Memasuki bulan Ramadhan, setiap orang berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan. Ada yang dilakukan dengan sederhana, ada juga yang menggelar acara yang besar. Apapun kegiatanmu, asalkan positif pasti Allah SWT akan melipat gandakan pahala untukmu. Nah, buat kamu yang masih bingung ingin melakukan kebaikan seperti apa, 5 situs ini dapat membantumu menabung pahala di bulan Ramadhan tanpa ribet.

1. Kitabisa.com

Salah satu aksi penggalangan dana melalui kitabisa.com via http://tinypic.com

Kitabisa.com merupakan website untuk menggalang dana dan berdonasi secara online dan transparan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari program yayasan/NGO, inisiatif komunitas, gagasan mahasiswa, bantuan bencana alam, hingga patungan untuk pribadi yang membutuhkan. Program kampanye pengumpulan dana yang ada di kitabisa.com meliputi bidang penggalangan dana, donasi, zakat, dan yang terbaru ada birthday fundraising.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Kitabisa.com melakukan assesment dan verifikasi untuk setiap pengguna yang akan menggalang dana dengan meminta beberapa dokumen seperti scan KTP, connect ke social media, dan menyerahkan foto. Kitabisa juga mewajibkan setiap penggalangan dana untuk memberikan laporan penggunaan dana kepada donatur.

Jadi, untuk para donatur tidak perlu khawatir dananya tidak tersalurkan karena akan ada laporan transparan dari setiap kegiatannya. Kitabisa.com telah memfasilitasi lebih dari 1.200 campaign dan mengumpulkan lebih dari 14 Milyar Rupiah donasi. Angka tersebut selalu terupdate secara real time di halaman home Kitabisa.com.

2. Dompetdhuafa.org

Advertisement

membantu sesama di dompetdhuafa.org via http://dlcache.com

Dompetdhuafa.org merupakan website yang dibuat atas inisiasi dari 4 orang wartawan, yaitu Parni Hadi, Haidar Bagir, S. Sinansari Ecip dan Eri Sudewo. Bermula dari seringnya berinteraksi dengan masyarakat miskin dan masyarakat kaya, keempat wartawan tersebut membentuk manajemen galang kebersamaan dengan siapapun yang peduli dengan nasib kaum dhuafa. Maka terbentuklah dompetdhuafa.org.

Sebagai lembaga non profit yang memiliki tujuan mulia untuk memperbaiki masalah kesehatan, pendidikan, ekonomi dan pengembangan sosial masyarakat di Indonesia, dompetdhuafa.org mengumpulkan dana melaui ZISWAF (Zakat, Infaq, Sodaqoh, Wakad, Amal, serta dana lainnya yang halal dan legal) dari perorangan, kelompok maupun perusahaan / lembaga.

Pembayaran dapat dilakukan melalui fitur yang sudah tersedia di website Dompetdhuafa.org agar memudahkan masyarakat dalam berbuat kebaikan melalui donasi di dompetdhuafa.org kapanpun di manapun.

3. act.id

Donasi kemanusiaan aksi cepat tanggap via https://twimg.com

ACT.ID atau Aksi Cepat Tanggap Indonesia merupakan website penggalangan dana khusus untuk aksi kemanusiaan. ACT.ID membantu masyarakat untuk berdonasi memberikan bantuan kepada korban bencana alam, bencana sosial maupun bencana kemanusiaan dalam skala lokal, nasional, regional, maupun global.

Berawal dari tragedi kemanusiaan di berbagai negara seperti bencana alam, kelaparan dan kekeringan, konflik dan peperangan, termasuk penindasan terhadap kelompok minoritas berbagai negara, kini jangkauan aktifitas program ACT.ID sudah meliputi 22 negara meliputi Asia.

Hingga November 2015, jumlah donatur di ACT mencapai 89.000 lebih dan telah diterima oleh lebih dari 20.000.000 orang yang mendapatkan manfaat dari bantuan donasi tersebut. Sebagai bentuk transparansi dana yang telah terkumpul, ACT.ID selalu memberikan laporan audit keuangan yang selalu dipublish setiap tahunnya.

4. rumahzakat.org

menolong itu menyenangkan di rumah zakat via http://slidesharecdn.com

Rumahzakat.org merupakan website yang dibuat dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran zakat secara online. Website rumahzakat.org menyediakan fitur kalkulator zakat di mana kita dapat menghitung kewajiban zakat yang harus kita bayarakan. Kita harus mengisi data secara jujur agar hasil kalkulasinya benar dan akurat.

Untuk memudahkan kita melakukan pembayaran zakat kapanpun dan di manapun, Rumah Zakat menyediakan fasilitas Infaq Card (I-Card), Rekening Donasi Nasional, sharinghappiness.org, Host to Host ATM Mandiri, Host to Host ATM Bersama, Sahabat Infaq, Payment Channel RZ juga melalui Shopping charity.

Melanjutkan program Senyum Indonesia pada tahun 2011, rumahzakat.org melanjukan program BIG Smile Indonesia pada tahun 2012. Melalui BIG Smile, rumahzakat.org ingin berkontribusi dalam Millenium Development Goals (MDG’s) di Indonesia. Untuk itu, rumahzakat.org memiliki 4 program unggulan, yaitu Senyum juara (aspek edukasi), senyum sehat (aspek kesehatan masyarakat), senyum mandiri (aspek ekonomi), dan senyum lestari (aspek lingkungan).

5. quranindonesiaproject.com

mendengarkan al quran bisa lebih mudah di quranprojectindonesia.com via http://anginsegar.com

quranindonesiaproject.com merupakan website untuk memudahkan akses masyarakat terhadap Qur'an & terjemahannya melalui teknologi modern yang dekat dengan keseharian mobilitas generasi produktif yang dinamis.

Qur’an Indonesia Project adalah Inisiatif anak muda untuk berbagi nilai Al-Qur’an melalui rekaman audio berisi bacaan ayat dalam bahasa Arab, Indonesia & Inggris yang dapat diunduh gratis. Qur’an Indonesia Project mengajak masyarakat di seluruh nusantara untuk merekam & mengirimkan bacaan ayat suci dalam bahasa Arab, Indonesia & Inggris untuk menghidupkan misi membawa nilai Qur’an menembus jarak & waktu.

Qur'an Indonesia Project telah mendapat dukungan dari 157 kontributor dari berbagai kalangan termasuk artis yang membacakan ayat Qur'an dalam tiga bahasa. Kalau kamu cukup PD dengan kemampuan membaca Quranmu, ga cuma bisa mendengarkan lantunan ayat suci Qur'an, kamu juga dapat berpartisipasi dalam melengkapi surat atau ayat yang belum dibacakan dengan mengirimkan rekaman audio kamu sendiri dengan cara memilih dan merekam ayat yang ada di wesbite dalam bahasa Arab, Indonesia dan Inggris, tentunya dengan pelafalan dan tajwid yang benar.

Setelah itu rekamanmu dikirim ke pihak Quran Indonesia Project via email. Kalau rekamanmu bagus dan memiliki kualitas yang baik, rekamanmu akan diunggah ke website quranindonesiaproject.com.