiran, dan uang. Selalu atur pola makan agar kebutuhan gizi tetap terpenuhi. Waktu istirahat juga tidak boleh terlewatkan. Minum vitamin jika diperlukan. Jangan memaksakan diri jika badan dan dipikiran masih lelah untuk digunakan karena sakit bisa menjadi salah satu hambatan terbesar.

9. Di tengah Mengerjakan, Boleh kok Main Sesekali

doing homework at canteen

doing homework at canteen via http://thumbs.dreamstime.com

Siapa bilang kalo lagi skripsi cuma boleh nongkrong di kamar? Kamu tetap bisa hang out bareng teman-teman tanpa mengganggu deadline skripsi. Pastikan waktu nongkrongmu gak kebablasan. Siapkan teman yang handal jadi alarm untuk mengingatkan. Atau buat kamu yang tidak harus mengerjakan skripsi di tempat sepi,  kamu bisa siasati dengan cara mengerjakan skripsi di tempat nongkrong yang menyediakan free wifi.  Mengerjakan skripsi pun jadi tidak membosankan.

10. Wifi Gratis di Perpustakaan Kampus juga Jangan Sampai Terlewatkan

gunakan secara maksimal fasilitas yang tersedia

gunakan secara maksimal fasilitas yang tersedia via http://theodysseyonline.com

Materi skripsi terkadang tidak cukup jika hanya diambil dari textbooks saja.  Salah satu keuntungan menggunakan wifi  kampus adalah kamu bisa mengakses jurnal berbayar. Jadi, jangan sampai melewatkan fasilitas yang satu ini.

11. Habiskan Lebih Banyak Waktu Bersama Dosen Pembimbing

perbanyak bimbingan

perbanyak bimbingan via http://papasemar.com

Rajin kencan dosen pembimbing menjadi salah satu strategi menyelesaikan skripsi. Relakan banyak waktu untuk mendengarkan kritik dan saran. Semakin sering kamu bimbingan, semakin cepat skripsimu terselesaikan. Sampaikan setiap kesulitan yang kamu hadapi. Meskipun berwajah garang, mereka bisa memberikan solusi. Mereka punya kesibukan lain, tapi tetap meluangkan waktu untuk berbagi pengetahuan menandakan bahwa mereka peduli. Untuk dosen yang sulit ditemui, jangan dulu putus asa untuk meminta waktu bimbingan. Hubungi terus saja tanpa henti.

12. Acara Wisuda dan Pernikahan Bisa Jadi Motivasi tak Terkalahkan

Biar cepet resepsi

Biar cepet resepsi via http://sd.keepcalm-o-matic.co.uk

Jangan ragu untuk datang ke wisuda teman atau kakak angkatan. Melihat mereka memakai toga dan mendapat bunga bisa jadi motivasi tersendiri. Tanamkan di dalam dada bahwa kamu juga akan segera memakainya. Datang ke acara pernikahan akan membuatmu ingin segera menyusul ke pelaminan. Apalagi jika syarat dari orang tua.

“ Boleh nikah kalo udah lulus kuliah.”

Dan tentu syarat yang paling penting, kamu harus lebih dulu punya calon.

13. Doa Orang Tua, Doa yang Akan Selalu Diamini oleh Semesta

doa orang tua

doa orang tua via http://www.popsugar.com

Tanpa doa mereka semua usaha yang kamu lakukan akan menjadi sia-sia. Luangkan waktu untuk berkabar setiap hari karena mereka yang akan selalu mendoakan tanpa diminta dan doa mereka pasti diamini semesta.

14. Pererat Kedekatan dengan Penggenggam Alam Semesta

dekati sang Pencipta

dekati sang Pencipta via http://nomor2.blogspot.co.id

Kesibukan mengerjakan skripsi jangan sampai melalaikan kewajibanmu sebagai hamba. Di saat putus asa, saat merasa sudah tak ada yang tersisa, mengadulah pada Penguasa Semesta. Pertolongan akan selalu datang bagi setiap hamba yang menengadahkan tangan memanjatkan doa. Meski terkadang kita sering lupa, tapi kasih sayang Tuhan mampu mengalahkan segala.

Pertolongan akan datang melalui jalan yang tidak terduga. Skripsi menjadi salah satu jalan untuk kembali mengingatkanmu pada cinta Sang Maha Kuasa. 

15. Jadi, Kapan nih Bisa Menggandeng Pendamping Wisuda?

Penting gak sih yang namanya pendamping wisuda?

Penting dong! Pendamping wisuda itu kan orang tua dan teman-teman yang tidak lelah memberi  dukungan.

Lha, kalo pendamping wisuda yang lain?

Percuma kalo gandengnya gak sampek pelaminan