Kalian berusia 20-30 tahun, sudah bekerja dan masih single? Eitss, ini bukan pertanyaan yang horor seperti pertanyaan yang sering ditanyakan keluarga saat pertemuan keluarga, hari raya atau saat pernikahan teman, lho. Hahaha.

Yang terpenting, ini pun bukan artikel tentang biro jodoh. Jadi yang baper, tolong bapernya disingkirkan dulu. Pertanyaan itu hanya sekedar memastikan saja bahwa kalian yang masuk kategori usia 20-30 tahun, sudah bekerja, masih single bisa nih baca artikel ini.

Bagi kalian yang sudah masuk dalam kategori tersebut, pasti banyak alasan mengapa status hubungan masih single. Mungkin di antara kalian ada yang masih ingin menikmati kebebasan hidup, menikmati hasil jerih payah kerja sendiri, ada yang masih memilih single karena belum move on dari mantan, atau mungkin ada yang lagi proses memperbaiki diri atau memantaskan diri. Apapun alasannya, masak iya mau terus-terusan seperti itu dengan status single, nggak 'kan?

Menurut hitungan saya, sehari ada 24 jam, dan kalau digunakan sekitar 8 jam untuk kerja, sisa waktu kalian gunakan untuk apa? Mungkin lama-lama kalian akan bosan juga dengan kesendirian itu, bukan?

Ini nih, ada beberapa hal yang bisa kalian coba biar hidup kalian nggak hampa dan waktu nggak terbuang sia-sia!

1. Jangan pernah berhenti untuk upgrade dan perbaiki diri

Orang yang baik adalah orang yang tidak merasa dirinya baik tetapi selalu melakukan hal-hal yang membuatnya dirinya menjadi baik via https://2.bp.blogspot.com

Mengapa poin ini saya letakkan pertama? Karena yang namanya memperbaiki diri itu membutuhkan proses yang memakan banyak waktu. Sekalipun bagi mereka yang sudah dikenal dan mendapat predikat baik oleh masyarakat, tapi manusia itu tempat salah dan khilaf. Jadi, memperbaiki diri dan tidak mengulangi lagi kesalahan yang sebelumnya sampai akhir hayat itu adalah poin utama dan terpenting dalam menjalani hidup.

“Yang disebut memperbaiki diri itu seperti apa, sih?”

Yang saya maksud di poin ini adalah memperbaiki diri yang terkait hubungan dengan Tuhan YME. Jangan lupa juga memperbaiki diri terhadap hubungan dengan sesama mahluk-Nya.

“Terus kegiatannya seperti apa?”

Advertisement

Mungkin bagi kaum Muslim, mulai sekarang kalian bisa belajar mengerjakan salat lima waktu, syukur-syukur bisa berjamaah bagi kaum pria. Untuk contoh memperbaiki diri terhadap hubungan dengan sesama mahluk-Nya, misalnya nih bagi kita kaum perempuan yang suka gosip, mulai sekarang belajar untuk menahan hasrat bergosip itu.

2. Jangan biarkan mimpi dan citamu terbengkalai; kejarlah dan wujudkan!

Jangan takut untuk memiliki mimpi via http://1.bp.blogspot.com

Cita-cita di sini tidak hanya tertuju pada satu aspek; tentang pekerjaan. Ya, tapi banyak hal dan bisa diintepretasikan masing-masing. Kalian bisa mengikuti cara ampuh ini dan sebagian besar sudah banyak yang berhasil. Caranya yaitu dengan membuat list apa saja yang ingin dicapai dalam kurun waktu satu tahun ke depan. Jika dibuat semacam list, maka akan memotivasi kalian untuk mencapainya.

Contohnya: “Nikah di tahun 2017", “Tahun 2017 menjadi penulis tetapnya Hipwee”

Dari list itu kalian akan mulai mengerjakan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang tercapainya cita-cita kalian.

3. Ayo asah kepekaan sosialmu dengan mengikuti ragam kegiatanya

Kegiatan Kelas Inspirasi via http://prasetya.ub.ac.id

Kalau yang ini nih wajib dicoba! Mengapa saya bilang wajib? Karena sebaik-baiknya manusia itu adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Bagi kalian yang dulunya belum pernah berkecimpung di organisasi dan merasa kaku, jangan khawatir dan takut karena ini bukan lomba yang harus berpengalaman. Ini tentang keberanian dan kepedulian sesama. Satu lagi yang kalian perlu tahu, manfaat dari keikutsertaan kita dalam masyarakat itu bisa menjadi latihan kita nantinya atau modal kita ketika berkeluarga.

Kalian yang masih bingung mau ikut kegiatan apa bisa memulai dari lingkup kecil. Ya, misal mulai dari lingkungan RT, RW, atau desa seperti ikut Karang Taruna atau bergabung jadi pengurus masjid.

4. Hobi bisa jadi sarana refreshing pikiran dan batinmu

Mendalami hobi sejak kecil atau mau mencoba hobi yang lain, itu sah-sah saja! Asalkan hobi dalam hal yang positif, ya.

Mengapa ini masuk dalam list hal-hal yang bisa dilakukan? Nah, ada beberapa bahkan sebagian masyarakat ketika bekerja melupakan hobi-hobinya. Penyebabnya pun banyak; dari yang tidak punya waktu, nggak sesuai dengan usianya, dll.

Selama hobi itu sesuai dengan usia kalian dan masih bisa dicoba, saya yakin waktu itu ada hanya saja keinginan dan niat yang belum ada. Misalnya nih yang suka musik (bermain alat musik), mungkin untuk usia kalian merasa tidak cocok jadi anak band. Tenang saja, ini bisa dialihkan ke dalam kegiatan lain seperti menghibur dan mengajari anak-anak panti asuhan tentang menggunakan alat musik. 

5. Ini, nih; cara ampuh yang bisa jamin kamu segar kembali

Traveling bersama pasangan pasti seruu, Bagi yang HALAL guys via http://cdn.earthporm.com

Bagi yang hobi traveling, menjelajahi dan mendatangi tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya adalah kebanggaan tersendiri. Apalagi sudah punya gaji sendiri dan status masih single? Wah, seru. Nggak ada yang ngelarang. 

Namun, kalian jangan sampai terlena dengan terus menerus jalan-jalan! Yang namanya traveling itu pasti butuh biaya. Jangan sampai kalian menghambur-hamburkan gaji, jerih payah kalian sendiri demi masa muda dan tidak memiliki tabungan di masa tua kelak! Naudzubillah.

Lebih baik disisihkan untuk menabung modal nikah dan tunjangan masa tua.

"Hidup sekali maka jangan sia-siakan dan lakukan yang terbaik." Exactly, guys. Meskipun usia masih muda, sudah bisa cari uang sendiri dan masih single, bukan berarti kalian bisa melakukan segalanya semau kalian. Itu memang hak kalian, tetapi akan lebih bijak dan dewasa jika kalian mulai bepikir ke depan. Meski kita tidak tahu usia kita sampai kapan, kalian bisa mengantisipasi hal tersebut dengan melakukan yeng terbaik di hari ini.

Jadi mulai saat ini, jangan buang waktu kalian demi kegiatan yang nggak jelas dan nggak bermanfaat. Ah, apalagi cuma buat kenang-kenang masa pahit dulu. Kita diciptakan oleh Sang Pencipta bukan untuk itu.

Tuhan tidak main-main menciptakan kehidupan ini. So, tidak ada alasan bagi kita sebagai mahluk-Nya untuk bermain-main dalam kehidupan ini.