Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Bulan ini akan lebih menyenangkan apabila bertepatan dengan liburan. Bagi kamu yang lebih senang berada di rumah, kebingungan pasti pernah atau sering dialami. Kebingungan tersebut adalah bingung harus melakukan apa karena saking bosennya melakukan hal yang itu-itu saja. Sementara kalau ke luar rumah, kamu akan merasa malas karena panas, enggan menyetrika baju dan berbagai sebab lainnya. Semua orang ingin agar Ramadhan-nya terisi dengan kegiatan yang lebih bermanfaat dan tidak menimbulkan kerugian bagi diri sendiri atau orang-orang sekitar. Bagi kamu anak rumahan, ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan supaya bulan Ramadhan termanfaatkan dengan baik. Apa saja kegiatan itu? Yuk, simak!

1. Membaca Al-Qur’an

Yup! Membaca Al-Qur'an adalah kegiatan sangat positif. Selain mendatangkan pahala, kamu juga akan lebih fasih dalam membacanya. Ketika kamu membaca Al-Qur'an, maka perasaanmu akan lebih tenang dan tenteram sehingga kamu dapat terhindar dari perbuatan tercela. Jangan lupa membaca terjemahan dan tafsirnya juga yaa, supaya pengetahuan bertambah luas dan lebih mudah dalam mengamalkannya.

2. Memasak

Masak boleh, ngicipnya jangan. Kan puasa. via Https://www.epicurious.com

Yuhu! Bagi kamu yang belum mahir, kamu bisa belajar memasak untuk menu berbuka puasa. Bisa meminta kepada orang lain seperti ibu, kakak, nenek atau tantemu untuk mengajari atau bisa juga kamu belajar dengan otodidak. Banyak majalah, koran atau situs-situs di internet yang memuat panduan memasak. Selain itu bagi kamu yang memang sudah pandai memasak, bisa mencoba untuk memasak menu-menu baru yang belum pernah kamu buat sebelumnya. Itu akan lebih mengasyikkan. Tapi jangan lupa yaa, masakannya jangan dulu dicicipi kalau kamu masih puasa.

3. Menonton

Advertisement

Yuk pantengin tontonan yang jadi tuntunan! via http://www.time.com

Ini dia! Menonton merupakan hal yang tidak kalah mengasyikkannya dengan memasak. Dengan menonton, kamu dapat mengaktifkan kedua otakmu secara sekaligus. Gambar yang dilihat akan mengaktifkan kinerja otak kananmu sedangkan tulisan yang kamu baca akan mengaktifkan kinerja otak kirimu. Jangan lupa cari tontonan yang bisa jadi tuntunan bagi kehidupan ya! Banyak kok contohnya, misal ceramah atau siraman rohani, berita yang aktual dan faktual, acara edukasi, talkshow motivasi dan masih banyak lagi acara-acara bermanfaat di berbagai stasiun televisi di Indonesia. Selain menonton tv, kamu juga bisa menonton film-film atau video-video yang memotivasi, menambah wawasan, mengasyikkan dan tentunya membuatmu tetap bersemangat menjalani ibadah puasa.

4. Membaca Buku

Yang dibanyakinnya baca buku yaa, bukan baca kesalahan orang lain. via http://mandarincompanion.com

Membaca adalah salah satu cara agar kamu tahu dunia. Isi bacaan pada buku akan memberikanmu banyak informasi dan pengetahuan baru yang mungkin saja belum didapatkan. Jika kamu membaca apa yang kamu suka, waktu yang berlalu tidak akan terasa lama. Tiba-tiba maghrib lagi, padahal serasa baru membaca dua-tiga halaman saja. Banyak membaca juga akan membuatmu pandai akan sesuatu. Misalnya kamu membaca buku motivasi tentang managemen waktu, maka setelah buku tersebut selesai dibaca kamu akan lebih pandai pula dalam mengatur waktu yang kamu punya agar lebih efektif dan efisien. Buku-buku yang dibaca usahakan yang mengandung nilai-nilai positif seperti buku motivasi, buku pelajaran, novel berlatar sejarah, biografi, cerita rakyat, ensiklopedia dan buku-buku lainnya.

