Bagi kamu pengendara motor pasti tidak asing lagi dengan stigma negatif buat para pengendara motor cewek. Acap kali mereka disebut sebagai penguasa jalan raya. Kebiasaan-kebiasaan yang kurang pas kadang dilakukan, padahal hal ini tidak hanya membahayakan dirinya sendiri tapi juga orang lain. So guys, mari kita simak apa saja si kebiasaan-kebiasaan yang gak pas tersebut, dan buat kamu yang membaca ini jangan sampai kamu masuk dalam kategori.

1. Dengan kecepatan nanggung, tapi ngambil jalur tengah

membuat pengendara lain marah via http://google.co.id

Gimana si perasaanmu pas di jalan raya pengen kenceng, tapi depan kita ada mbak-mbak yang jalannya lambat dan gak bisa diselip? Padahal depannya si mbak tadi jalannya relatif lengang. Kamu udah ngambil lajur kanan buat mendahului, eh si mbak dengan santainya tanpa rasa bersalah jalan lambat. Lebih parahnya kalo kamu udah membunyikan klakson tapi dia gak nyadar. Mungkin yang kebayang di otak kamu, seandainya bisa turun dan mbilangin si mbak “mbak, buat simnya nembak ya?”. Buat para cewek, kalian gak masuk kategori ini kalau kalian tau aturan sederhana lajur kiri adalah jalur lambat sedang lajur kanan itu jalur cepat.

2. Ngidupin lampu sein kanan, tapi beloknya ke kiri

Menyalakan lampu sen via http://harianindo.com

Ini nih, yang amat berbahaya. Mau belok kiri tapi nyalain lampu sen kanan atau sebaliknya. Gak kebayang kan kalau kamu ngalamin hal ini, pas motor didepanmu nyalain sen kanan tapi beloknya kekiri. Beruntung kalau reflek berkendaramu oke atau kamu pas lagi jalan lambat.

Advertisement

Gimana jadinya misalkan kamu lagi kurang fokus atau pas lagi kenceng? Kan fatal akibatnya. Seringnya kita nggak ngeh kalau lampu sen motor menyala, jadi ada baiknya kamu sering-sering cek tuh dashboard motor. Cek lampu udah nyala belum ato mungkin secara gak sengaja kita nyalain lampu sen. Seringnya kamu cek dashboard akan jadi kebiasaan dalam berkendara, dan ini tentunya berfungsi meminimalisir resiko berkendara motor.

3. Nggak liat spion

Satu lagi kebiasaan yang dilakukan secara tidak sadar yaitu nggak liat spion. Rata-rata pengendara motor cewek kurang memiliki reflek untuk melihat spion saat berpindah lajur, sehingga muncul stigma seringnya cewek memotong jalan seenaknya. Spion berfungsi untuk memastikan tidak ada kendaraan yang berada persis di belakang kamu saat mau belok atau berpindah lajur.

Kalaupun ada, melalui spion kamu bisa memperkirakan jarak dengan kendaraan dibelakang kamu apakah sudah dekat atau relatif jauh. Reflek melihat spion mungkin tampak sepele, namun ini sangat efektif saat kamu berkendara. Yang pasti sangat meminimalisir resiko berkendara kamu.

4. Memakai hp saat berkendara

Memakai hp via http://cibarusah.com

Larangan memakai HP saat berkendara sebenarnya gak cuman buat pengendara motor. Tapi memang bagi pengendara motor hal ini lebih beresiko. Saat berkendara motor, kita diharuskan untuk fokus, jadi menepilah barang sesaat. Pemakaian HP saat berkendara sangat beresiko karena secara otomatis perhatian kamu akan terpecah.

Karena kadang saat berkendara kamu harus merespon dengan cepat segala sesuatu yang ada didepan kamu. Sebenarnya ini gak hanya dilakuin oleh cewek, cowok pun seringkali iya. Dan satu hal lagi, meski sedang trend selfie dengan momen unik jangan pernah kamu ber-selfie saat mengendarai motor karena ini sangat berbahaya.

5. Memakai kostum yang nggak nyaman saat berkendara

memakai kostum yang nyaman via http://jatik.com

Emang sih, bagi sebagian cewek penampilan adalah segalanya. Tapi jangan sampai hal ini membahayakan diri kamu sendiri. Berpenampilahlah sewajarnya saat mengendarai motor. Pakailah kostum yang buat kamu nyaman berkendara. Gambarannya seperti ini, misalkan kamu pengen memakai rok buat sebuah acara. Tapi rok itu bikin kamu memiliki keterbatasan gerak dalam melangkah. Jangan paksain buat pakai rok. Pakai bawahan yang nyaman dan kamu bisa membawa rok tadi buat baju ganti kamu di acara itu.

Gak cuman baju sebenarnya, pelengkap dari kostum kamu pun harus menyesuaikan. Misalkan tas bahu yang kamu bawa nyusahin saat kamu handle stang, ganti tas kamu dengan tas punggung.

Kebiasaan aneh satu lagi adalah kadangkala jaket dipakai terbalik. Apa ada bedanya jaket dipakai terbalik atau engga? Pemakaian jaket terbalik, menghalangi kamu untuk memegang kendali stang motor dan kamu akan mendapat kesulitan saat ingin belok.

6. Takut item sehingga memegang stang dengan posisi terbalik

takut item via http://kaskus.co.id

Duh ini yang namanya nggak banget. Dan sekarang-sekarang gak cuman cewek yang melakukannya, ternyata sebagian kaum cowok juga mulai takut sinar matahari. Bisa kamu bayangkan, misalnya aja kamu takut item trus pas nge-gas posisi tangan kamu terbalik buat menghindari sinar matahari. Kalau kamu emang takut item, pakailah sarung tangan.

Jalan raya adalah zona yang gak ramah buat kita apapun jenis kendaraan yang kita pakai. Berkendaralah dengan bijak, karena jika kita sembarangan tidak cuma membahayakan diri kita sendiri tetapi juga orang lain. Dan meski kamu cewek buktikan kamu juga bisa berkendara motor dengan aman. Just believe it, safety has to be the first priority.