Sory bro, gak ikutan dulu ya takut laper ntar kalau banyak gerak.

Hello! Kata di atas hanya alasan zaman purba kala kalau kamu menolak sebuah ajakan di bulan puasa, apalagi saat temenmu mengajak untuk berbuat baik yang kurang lebih akan menambah pahala di bulan puasa juga bukan? tahu gak sih, kalau kamu terlalu menghawatirkan alasan laper'-mu saat sedang puasa yang ada malah kamu bakal laper beneran. Karena fokusmu hanya kepada makanan! Awas jangan sampai terjebak dalam golongan orang yang berpuasa hanya dapat haus dan lapar doank. Apalagi tiba-tiba gak sengaja ngelihat sosmed terus muncul postingan mantan sedang manis-manisnya sama pacar barunya. Udah laper baper pula.

Nah, daripada laper dan baper, biar puasamu mendapatkan pahala yang super maka kegiatan berikut bisa kamu coba selama bulan puasa masih berlangsung:

1. Makin ngencengin Ibadah

Keistimewaan bulan puasa adalah bulan di mana segala pahala yang bakal kamu dapatkan akan di seribu gandakan, ini adalah sesuatu yang bikin super di bulan puasa. Beribadah wajib aja udah dikalikan ribuan kali pahalanya, apalagi ibadah yang sunnah? Nah maka dari itu, daripada ngurusin laper mungkin kamu bisa mengisi hari-harimu untuk menambahkan dengan ibadah sunnah. Mungkin yang sedang sendiri untuk mencari jodoh waktu yang tepat untuk banyakin minta ampun, dan berdoa untuk didekatkan jodohnya. Siapa tahu yang awalnya akan diberi jodoh 5 tahun lagi, nanti ketika bulan puasa selesai langsung bertemu dengan jodohnya.

2. Ngumpulin barang layak pakai lalu disedekahkan

Membantu sesama via http://cdn.klimg.com

Tradisi yang udah menjamur di sekitar adalah bahwa nanti ketika hari lebaran tiba, semua pasti bermaaf-maafan dengan menggunakan pakaian baru, nah pasti ada dong beberapa pakaian lama yang masih layak pakai tapi ukurannya kekecilan atau kamu kurang suka dengan modelnya? Meskipun menyedekahkan barang yang baru memang lebih baik, tapi mengumpulkan barang lama siap pakai juga tidak kalah berharganya buat mereka untuk yang juga ingin merayakan hari lebarannya nati dengan pakaian yang lebih baik dari biasanya.

3. Berkarya dan berbagi pengetahuan untuk sekitar

Advertisement

Ketika bulan puasa banyak orang yang menyederhanakan kegiatannya, untung banget pada zaman udah ada gadget. Di manapun berada dengan hanya duduk di depan PC/laptop, atau sambil menggenggam smartphone-nya banyak orang yang bisa menambah ilmu pengetahuannnya. Nah, kalau kamu berkarya untuk menginspirasi mereka artinya kamu sudah memberikan ilmu di bulan puasa ini, yang artinya kamu bakal juga dapat pahala. Nah, pahala dibulan puasa akan diseribu gandakan. Kalau kebingungan untuk berkarya kamu bisa memulainya menuliskan pengetahuanmu langsung di Hipwee, seperti yang aku lakukan kali ini.

4. Membantu pekerjaan orang tua

Membantu orang tua via http://cdn.skim.gs

Pada bulan puasa, identik dengan banyaknya hari libur. Nah bagi kamu yang biasanya sibuk dengan kegiatan sehari-hari mungkin dengan sekolah, kuliah, atau kerja. Nah manfaatkan libur di bulan puasa untuk meringankan pekerjaan orang tua. Mungkin ini saatnya di mana pahala diseribu gandakan kamu bisa ambil momen puasa untuk berbakti lebih kepada mereka. Bulan puasa juga identik dengan menambahnya keuntungan dagang, nah bagi kamu yang mempunyai orang tua pedagang boleh banget tuh menemani mereka berdagang, sekaligus belajar bagaimana mereka memperjuangkan kamu untuk bisa mendapatkan pendidikan kamu hingga saat ini.

5. Mengikuti kegiatan sosial yang diadakan oleh komunitas

Bulan puasa juga banyak digunakan sebagai ajang sebuah komunitas untuk berbuat kebaikan terhadap sesama. Mulai dari berbagi takjil gratis menjelang buka puasa, atau ada yang mengunjungi panti asuhan untuk bermain menghibur adik-adik yang berada di sana. Banyak sekali manfaat yang bakal kamu dapat tentunya kalau kamu aktif di kegiatan sosial.

Seperti yang aku ikuti pada tanggal 26 Juni 2016 kemarin, aku mengikuti acara piknik kebaikan yang diadakan oleh komunitas Hipwee Malang. Dalam acara tersebut, kelompok peserta hanya dibekali uang 50.000 dan sekantong kresek sampah besar tanpa tambahan apapun. Kemudian kami dilepas ke pasar ramadhan, pasar tempat jualan takjil untuk berbuat kebaikan di sana. Dan ternyata seru sekali. Dari situ aku menyadari bahwa kalau mau berbuat baik, nggak perlu wacana hebat. Cukup dengan lihat sekitar ada banyak hal yang bisa untuk kita bantu.