Bagi sebagian orang, waktu ngabuburit adalah waktu krusial dan paling banyak godaan. Bagaimana tidak? Setelah beraktifitas seharian dan tenaga yang berkurang, kamu pasti mudah tersinggung bahkan ketika temanmu bermaksud bercanda. Apalagi jika ada temanmu yang tidak puasa membawa makanan, cobaanmu pasti akan semakin berat.

Jangan khawatir, ada cara-cara agar kamu tetap bisa ngabuburit dengan riang lebih-lebih bermanfaat. Pastikan juga kamu sedang dalam kondisi baik dengan temanmu ya, agar puasamu diterima dengan baik.

1. Jalan-Jalan Bareng Teman

Jalan Kaki via http://bintang.com

Kamu dan temanmu masih di kantor karena kerjaan yang menumpuk dan diharuskan lembur padahal kamu sedang puasa? Luangkan waktu kalian untuk jalan-jalan sebentar sembari berburu takjil (makanan buka puasa) di sekitar lingkungan kantor. Selain kamu bisa bercengkerama bersama teman-teman, penat juga akan hilang ketika kamu berada di ruang terbuka.

2. Berdiam Diri di Masjid

Jika kamu sudah berada di rumah dan sedang tidak ada kerjaan, lebih baik datang ke masjid beberapa waktu sebelum waktu berbuka. Duduk menghadap kiblat dan matikan segala gadget yang dimiliki. Selain bisa introspeksi diri atas segala hal yang berlalu-lalang dalam hidupmu, berdiam diri di masjid menambah amalan ibadah bulan suci Ramadhan.

3. Tidur

Advertisement

Nyenyak via http://vemale.com

Yah, ini khusus buat kamu yang ingin merasakan damainya dunia dalam beberapa waktu. Ketika bangunmu akan menjadi waktu bukamu. Tapi tentu tidur hanya bisa dilakukan pada hari-hari tertentu saja. Bahwa tidur juga termasuk amalan ibadah, tidak serta-merta membuat tidur di sore hari adalah hal yang baik. Jadi, jangan sering-sering tidur di kala ngabuburit ya.

4. Membantu Orang Tua

Hidangan Berbuka via http://static.republika.co.id

Ini mungkin yang paling susah dilakukan. Ketika kamu begitu lemas tak berdaya karena menunggu berbuka dan diminta untuk membantu orangtua menyiapkan hidangan berbuka. Tapi, ingatlah bahwa kelak kamu yang akan menyiapkan hidangan berbuka untukmu dan keluargamu. Jadi, anggaplah bahwa ngabuburit kali ini adalah pembelajaran buatmu. Dan tentang pahala, jangan ditanya deh.

5. Membaca

Baca E-book via http://pusatgratis.com

Kamu terlalu malas untuk keluar? Duduk saja dan nikmati bacaan yang kamu sukai, bisa itu buku, majalah, atau koran. Selain menambah wawasanmu, membaca juga efektif untuk melupakanmu dengan waktu karena kamu akan dibawa berkonsentrasi dengan topik yang sedang kamu baca. Tiba-tiba adzan Maghrib berkumandang dan saatnya berbuka tiba!