1. 1. SUKA

first sight via http://cdn2.tstatic.net

Cinta. Setiap orang memiliki definisi cintanya masing-masing. Lain orang, lain pula definisi cinta menurut mereka. Sebagian orang memilih untuk terus berkutat mencari arti cinta, tanpa sadar bahwa arti cinta sesungguhnya di dapat dari rasa cinta itu sendiri. Rasa cinta yang pertama adalah suka. Suka disini diartikan sebagai bagaimana cinta datang pada pandangan pertama. Walaupun cinta pada pandangan pertama itu mustahil, tapi disitulah cinta mencoba mengetuk pintu hati yang kosong.

Ketika cinta memanggilmu maka dekatilah dia walau jalannya terjal berliku, jika cinta memelukmu maka dakaplah ia walau pedang di sela-sela sayapnya melukaimu. -Khalil Gibran

2. 2. SAYANG

Jika rasa cinta yang pertama sudah mendapatkan definisinya, lalu rasa cinta yang kedua adalah sayang. Seseorang yang sedang benar-benar jatuh cinta bisa mendapatkan rasa ini dengan cepat. Ini di dapat dari perlakuan mereka masing-masing terhadap lawan jenis. Lalu apa yang membuat rasa sayang itu timbul? Banyak hal. Hal kecil yang bisa membuat seseorang menyayangi lawan jenisnya adalah ketika suatu hal yang mereka sukai, disukai pula oleh lawan jenisnya. Tapi sayang disini punya praharanya tersendiri. Intinya adalah, kalau berani sayang, berani juga mengungkapkan rasa sayang itu sebagai definisi lain. Dan yang jadi pertanyaannya sekarang adalah, kamu menyayanginya sebagai sahabat atau ingin meminta lebih?

Advertisement

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana… seperti kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu… Aku ingin mencintaimu dengan sederhana… seperti isyarat yang tak sempat dikirimkan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada. -Khalil Gibran

3. 3. CINTA

je t’aime via http://selipan.com

Cinta datang dengan pengorbanan yang akan memberikan petunjuk siapa diri kita yang sebenarnya. Cinta begitu lembut dan merdu, namun jangan digunakan untuk merayu. Karena rayuan hanyalah akan mengosongkan makna kecintaan yang sesungguhnya. Cinta bukanlah penuntutan, penguasaan, pemaksaan, dan pengintimidasian. Tak lain itu hanyalah cara manusia mendefinisikannya. Karena cinta adalah perjuangan, pengorbanan, tanggung jawab, kejujuran, dan keikhlasan. Yakinlah bahwa cinta bukan hanya sekedar hiasan bibir, atau syair para pujangga. Namun ia menjadi kekuatan yang menggerakan.

Tidak ada yang salah dengan CINTA. Karena ia hanyalah sebuah kata dan kita sendirilah yang memaknainya. Cinta. Cinta. Cinta. Soal definisi bahagia yang bisa tergambar oleh orang-orang tertentu. Jika kita berani jatuh cinta, maka kita juga harus berani untuk mengungkapkan cinta. Itulah mengapa, kalau cinta tidak boleh setengah-setengah. Percayalah bahwa cinta tidak terungkapkan, maka memendam cinta sendiri jauh lebih tersiksa, daripada merasakan cinta yang bertepuk sebelah tangan.

Menyatakan cinta tidak sulit. Itu suatu hal yang mudah. Tinggal bagaimana kalian menyiapkan diri dan yakin pada diri kalian sendiri bahwa cinta harus dimiliki. Jangan salahkan cinta, jika dia yang kamu inginkan tidak jua dimiliki, karena cinta tidak bisa disalahkan. Ingat! Cinta hanyalah sebuah kata, dan definisinya ada di persepsi masing-masing orang yang merasakannya. Dan mengungkapkan cinta adalah bagian ketiga dari lima rasa cinta.

Jangan kau kira cinta datang dari keakraban yang lama dan pendekatan yang tekun. Cinta adalah kesesuaian jiwa dan jika itu tak pernah ada, cinta tak akan pernah tercipta dalam hitungan tahun bahkan abad. -Khalil Gibran

4. 4. TERLUKA

Yang namanya cinta identik engan bahagia dan terluka. Bahagia di awal, sempurna seperti tidak ada celah untuk berkata ‘terluka’. Dari terlalu sempurna dan manis itulah kita lupa bahwa cinta tak selamanya abadi untuk bersemi. Ketika harapan menjadi nyata, hanya tindakan yang membuatnya semakin sempurna. Dan kenyataan kadang tidak sesuai dengan keinginan. Jika ada yang namanya jatuh cinta pasti ada yang namanya terluka. Sakit hati.

Sekarang definisi itu dibalik. Jika kita berani jatuh cinta, ya harus berani juga untuk terluka. Cinta itu ibarat air yang dibutuhkan oleh semua orang, kadang bisa di dapat cuma-cuma, tapi banyak yang kurang menghargainya. Cinta itu butuh tindakan bukan cuma teori! Mungkin kalian pernah berpikir bahwa, “Andaikan aku tidak bertemu dengannya, maka aku tidak akan merasa terbang terlalu tinggi dan jatuh terlalu keras”.

Salah! Terluka karena cinta memang menyakitkan. Sangat menyakitkan. Tapi kalian yang masih bertahan, akan mempertahankan cinta itu dengan sekuat tenaga. Dan ketika cinta itu dipertahankan, kamu akan tahu siapa yang lebih menghargai tentang sebuah hubungan. Hidup ini bukanlah tentang mereka yang berbuat baik di hadapanmu, tetapi tentang mereka yang terbaik untukmu di masa depan. Satu hal yang perlu kalian tahu, bahwa terluka ada di urutan ke empat di lima rasa cinta.

Jika cinta tidak dapat mengembalikan engkau kepadaku dalam kehidupan ini, pastilah cinta akan menyatukan kita dalam kehidupan yang akan datang. -Khalil Gibran

5. 5. BAHAGIA

Lalu rasa cinta yang kelima itu apa, sih? Rasa cinta yang kelima adalah bahagia. Entah, bahagia dengan orang yang kita sayang, atau justru dengan orang lain yang tanpa sengaja dipertemukan Tuhan untuk kita, agar kita lebih bahagia. Bahagia memang sederhana, cukup dengan berpikir positif dan percaya pada kejaiban cinta. keajaiban cinta itu sangat nyata! Ketika harapanmu bersatu dengan mimpi yang sederhana dan ditambah dengan sebuah kepercayaan, kamu akan tahu bahwa cinta itu benar-benar nyata adanya. Kamu yang punya definisi cinta itu, dan kamu juga yang akan tahu definisi bahagia itu seperti apa.

Setiap lelaki mencintai dua orang perempuan, yang pertama adalah ciptaan imajinasinya dan yang lain belum lagi dilahirkan. -Khalil Gibran