Tahukah kamu bahwa Indonesia merupakan negara penghasil kopi nomor tiga di dunia setelah Brazil dan Kolombia. Jangan terkejut jika kopi dari Indonesia dikenal oleh masyarakat global sebagai kopi yang terenak untuk diminum. Di Indonesia sendiri, banyak jenis kopi yang kita kenal dan delapan di antaranya adalah di bawah ini. Yuk cicipi satu-satu!

 

1. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani

Kopi Kintamani via http://nutscoffee.com

Kopi Kintamani berasal dari Bali ini juga dikenal di dunia dan lumrah ditemui di berbagai café-café terkenal di Jakarta. Kopi ini memiliki cita rasa manis.

2. Kopi Arang

Kopi Arang dihasilkan dari Jember, salah stau kabupaten penghasil kopi di Jawa Timur selain Malang. Kopi ini diolah secara unik yakni digosongkan sehingga menciptakan sensasi aroma pedas yang khas.

3. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang via http://1.bp.blogspot.com

Kopi ini merupakan khasnya kopi Sumatera, maka tidak heran kopi ini juga dikenal sebagai Kopi Sumatera. Sesuai brandnya, kopi ini berasal dari kecamatan Sidikalang di Sumatera Utara dan terkenal menghasilkan kopi yang berkualitas tinggi.

4. Kopi Gayo

Seperti namanya, kopi ini memang berasal dari Aceh dan banyak dibudidayakan di tiga kabupaten seperti Aceh Tengah, Bener Meuriah, dan Gayo Luwes. Kopi berjenis kopi Arabica Gayo ini memiliki kualitas premium dan diminati masyarakat dunia seperti Eropa, Amerika Serikat, dan Negara-negara Asia lainnya.

5. Kopi Toraja

Kopi ini sudah mendunia lebih dulu sebelum daftar kopi di atas. Kopi ini yang punya dua jenis yakni Kopi Toraja Arabika dan Toraja Robusta, berasal dari Toraja, Sulawesi Selatan. Kopi ini memiliki cita rasa istimewa yakni kombinasi rasa tanah dari kopi tersebut.

6. Kopi Liwa

Kopi ini juga masuk sebagai kategori kopi yang diminati oleh dunia. Sebagai salah satu jenis kopi luwak, kopi ini memiliki dua aroma yakni gingseng dan pinang.

7. Kopi Flores

Kopi yang berbiji besar dengan cita coklat dan asam yang tinggi ini banyak dipasarkan di Amerika. Kopi ini berasal dari Ngada, Nusa Tenggara Timur.

8. Kopi Wamena

Satu lagi kopi unggulan Indonesia yang tidak kalah gresnya. Kopi yang berasal dari lembah Jayawijaya, Wamena ini tumbuh secara organik dan memiliki kualitas kopi yang bermutu tinggi.