Bacalah, dan jika ingin mencaci..cacilah..karena apa yang kalian hadapi hari ini, juga dihadapi oleh beribu anak diluar sana dengan situasi yang sama. 

 

1. Tanpa kalian sadari, mereka lah yang memotivasi mu

sendiri bukan berarti tidak ada motivasi

sendiri bukan berarti tidak ada motivasi via https://www.google.co.id

Situasi akan semakin mendesak mu, kalian akan terus berjuang menghadapi sisa-sisa getir nya hidup tanpa orang tua disisi kalian, tapi sadarlah.. secara tidak langsung, kalian masih bernafas karena motivasi hidup kalian yang terus mendorong mu untuk tetap bisa menjalani beban terberat mu. Situasi yang sangat menjadikan beban terberat dalam hidupmu seharusnya dapat memotivasi mu menjadi lebih baik lagi walaupun tanpa mereka disisimu

2. Buktikan jika kalian bisa, mandiri dan berdedikasi

mandiri adalah kebanggaan

mandiri adalah kebanggaan via http://google.co.id

Jika kalian hanya menyerah pada hidup kamu yang membebani mu selama ini, kamu akan ditertawakan kehidupan,belajarlah menertawakan kehidupan. Menertawakan kehidupan yang berarti kalian bisa melewati masa – masa itu hingga kalian mendapatkan apa yang kalian impikan, bukan menyerah pada sesuatu yang menyenangkan dalam jangka pendek dan disuatu hari kamu hanya dapat meratapi lebih dalam. Berfikirlah secara lebih jernih apa yang kalian lakukan hari ini adalah cerminan dari masa depan kalian. Jika kamu menyerah pada kerasnya hidup dan melakukan sesuatu yang membuat kalian menangis pada akhirnya kalian akan semakin berada diposisi yang sulit. 

3. Jangan hanya menyalahkan keadaan

jangan pernah menyerah

jangan pernah menyerah via https://www.google.co.id

Keadaan tidak pernah bersalah, jika kita tidak mencari seribu alasan untuk menyalahkan mereka. Karena orang tua yang meninggalkan kamu dan menjadi beban dalam hidup mu kamu harus bisa mengatasi keadaan mu untuk tetap berfikir jernih karena jika tidak, suatu hari nanti kalian akan menghadapi beban berat untuk kedua kalinya.. so.. apa kamu mau menghadapi beban bertubi-tubi dalam hidupmu karena keadaan orang tua kalian yang seperti itu? Tidakkah kalian berpikir bahwa kalian bisa mengatasi dan berjuang agar lebih baik lagi?

4. Balaslah kebencian itu dengan kebaikanmu

buatlah kesan untuk mereka yang sedang dalam kebencian

buatlah kesan untuk mereka yang sedang dalam kebencian via https://www.google.co.id

Dalam keluarga broken home hanya ada satu kata yakni kebencian. Tetapi dibalik kebencian itu, sisakanlah sedikit kebahagiaan di hati mereka, baik ayah ataupun ibu karena dengan begitu kamu tidak akan menyesal pada akhirnya.

5. Tuhan akan menjawab.. pada akhirnya kalian akan bisa tersenyum

langitpun akan tersenyum

langitpun akan tersenyum via https://www.google.co.id

Percayalah kepada Tuhan bahwa Ia akan menolong dan memberikan kebahagiaan dan akhir cerita dalam getirnya hidup kalian karena berada dalam situasi ‘’Broken Home’’ Kamu harus tahu bahwa Tuhan memerlukan waktu yang sangat panjang dan proses yang tidak seingkat, itu karena Tuhan ingin kamu mengerti tentang pelajaran hidup. Mengerti bahwa kalian harus lebih sedikit bersabar. Tunggulah, kalian akan menemui kebahagiaan itu.

6. Ketika Ayah mu telah lama pergi, kalian hanya bisa mendekap foto nya

ikhlaskan dan cobalah tersenyum

ikhlaskan dan cobalah tersenyum via http://google.co.id

Tidak ada yang pernah tahu bagaimana takdir kehidupan Tuhan yang diberikan umat nya. Tidak peduli seberapa berat perjuangan dari ayah kalian, kalian tidak pernah benar-benar mengetahui masa – masa sulitnya. Jika kalian hanya bisa menyalahkan nya ketika beliau masih ada, kalian akan merasa sangat kehilangan ketika ia telah benar-benar pergi dari hidup anda untuk selamanya. Walaupun tidak pernah kalian berada dekat dengannya, kalian akan tetap terus mengingat memori kecil dan singkat yang pernah kalian lakukan bersama nya. Jika kamu berpikir bahwa kamu adalah anak yang berada dalam masa sulit karena orang tua kalian, ingatlah sisi sisi kalian dimana kalian juga harus mengerti mereka, keadaan mereka dan jangan pernah menyerah pada keras nya hidup. Jika ayah mu pernah meninggalkan mu sendiri, ingat..dialah suatu saat yang kamu rindukan, ingatlah sedikit kebaikannya hingga sekarang melihat bagaimana kamu sekarang masih dapat berdiri menggeluti kerasnya kehidupan.

 

Untuk kalian yang hanya semu mengahadapi hidup, kalian pasti suatu hari akan tahu bagaimana kerasnya itu dan berjuang untuk membutikan bahwa kalian tidak semudah itu untuk menyerah