Indonesia merupakan surga nya wisata alam di dunia, dengan ratusan pulau pulau indah yang tersebar luas didaerah indonesia.

salah satu tempat wisata yang paling digemari adalah wisata alam yang berhubungan dengan air, tidak jauh wisata itu adalah air terjun atau biasa disebut masyarakat dengan kata curug.

banyak curug-curug di indonesia yang mempuyai pemandangan yang sangat indah

 

 

1. CURUG CIKASO - SUKABUMI

Curug ini terletak di daerah Sukabumi Jawa Barat. Yap, sesuai dengan tempatnya, namanya air terjun pasti sangat identik dengan alam, membuat kita bisa mendekatkan diri ke alam. Ketika kita telah sampai ke curug ini, tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan keindahan curug ini. Siapa sangka dibalik sebuah lembah, ternyata ada air terjun yang cantik.
 

2. CURUG BOJONG KONENG - SENTUL

Curug ini adalah curug yg paling dekat dari Jakarta, terletak di desa Bojong Koneng, sebuah desa dibelakang perumahan mewah Sentul City. Untuk mencapai curug ini dengan kendaraan pribadi bisa melewati jalan tol jagorawi dan keluar di pintu tol sentul city lalu masuk ke kawasan perumahan mewah tersebut menuju perkampungan warga yang terletak di belakang kompleks. Jika bingung, bisa bertanya pada warga sekitar tentang keberadaan curug Bojong Koneng.  Bila menggunakan kedaraan umum, kita bisa mencapainya dengan bus jurusan sentul city dari terminal blok-m lalu disambung dengan ojek. Trek sejauh 1 km harus kita lalui untuk mencapai curug indah ini,jangan khawatir karena treknya tidak sulit dan dapat dilalui oleh orang tua dan anak-anak dengan pamandangan sawah yang indah. Untuk menikmati curug indah dengan kolam berair bening dibawahnya pengunjung hanya dikenakan retibusi Rp.5.000.

3. CURUG CILEMBER - BOGOR

Curug yang juga dikenal dengan nama curug tujuh ini telah dikenal lebih dulu sebagai wisata air terjun dikawasan puncak. Dikawasan ini terdapat tujuh air terjun dengan karakteristik yang berbeda-beda. Curug tujuh (terdekat dari pintu masuk) adalah curug yang paling ramai karena jangkauannya yang tidak sulit serta memiliki kolam besar dibawah curugnya yang kembar. Curug 6,5 dan seterusnya baru bisa kita nikmati setelah melakukan trekking menanjak dikawasan tersebut. Yang menarik, di kawasan ini juga terdapat taman observasi kupu-kupu. Fasilitas disinipun cukup lengkap, bahkan pengelola menyediakan penginapan di dekat air terjun. Untuk menikmati sejuknya kawasan curug cilember dengan ke tujuh curug-nya yang indah kita cukup mengeluarkan Rp. 11.000 sebagai retribusi.

4. CURUG LUHUR - BOGOR

Curug luhur terletak di lalulintas jalan raya Bogor – Gunung salak Endah. Letak yang relatif mudah dijangkau inilah yang menjadikan ramainya curug luhur dikunjungi setiap saat. Jika menggunakan kendaraan umum rute yang harus ambil adalah Kampung Rambutan – Terminal Baranangsiang – Ramayana – Ciapus. Tips dari saya, ketika hendak menaiki angkot ke Ciapus sebaiknya anda bilang ke supir angkotnya kalau anda ingin ke Curug Luhur. Karena angkot trayek ini melewati 2 wisata curug sekaligus. Yaitu Curug Nangka dan Curug Luhur. Atau jika anda ingin berwisata ke curug ini menggunakan  kereta, anda turun di stasiun kereta bogor lalu naik angkot jurusan Ramayana dan disambung dengan angkot lagi tujuan Ciapus. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi perjalanan ke Curug luhur, bisa melalui beberapa alternatif jalan, salah satunya dapat melalui jalan raya Bogor kearah leuwiliang, belok di pertigaan Cikampak, dan menelusuri jalan menuju tenjolaya (Belok kiri terus), maka akan sampai di Curug Luhur.

5. CURUG BIDADARI - SENTUL

Tak perlu sampai ke Bogor atau Puncak Pass, saya juga tak menyangka tidak jauh dari kota Jakarta di belakang perumahan Sentul, ada tempat wisata air terjun yang buat saya cukup menakjubkan yaitu Curug Bidadari / Sentul Paradise.

Tempat ini dekat sekali dengan Jakarta dengan catatan kalau nggak macet .. hehe. Untuk menuju lokasi ini, kalau bawa mobil dari tol jagorawi keluar di pintu tol Sentul Selatan kemudian belok kiri dan terus saja sampai ada simpangan jalan serong ke kiri. Nanti akan melewati perumahan perumahan di kawasan Sentul sampai akhirnya masuk ke jalan desa.

 

Jalanannya pada waktu itu cukup bagus walaupun sekitar 1 km mendekati lokasi jalannya aspalnya lumayan banyak terkelupas aspalnya. Sebaiknya jika kesini menggunakan kendaraan yang selain sedan, walaupun bisa tapi sayang saja. Dan saya agak meragukan keamanan jalannya jika pada kondisi hujan dan licin karena ban bisa berputar ditempat kalau pada waktu pulang menanjak. Ini juga mirip mirip waktu ke Curug Pangeran Kawasan Wisata Gunung Salak Endah, di Gunung Bunder cuma di Gunung Salak Endah batunya lebih besar dan lebih lepas.

Sebelum gerbang masuk, diminta 5000rb dengan alasan restribusi perbaikan jalan, memang jalanannya rusak, tapi nggak ada tiketnya. Biasa banget dah yang begini di Indonesia.

Syukurlah saya akhirnya sampai di gerbang masuk Sentul Paradise, pada waktu itu harga baru naik untuk liburan akhir tahun mulai tanggal 20 Desember 2014 perorangnya kena 40rb dan mobil 10rb jadi total 90rb berdua.