You Only Live Once  memang sering banget dijadikan tameng bagi kita, para generasi muda, untuk bersuka ria dan sedikit melupakan keresahan akan masa depan. So did I. Rasanya, setiap detik dan menit yang berlalu di dunia perkuliahan itu nggak boleh disia-siakan. Main sama banyak teman, jalan-jalan, nongkrong sampai malam walau nggak jelas faedahnya apa, pokoknya bersenang-senang. 

Tapi tahukah kamu, perjuangan nggak hanya saat kita lagi bekerja keras demi tugas akhir tercinta doang? Kehidupan yang sesungguhnya justru dimulai setelah kamu dinyatakan lulus dan bersumpah di dekanat. Are you ready? 

Lakukan 5 hal di bawah ini supaya kamu bisa jawab YA dengan mantap:

1. Pilih Teman Sepergaulan dengan Tepat

Filter teman via http://www.stepbystep.com

Nggak berarti pilih-pilih teman, ya. Kamu bisa berteman dengan siapapun, tapi kamu juga harus membaginya jadi beberapa circle: Mereka yang bisa diajak senang-senang tanpa memikirkan apapun adalah orang yang bisa kamu hubungi saat lagi jenuh banget. Mereka yang bisa diajak diskusi serius adalah mereka yang kelak bakal jadi cikal bakal jejaring profesional kamu. Dan mereka yang tahu kamu luar dalam.

2. Jangan Gengsi Buat Bergaul Sama Civitas Akademik

Dekati dosen via http://il3.picdn.net

Pergi ke dekanat atau rektorat mungkin jadi hal yang anti banget buat kita sebelumnya. Kalau nggak buat nanya jadwal semester ini, buat minta surat keterangan mahasiswa, atau bimbingan, rasanya malas banget memijakkan kaki di sini. But the thing is, kadang justru dari para civitas akademik lah kita dapat pintu-pintu nggak terduga. Mulai dari proyek sampingan, info beasiswa, tempat magang oke, bahkan dapat bantuan pas kita kesusahan mengerjakan skripsi!

3. Ikut Kegiatan Unit Kampus

Advertisement

Daftar unit kegiatan dari sekarang via https://www.insidehighered.com

Nah, ini salah satu yang bisa jadi senjata kamu! Tahu nggak sih, dengan ikut kegiatan kampus, ada banyak benefit yang bisa kamu dapat? Pertama, kamu bisa kenalan sama anak-anak dari fakultas lain. Kedua, kamu bisa melampiaskan kejenuhan kuliah kamu di sini. Ketiga, kamu bisa mengeksplorasi diri kamu yang lain. Misalnya, kamu kuliah ambil jurusan hukum, kamu bisa coba buat masuk unit radio kampus kamu. This also could be your backup plan, lho! Ketika tiba-tiba kamu nggak 'laku' di dunia kerja dengan studi kamu, kamu bisa banting stir ke bidang unit kampus kamu, jadi penyiar radio misalnya.

4. Bergabung dengan Kegiatan Volunteering

Selain dapat pengalaman, juga dapat pahala via https://studyinthestates.dhs.gov

Ikut komunitas sukarela juga bisa jadi senjata ampuh kamu, lho! Kenapa? Karena kalau kamu mengincar posisi di perusahaan multinasional, rata-rata mereka mencantumkan kegiatan volunteer sebagai salah satu syaratnya. So, mulailah cari-cari komunitas sukarela yang sesuai sama kesukaan kamu. Suka sama binatang? Kamu bisa gabung pecinta satwa. Suka menolong orang? Kamu bisa ikut komunitas donor darah atau kesehatan.

5. Last but not least: MAGANG

Siapa tahu bisa ketemu jodoh juga via http://www.kcl.ac.uk

Di beberapa kampus, magang nggak diharuskan sebagai bagian dari syarat kelulusan. Ini berarti kamu yang harus inisiatif untuk cari-cari lowongan magang sesuai jurusan kamu. Waktu libur akhir semester genap yang biasanya sampai berbulan-bulan itu bisa kamu isi sama internship. Manfaatnya? Jangan tanya lagi. Put it into your cv and company will consider you. Sudah pasti.