5. Membereskan Rumah

Bersihin rumah, bersihin hati dan bersihin pikiran, yuk! via http://www.family.fimela.com

Membereskan rumah adalah hal yang memang melelahkan. Namun kamu pasti tidak tahan berada di tempat yang berantakan, kan? Kadang kala karena kesibukanmu di luar rumah entah itu bekerja, kuliah atau kegiatan sosial, kamu tidak sempat untuk membereskan rumah (terutama kamar). Hal ini menyebabkan kamu lupa meletakkan barang-barang tertentu yang berukuran kecil tetapi paling dibutuhkan seperti flashdisk, modem atau barang lainnya. Pasti merasa kesal, kan dengan keadaan demikian? Makanya mumpung ada waktu, yuk bersihkan rumah dan kamar!

6. Berkarya

Yang dibanyakinnya berkarya, bukan bergaya. via http://www.setagsablon.hol.es

Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama.

Nah! Nama yang ditinggalkan oleh manusia akan dapat dikenal oleh orang lain selain karena jasanya, juga karena karyanya. Selagi kamu mampu dan punya waktu, berkaryalah! Bulan yang suci ini akan lebih bermanfaat kalau kamu gunakan dengan hal-hal positif seperti berkarya. Misalnya kamu hobi melukis, maka di rumah kamu bisa mencoba melukis hal-hal imajinatif dan inspiratif sehingga hobimu dapat tersalurkan melalui jalan yang tepat. Selain itu, bakatmu juga akan lebih terasah dengan berkarya. Hal ini akan membuatmu menjadi orang yang lebih bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

7. Mencoba Hal Baru

Mencoba dalam hal kebaikan, mencoba lampaui diri sendiri. via http://www.allanddharmawan.deviantart.com

Manusia bersifat dinamis. Selalu ada perubahan atau perkembangan dalam dirinya seiring dengan berkembangnya zaman dan lingkungan di sekitar. Karena rasa penasarannya, manusia kerap ingin mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukannya. Untuk mengisi waktu senggangmu di bulan Ramadhan ini, tidak ada salahnya kamu mencoba hal-hal baru yang positif. Misalnya kamu belum pernah membuat desain kartu undangan, maka dengan segala kemampuanmu cobalah membuatnya sesuai selera. Ketika kamu bisa dan berhasil mendesainnya, itu akan menguntungkanmu, lho! Kamu jadi tidak perlu menyewa jasa designer lagi untuk mendesain undangan pernikahanmu. Betul, tidak?

8. Browsing

Browsing boleh, yang tidak boleh adalah menuhankan internet. via http://www.yourinnerjoy.com

Yup! Browsing bukan lagi hal yang asing bagimu. Setiap minggu bahkan setiap hari kegiatanmu ada yang melibatkan browsing. Entah itu untuk kepentingan bisnis, tugas sekolah/kuliah, hobi atau kepentingan-kepentingan lainnya. Segala kemudahan yang ditawarkan kepadamu dapat membuat hidupmu terasa lebih praktis dan nyaman. Butuh resep makanan Spanyol, tinggal klik! Butuh sejarah peradaban bangsa mesir kuno, tinggal klik! Bahkan butuh jodoh pun ada yang tinggal klik! Namun yang di klik hendaknya yang bermanfaat bagi kehidupanmu dunia-akhirat ya. Harus pintar memilah-milih mana yang patut untuk kamu klik dan mana yang tidak patut. Selain itu ketika browsing kamu harus punya tujuan, agar tidak berlarut-larut sampai melalaikan beribadah.

Gimana? Masih bingung Ramadhan di rumah mau ngapain?