Dalam Ketidaktahuan, Aku telah membebani pasanganku yang menurutku selama ini adalah cara untuk menjaganya selalu mencintaiku 

Cinta itu mudah, benar-benar mudah, jika kita telah menemukan orang yang tepat, akan tetapi makna kata tepat terdengar ambigu jika di sandingkan dengan istilah harus mencintai kekurangan pasangan kita

Cinta itu sulit, benar-benar sulit, jika kita mencintai seseorang dengan berbagai upaya agar orang tersebut mencintai kita sesuai keinginan kita. Secara tidak langsung. kita menjadikan orang lain menjadi bukan dirinya untuk mencintai kita.

 

1. Dia Bukan Hanya Milikmu

Dia Bukan Hanya Milikmu

Dia Bukan Hanya Milikmu via http://tinybuddha.com

Apa kamu pikir semua yang ada di dunia ini adalah milikmu, sehingga dengan begitu angkuh membuat semua orang ingin sepertimu, ingin seperti yang kamu inginkan. Jika ia, apa bedanya dengan kamu mencintaimu dirimu sendiri dalam bentuk orang lain.

2. Tanggung Jawabmu Kepada-Nya

Tanggung Jawabmu Kepada-Nya

Tanggung Jawabmu Kepada-Nya via http://hdw.eweb4.com

Membuat orang lain menjadi baik, menyadari apa kesalahannya, menyadari bahwa ada seseorang yang lebih mencintainya dari siapapun dan itu adalah kamu. Apa benar itu tanggung jawabmu? Tanggung jawabmu memperbaiki dirimu, sebatas itu.

3. Membiarkan Dia Merasa Bersalah Atas Apa Yang Kamu Lakukan

Membiarkan Dia Merasa Bersalah Atas Apa Yang Kamu Lakukan

Membiarkan Dia Merasa Bersalah Atas Apa Yang Kamu Lakukan via http://www.goodreads.com

Dengan begitu kamu telah memenangkan dirinya, bukan kebahagiaannya. Pertandingan yang menurutmu adil karena menang atas mengalahnya orang lain untukmu. Untuk kebahagiaanmu dia membiarkan dirinya merasa bersalah atas apa yang kamu lakukan, kamu menjadikan orang lain memilihmu karena logikanya bukan perasaannya, karena tidak ber-alasan menolakmu atas semua yang telah kamu lakukan untuknya. 

4. Dia Terbebani Olehmu

Dia Terbebani Olehmu

Dia Terbebani Olehmu via http://hdwallpapersrocks.com

Biarkan dia bergerak mengikuti arahnya, apa yang dia mau, tanpa perlu kamu mencampuri urusannya. Biarkan dia bangga atas apa yang dilakukan oleh nya adalah hasil usahanya sendiri. Biarkan dia hidup dengan caranya, apa yang dia lakukan untukmu tulus dari keinginannya bukan karena keinginanmu.

5. Menikahlah Jika Apa Yang Kamu Lakukan Tidak Ingin Sia-Sia

Menikahlah Jika Apa Yang Kamu Lakukan Tidak Ingin Sia-Sia

Menikahlah Jika Apa Yang Kamu Lakukan Tidak Ingin Sia-Sia via http://says.com

Membuatnya begitu cepat merasakan tanggung jawab padahal tidak ada kewajiban adalah mencuri start terlebih dulu. Biarkan dia belajar secukupnya, semampunya, sekeinginannya. Pada saatnya dia siap, dia akan memulainya bersamamu, kamu cukup menyambutnya dan mengatakan aku bersedia...

Untukmu yang selama ini membebani pasanganmu, membuatnya ingin menjadi seperti yang kamu inginkan, sudahi. Berbahagia dia masih didekatmu saat ini dan harus siap kapanpun melihatnya pergi karena menyadari bahwa kamu bukan kebahagiaannya.