Bukan melulu soal takut kehilangan, bukan? Kalau hanya itu saja yang kau pikirkan, tandanya kau egois, kau merasa hanya denganmu lah dia akan merasa bahagia? Nyatanya tidak!

Banyak hal yang harus dia pikirkan, selain kamu dan banyak hal juga, hal yang akan membuat bahagia selain kamu? Lalu? Apa gunanya kamu di kehidupannya, hanya untuk hiasan? Hanya untuk teman jalan, teman ngopi, teman main? Bukan juga...

Jadilah pasangan yang dewasa, yang bisa mengerti keadaannya, bahwa yang dipikirannya bukan hanya kamu, tetapi banyak hal yang dia pikirkan, termasuk bagaimana cara menghalalkanmu bukan?

Karena cinta bukan melulu soal takut kehilangan, tetapi ada banyak hal yang dapat dikatakan bahwa kau benar-benar cinta...

1. Terlihat dari cara memperlakukan satu sama lain ketika kalian sedang dirundung duka, kekhawatiran yang ada sungguh luar biasa

Pacar sakit via http://www.pexels.com

Ketika pasanganmu sakit, jadilah pendengar yang baik, walaupun kau tak ada ataupun tak bisa berada di sampingnya. Tetapi, jadilah pendengar yang baik untuk mendengar keluh kesahnya, jadilah obat untuk selalu menyemangatinya, walau tak ada di sana, masih ada doa kan? Percayalah sejauh apapun doa, pasti akan tetap tersampaikan .

Tetapi, usahakan juga untuk selalu ada di sampingnya. Membuatkan sarapan ataupun membelikannya sarapan agar dia bisa mendapatkan nutrisi yang baik. Beri dia semangat untuk bisa sembuh, membelikan, dan memberinya obat, dan yang pasti yang lupa untuk selalu mendoakannya .

2. Separuh waktumu sudah didedikasikan untuknya, meski kamu sadar bahwa hari itu sedang sibuk-sibuknya

Temani pacar via http://www.pexels.com

Selalu ada untukmu. Iya, sesibuk apapun dia, dia pasti meluangkan waktunya untukmu bukan? Kamu memang bukan prioritas, tapi percayalah jauh di lubuk hatinya, dia ingin selalu ada buat kamu . Karena salah satu tanda bahwa dia benar-benar mencintai kamu adalah ketika dia dapat meluangkan waktunya untukmu, sesibuk apapun dia.

3. Bukan hanya jadi pendengar yang baik, kamu dan dia sudah sama-sama paham bahwa salah satu kunci langgengnya hubungan adalah saling menyemangati

Advertisement

Saling memberi masukan via http://www.pexels.com

Berilah masukan yang baik untuk pasanganmu. Semangati dia untuk melakukan hal yang baru. Apabila itu buruk, bilang buruk, dan apabila itu baik, bilang baik, jangan memaksa keadaan, jujurlah. Karena jujur adalah salah satu cara agar hubungan kalian baik-baik saja. Dan selalu beri dia dukungan, ketika dia sedang down, percayalah bahwa semua akan baik-baik saja termasuk hubunganmu .

4. Segala permasalahan yang ada selalu disikapi dengan bijak, ikhlas dan yakin bisa terselesaikan jika bersama. Ah, manisnya 🙂

LDR, why not? via https://wolipop.detik.com

Pernah merasakan sakit yang berlebihan ketika pasanganmu memutuskan sesuatu, tetapi kamu tak bisa menghalanginya? Sakit, nggak ikhlas dan yang pasti kau lelah ingin mengakhirinya? Kau bisa apa selain ikhlas, percayalah yang dia lakukan kalau menurut dia baik menurutmu akan baik pula kan?

Salah satu alasan jika kau benar-benar mencintainya adalah kau bisa ikhlas, melakukan apapun yang dia inginkan asalkan baik bukan? Seperti contohnya, ketika dia memilih long distance relationship denganmu, kamu bisa apa selain ikhlas? Menghalanginya padahal itu baik, percayalah semua akan indah pada waktunya, percayalah dia juga berjuang untukmu, percayalah dia juga ingin yang terbaik untukmu, dan percayalah dia akan menjaga hatinya untukmu .

5. Segala sesuatunya tak pernah terburu-buru, meski usia dan kematangan kalian sudah dikejar waktu

Dan yang terakhir adalaaah… Sabar. Semua akan indah pada waktunya, bukannya setelah hujan turun akan ada pelangi kan?

Percayalah sabarmu akan ada hasilnya, kelak kau akan diajarkan menjadi pribadi yang benar-benar kuat dan bisa menghadapi dunia yang keras ini . Kalaupun dia tak bisa membagi waktunya untukmu, kalaupun kamu bukan prioritasnya, dan kalaupun dia tak kan pernah ada di saat kamu butuh, intinya adalah sabar, sampai kapan? Yaaa sabar ajaa .