Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terletak 181 km dari Kota Surabaya. Kabupaten ini memiliki destinasi wisata alam yang masih asri dan bisa juga disebut kabupaten dengan sejuta pegunungan, hehehe. Buat kamu yang sumpek, atau galau mungkin bisa datang ke Kabupaten Trenggalek buat menenangkan diri sementara waktu dan menghirup udara segar khas pegunungan yang sehat tanpa polusi. Selain itu, kamu juga bisa menikmati camilan khas kabupaten Trenggalek yang mantap abiss.

Yuk, intip apa aja destinasi wisata dan cemilan khas yang ada di Kabupaten Trenggalek!

1. Sebelum ke Trenggalek, kamu harus kenal dulu transportasi dari Surabaya ke Trenggalek

Nggalek, Nggalek via http://s1159.photobucket.com

Sebelum kamu tahu destinasi wisata ke Kabupaten Trenggalek, kamu harus tahu lebih dulu, transportasi buat ke Kabupaten Trenggalek dari Kota Surabaya.

Buat kamu yang biasa bepergian dari Surabaya ke Trenggalek maupun sebaliknya pasti kenal dengan dua bus yang paling sering melintas di jalan provinsi yang melewati Trenggalek-Tulungagung-Kediri-Kertosono-Jombang-Mojokerto-Krian-Surabaya. Ya, Harapan Jaya dan Pelita Indah. Dua bus legendaris ini sama-sama enaknya kok, aman, nyaman, dan tentram, hehehe.

Selain itu, dua bus ini juga punya teriakan khas: "Yooo, Nggalek akhir, Nggalek akhir" ("Yuk, Trenggalek akhir, Trenggalek akhir).

Advertisement

Daripada aku menunggu "Harapan Palsu", mending nungguin "Harapan Jaya" sambil pegang "Pelita Indah".

2. Gunung Gemblung, tempat pertama yang wajib dikunjungi setelah sampai di sana

Gunung Gemblung via http://kacamatawisata.com

Sebelum menyelami destinasi wisata lain di Trenggalek, maka lebih dulu kamu kunjungi Gunung Gemblung karena letaknya berada di Desa Gemblung, Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek. Kecamatan Durenan merupakan kecamatan pertama yang akan kamu lalui saat masuk ke Kabupaten Trenggalek jika kamu dari Kabupaten Tulungagung.

Destinasi wisata ini masih baru dan tentu masih sangat alami serta menantang. Maka dari itu, jaga kebersihan alam ya, guys, biar gunung ini tetap bersih.

3. Goa Lawa, gua terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara. Wajib banget jadi destinasi selanjutnya!

Selanjutnya adalah Goa Lawa Trenggalek. Gua ini merupakan gua terpanjang dan terbesar di Asia Tenggara lho yang ditemukan pada tahun 1984 terletak di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo. Seperti namanya Lawa yang dalam bahasa Indonesia berarti kelelawar, gua ini terdapat banyak kelelawar lho.

Eits, tapi nggak mistis kok, yang penting jaga sikap, kebersihan, dan jaga hati. #Eh.

4. Pantai Prigi, wisata alam yang murah meriah nan cocok buat segera dikunjungi

Pantai Prigi via https://4.bp.blogspot.com

Setelah mengunjungi Goa Lawa, wajib pakai banget buat mengunjungi Pantai Prigi di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo. Pantai ini sangat terkenal di Trenggalek dan di sekitar pantai ini juga punya beberapa tempat wisata lain, yakni ada Pantai Cengkrong, Hutan Mangrove, dan Pantai Damas.

Selain itu, di Pantai Prigi ini juga menawarkan wisata ke pulau-pulau kecil yang indah di sekitar Pantai Prigi menggunakan kapal nelayan dengan merogoh kantong sekitar 200-300 ribu rupiah.

5. Gua Ngerit, gua yang lagi hits dan kekinian!

Selanjutnya, Gua Ngerit yang terletak di perbatasan antara Desa Pakel, Kecamatan Watulimo dengan Desa Senden, Kecamatan Kampak ini masih sangat sangat sangat baru alias lagi jadi hits di Kabupaten Trenggalek. Kawasan yang indah, asri, serta jauh dari kesan mistis memikat wisatawan lokal untuk datang ke Gua Ngerit ini. Selain itu, Gua Ngerit ini menyajikan pemandangan air terjun dengan air yang masih bening, lho. Hmmm, seger, cah!

6. Negeri di Atas Awan, Bukit Banyon pun harus ada dalam daftar kunjunganmu

Bukit Banyon via https://komunitasunik.com

Siapa bilang, Trenggalek cuma punya gunung, gua, dan pantai? Kita juga punya negeri di atas awan! Letak negeri di atas awan ini di Bukit Banyon, Desa Widoro, Kecamatan Gandusari. Dari atas bukit ini, kamu bisa melihat sunset dan camping bareng sama teman-teman kamu. Ya, hitung-hitung galau berjama'ah, hehehe.

7. Setelah lelah berjalan-jalan, deretan kuliner ini juga wajib dicicipi!

Nasi Gegok via http://reseparena.com

Setelah jalan-jalan pasti laper, 'kan? Yuk, dah. Mampir makan dulu dan menikmati kuliner di Kabupaten Trenggalek. Emang ada apa aja sih?

Oke, Kabupaten Trenggalek memiliki sejumlah makanan tradisional yakni Sego Gegok, yakni sebungkus nasi yang dibungkus daun pisang dan ditaburi dengan sambel teri dan parutan kelapa. Selain Nasi Gegok, kamu juga bisa menyicipi Sego Tiwul atau nasi tiwul, yaitu nasi yang berbahan dasar ketela yang telah dikeringkan lalu memakai lauk ikan laut, mantap.

8. Oleh-oleh khas Trenggalek jangan sampai terlewatkan ya, guys!

Jangan lupa oleh-olehnya via http://3.bp.blogspot.com

Saking senengnya jalan-jalan ke Trenggalek jangan sampai melupakan keluarga di rumah, ya! Trenggalek juga punya jajanan atau cemilan khas, yaitu ada alen-alen, tempe kripik, dan manco. Penasaran sama makanan itu? Makanya, datanglah ke Trenggalek dan mampir ke pusat oleh-oleh yang ada di sepanjang Jalan Bendo Kecamatan Pogalan. Dijamin puas!

Demikian ulasan seputar destinasi wisata Kabupaten Trenggalek. Selamat datang di Kabupaten Trenggalek dan tetap jaga kebersihan ketika kamu datang ke destinasi wisata dimana saja ya, guys!