Jagat maya Indonesia dikejutkan dengan adanya siaran langsung aksi bunuh diri yang dilakukan oleh Indrawan. Indrawan memilih jalur bunuh diri untuk menuntaskan masalah yang sedang ia hadapi. Ia frustasi ketika mengetahui sang istri tercinta menjalin hubungan dengan lelaki lain.

Lelaki bukan superman yang tidak bisa merasakan sakit. Lelaki juga bisa terluka dan bersedih. Apalagi ketika ia mengetahui bahwa sang istri yang begitu ia cinta ternyata memilih lelaki lain. Padahal keduanya telah menjalin rumah tangga selama 17 tahun. Waktu yang cukup lama.

Sakit hati itu wajar. Terluka apalagi. Nah, daripada larut dalam kesedihan dan akhirnya bunuh diri, mending melakukan beberapa aktivitas yang berguna nan menyenangkan. Selain mampu menghilangkan memori buruk, juga akan membuat orang lain merasakan kebaikan kita.

1. Liburan Akan Membuatmu Melupakan Problem yang Ada

Liburan di Jakarta via https://www.pexels.com

Cara yang paling mudah untuk menghilangkan perasaan tidak menyenangkan adalah dengan liburan. Dengan liburan, otak yang sedari kemarin memikirkan masalah demi masalah, akan kembali bersih. Liburan ibarat sirup yang memberikan warna pada gelas yang awalnya berisikan air putih. Yah, liburan adalah kunci dalam menyelesaikan masalah.

2. Jika Tidak Ada Waktu untuk Liburan, Datanglah ke Cafe. Minumlah Kopi dan Nikmati Setiap Tetes Kopi

Jangan dikira bahwa kopi hanyalah teman bagi para pekerja yang sedang lembur. Kopi lebih dari teman untuk begadang. Kopi adalah minuman yang menyenangkan. Mood Anda akan kembali seperti sebelumnya sesaat setelah menyesap kopi panas. Kopi akan membantu Anda lepas dari segala permasalahan. Dengan aroma yang aduhai serta rasa yang pahit sedikit asam, kopi akan membawamu kembali bahagia. Cobalah!

3. Jika Liburan dan Kopi Masih Belum Bisa Membuatmu Tersenyum, Saatnya Kamu Berkotemplasi!

Kontemplasi Kematian Sehatkan Mental? via http://gayahidup.republika.co.id

Advertisement

Jika liburan identik dengan bersenang-senang, maka ini sebaliknya. Anda akan menyendiri jauh dari hiruk pikuk keramaian. Anda akan menyendiri dan menjelajahi diri sendiri. Mencari tahu apa yang salah dari diri sendiri. Setelah itu, mencari cara agar bisa melepaskan diri dari belenggu permasalahan. Sebab, bagi sebagian orang, menceritakan permasalahan ke orang lain adalah hal yang sangat sulit. Maka, mencari tahu kesalahan diri sendiri sembari menemukan celah agar bisa memecahkan permasalahan.

4. Bagi Sebagian Orang, Teman Adalah Jawaban Paling Indah

Jangan Curhat Dengan Lawan Jenis via http://www.gudanginfo.net

Jika sebagian orang merasa bahwa ada perkara yang sebaiknya tidak diungkap ke siapapun juga, maka ada juga yang merasa bahwa masalah yang mereka sedang rasakan membutuhkan bantuan orang lain. Dan jika Anda adalah orangnya, maka berkeluh kesah ke teman adalah cara yang efektif. Tidak sembarangan teman memang. Anda yang menentukan siapa-siapa saja yang layak untuk mendengarkan cerita Anda. Bisa sahabat terbaik Anda. Atau kepada orang tua Anda. Sebab, ada masalah yang tidak selesai hanya dengan berdiam diri. Menceritakan segalanya meskipun tak serta merta membuat masalah itu hilang, minimal akan membuat hati terasa plong.

5. Hingga Akhirnya Tuhan-lah Sebaik-baiknya Pemecah Kebuntuan

Jika semuanya telah engkau lakukan dan masih ada keresahan yang tersisa di jiwa dan hati Anda, maka kembali ke Tuhan adalah cara terakhir. Karena tidak semua permasalahan akan selesai dengan sendirinya. Ada tangan-tangan tak terlihat yang mengambil masalah di hati dan pikiran Anda. Dan itu hanya bisa dilakukan oleh Tuhan. Ada tiupan angin yang tak terasa yang akan menghilangkan pikiran jelek Anda. Dan Tuhan-lah yang bisa melakukannya. Mendekatkan diri lagi kepada Tuhan selain bisa menyelesaikan problem yang ada, juga akan membuatmu merasa bahwa semua permasalahan yang ada, muaranya adalah ada di Tuhan. Selamat mencoba!