“Cuma kamu sayangku di dunia ini

Cuma kamu cintaku di dunia ini

 

Masih ingat dengan alunan lirik lagu tersebut? Kalau iya, berarti kita sama-sama penikmat atau paling tidak pernah menjadi penikmat Dangdut. Petikan lirik lagu puitis tersebut bukan berasal dari lagu-lagu pop atau sebangsanya, namun berasal dari aliran Dangdut yang kini mulai terpinggirkan. Lihat bagaimana beberapa musisi Dangdut seperti Meggy Z, Iis Dahlia dan musisi Dangdut lain ketika beliau-beliau menuliskan lagu. Syair indah nan puitis dituangkan guna mewakili perasaan sang penyanyi.

Dahulu, Dangdut identik dengan syairnya yang syahdu dan mesra. Syair-syair lagu Dangdut mampu menggugah suasana hati para penikmatnya. Masih ingat ketika Meggy Z menyanyikan “Senyum Membawa Luka”? Liriknya begitu mewakili perasaan sehingga terasa begitu nikmat untuk didengarkan. Untuk mengenang musik Dangdut yang pernah merajai belantika musik Nusantara dengan kualitas lirik serta iramanya, berikut adalah beberapa lagu Dangdut yang pernah nge-hits pada masanya:

 

1. Wulan Merindu by Cici Paramida

Cici Paramida

Cici Paramida via http://www.wikiwand.com

"Bawalah Diriku Oh Sayang

Kuingin Selalu Bersamamu

Tak Sanggup Lagi Diri Ini

Berpisah Denganmu Kasih

 

Cintaku Sayangku Kasihku

Kuserahkan Hanya Kepadamu

Semoga Tuhan Merestui

Bahagia Selamanya"

 

Siapa tak tau cuplikan lirik lagu diatas? Bagi kamu yang hobi mendengarkan lagu-lagu Dangdut pasti kenal Cici Paramida. Wulan Merindu adalah salah satu lagu beliau yang pernah nge-top. Lirik lagu yang menggambarkan kerinduan tercermin jelas dalam tiap kata. Bagi kamu yang tengah menjalani LDR, lagu ini pas banget untuk didengarkan.

2. Benang Biru by Meggy Z

“Kalau hanya untuk mengejar laki-laki lain

Buat apa sih benang biru kau sulam menjadi kelambu

Kalau memang sudah mendapat laki laki lain

Untuk apa sih tuak manis kau suguhkan untuk diriku

Sementara kasih sayang yang kuberikan

Engkau anggap tuk membayar hutang cinta yang ku pinjam

Kalau belum lunas mengapa tak menagih lagi”

 

Lirik lagu ini asli bikin baper. Lagu yang berkisah tentang PHP yang dialami oleh sang penyanyi ini ampuh untuk membawa kita terjerumus kedalam kegalauan. Jauh sebelum “PHP” laris manis pada masa sekarang, dahulu Maggy Z telah sukses menuliskannya kedalam sebuah lagu yang terdengar sangat merdu dan dinyanyikan dengan penuh penghayatan.

3. Bukan Pengemis Cinta by Jhonny Iskandar

Jhonny Iskandar

Jhonny Iskandar via http://www.kompasiana.com

“Aku bukan pengemis cinta

Yang slalu harus mengalah

Bila diputuskan cinta

Dari sang kekasih


Wanita bukan engkau saja

Yang ada dalam dunia

Cantik bukanlah utama

Menghiasi jiwa”

 

Nah ini, cocok untuk didengarkan oleh kamu yang baru putus cinta. Lagu yang dibawakan Jhonny Iskandar ini bertema putus cinta. Namun berbeda dengan lagu yang bertema galau setelah putus cinta, lagu ini justru memberi semangat setelah putus cinta. Bagaimana tidak, dengan liriknya yang berbunyi “Aku bukan pengemis cinta” ini, Om Jhonny mampu membuktikan bahwa putus cinta bukan akhir segalanya.

4. Pandangan Pertama by A Rafiq

“Pandangan pertama awal aku berjumpa

Seolah-olahnya impian yg berlalu

sungguh tak kusangka dan rasa tak percaya”

 

Kalau lagu yang satu ini pasti semua tau. Lagu yang juga pernah dinyanyikan oleh SLANK ini berbicara mengenai kesan saat jatuh cinta pada pandangan pertama. Indahnya rasa jatuh cinta pada pandangan pertama dituangkan dalam lirik lagu yang bikin gemes ini. A Rafiq benar-benar mampu memunculkan perasaan jatuh cinta yang menggemaskan sehingga lagu ini cocok sekali didengarkan kala kita jatuh cinta pada seseorang.

5. Memandangmu by Ikke Nurjanah

Ikke Nurjanah

Ikke Nurjanah via http://katakanlah.com

“Bulan bawa bintang menari...iringi langkahku...

Malam hadir bawa diriku...berjumpa denganmu...

Dua hati satu tujuan...melangkah bersama...

Cinta hadir bawa diriku...menyentuh indahnya...”

 

Penggalan lirik lagu Ikke Nurjanah tersebut berisi tentang perasaan cinta yang dialamai oleh sang penyanyi. Harapan yang mengenai cinta yang dirasakan sang penyanyi tercermin jelas dalam lirik lagu Memandangmu ini. Jika kamu dan pasanganmu mulai berpikir untuk menapaki jenjang yang lebih serius, maka lagu ini pas sekali untuk didengarkan dan didendangkan bersama pasangan.

6. Darah Muda by Bang Haji Rhoma

Bang Haji Rhoma Irama

Bang Haji Rhoma Irama via http://cintalagu.com

“Darah muda darahnya para remaja

Yang selalu merasa gagah

Tak pernah mau mengalah

Masa muda masa yang berapi-api

Yang maunya menang sendiri

Walau salah tak perduli

Darah muda”

 

Siapa tak kenal Bang Haji? Penyanyi Dangdut yang terkenal sebagai raja Dangdut ini jelas harus dituliskan dalam tulisan ini. Lagu berjudul Darah Muda ini bertemakan tentang gejolak para pemuda. Lagu yang berisi nasehat bagi para pemuda agar tidak mudah terpancing emosi dan bertingkah semaunya sendiri ini sangat enak untuk didengarkan dalam kondisi apapun.

 

Bagaimana? Masih berpikir kalau Dangdut itu norak dan gak bermutu? Coba deh dengerin lagu-lagu diatas. :)