Kaum hawa mana nih yang nggak peduli sama penampilan mereka? Hayoo ngaku. Seenggak pedulinya kalian dengan urusan penampilan, tapi hampir sebulan sekali pasti ke salon 'kan? Ngelihat model-model baju terbaru bahkan sampai membelinya juga pasti 'kan?

Yup, thats a girl!

Tapi, ada beberapa outfit atau item wajib yang haruskamu punya nih. Setidaknya akan menyelamatkanmu di acara-acara tertentu bahkan di kondisi mendadak, dimana kalian nggak tahu mau pake baju apa atau ngerasa gka ada baju baru yang layak buat dipakai. Apa aja? So, check this out!

1. Selalu siap sedia blazer di lemari bajumu. Pilihlah blazer-blazer dengan warna yang netral.

Blazer Outfit ala Taylor Swift. via http://cdn02.cdn.justjaredjr.com

Buang pemikiran kalau blazer cuma buat orang yang kerja kantoran. Lihat betapa kerennya Taylor Swift menggunakan blazer untuk pakaian sehari-hari nya? Yap, kamu juga bisa kok.

Lebih baik pilihlah blazer dengan warna yang netral dan gelap seperti hitam dan navy blue, agar permainan outfit kalian dapat lebih banyak di bagian warna tanktop atau kaos. Jika tidak suka warna gelap, pilih blazer polos dengan warna netral atau warna dasar.

Kenapa harus blazer polos? Sometimes, warna gelap dan polos bisa bikin tubuh yang tertutupi terlihat lebih ramping loh. Wow, seneng nggak? Blazer dengan motif terkadang kurang cocok karena akan terlihat sangat ramai. Jika memang ingin motif, piilihlah motif dasar saja seperti garis atau kotak.

2. Karena tak semua acara itu non formal, sediakan setidaknya 1 celana berbahan kain.

Advertisement

Black Cullote Pants. via http://picture-cdn.wheretoget.it

Nggak selamanya acara yang harus kita datangi adalah acara yang bersifat nyantai alias yang sama temen temen doang. Ada kalanya kita harus prepare untuk acara-acara resmi. Tapi kalau nggak mau terlihat resmi banget, celana kain jawabannya!

Karena outfit ini lagi nge-trend, maka cullote pants bisa jadi pilihannya loh. Kalau outfit yang satu ini sih disaranin warna hitam ya guys, karena kalian gak akan kerepotan untuk memikirkan atasan atau aksesoris tambahannya. Bagi penyuka heels, bisa dipadupadankan dengan heels yang warnanya kontras dengan atasan dan bawahan nya guys!

3. Statement necklace juga penting, karena bisa membantu outfit polosmu menjadi bersinar.

Statement Necklace via http://youqueen.com

Statement necklace ini pilihan mudah kalau kita ngerasa penampilan kita masih biasa aja atau masih terkesan polos. Pilih ornamen dan warna kalung yang sederhana saja ya, agar nantinya tidak menjadi terkesan berlebih dan bertumpuk-tumpuk.

Pilih warna yang dapat digunakan di berbagai waktu namun tidak usah terlalu berkilau ya guys, biar gak terlihat heboh. Bermain saja di pilihan warna sudah cukup kok

4. Black Dress adalah outfit wajib punya. Mini, semi or long? It’s Great!

Kalau ini sih memang wajib, kudu, dan harus punya. Karena black dress ini bener bener bisa kamu padupadanin sama apapun loh. Mau sama cardigan? Oke. Dengan scarf? Keren juga.

Pilih model yang emang kamu banget. Kalau memang lebih pede dengan long black dress, ya pilihlah itu, jangan memaksa menggunakan little black dress kalau ternyata kita nggak pede dengan tubuh bagian bawah kita.

Black dress juga tentunya macem macem design nya. Kalian bisa tentukan mana yang sesuai dengan selera kalian nih. Jangan maksa dan hanya mengikuti teman atau tren yah kalau ternyata ga sesuai sama selera kamu

5. Plain Scarf is a Must, Guys! Karena ini bisa menyula outfitmu yang biasa saja jadi terlihat lebih menarik.

Black Plain Scarf via http://www.crochetnknit.com

Ini nih outfit tambahan yang wajib ada di lemari kamu. Outfit ini berguna untuk mempercantik dan menambah outfit kamu yang awalnya terkesan plain dan sederhana. Untuk yang memiliki leher agak panjang bisa menggunakan round scarf seperti foto diatas.

Tapi kalau ngerasa leher kamu nggak terlalu panjang ada baiknya menggunakan pashmina aja. Pashmina juga bisa menutupi bagian tubuh kamu yang ternyata kamu menggunakan pakaian yang terlalu ketat.

Bahan scarf juga macem-macem, lebih baik sesuaikan dengan cuaca yang mendominasi dan acara apa yang lebih banyak kamu datangi yah.

6. Nggak suka scarf yang polos? Tenang aja, pakai yang motif juga oke kok!

Pattern Scarf ala Connie Tang via http://2.bp.blogspot.com

Nggak suka plain scarf karena biasa aja? Alternatifnya ya pattern scarf dong. Motif yang beragam dengan paduan yang beragam juga pasti bakalan bikin kamu pusing dengan scarf mana yang bakal kamu pilih.

Untuk netralnya, pilih motif yang tidak terlalu ramai. Lalu lihat perpaduan warnanya, kalau memang scraf memiliki perpaduan warna lebih dari dua maka outfit yang kamu gunakan sebisa mungkin netral dan polos. Tapi kalo scarf-nya terdiri dari satu atau dua warna, kesempatan buat mix and match outfit lebih banyak guys!

7. Cardigan adalah pilihan cerdas untuk outer yang semi formal tapi tetap terlihat kece!

Oversized Chunky Cardigan via http://aelida.com

The other choice besides blazer! Terkadang persepsi orang menganggap blazer sebagai pakaian yang formal masih susah untuk hilang. Alternatif lainnya adalah the other outer atau cardigan.

Cardigan pun macam-macam. Awalnya mungkin hanya outer biasa berbahan rajut dengan pilihan warna yang banyak. Namun sekarang ada juga oversized cardigan, long cardigan, cardigan fringe atau kimono outer.

Buat kamu yang berbadan sedikit besar (seperti saya), kimono outer menjadi pilihan yang bagus loh. Tapi buat yang merasa tubuh bagian bawah yang lebih besar, oversized atau long cardigan bisa jadi pilihan tepat.

8. Tak peduli badanmu ramping atau tidak, gunakan sling belt agar penampilanmu semakin berwarna dan lebih keren.

Golden Belt via http://3.bp.blogspot.com

Sling belt menyelamatkan kamu dari outfit yang membosankan loh! Bahkan ketika kamu menggunakan pakaian yang kebesaran, kamu bisa membuat menawan hanya dengan satu outfit ini saja. Keren 'kan? Yap, mau yang berbadan ramping atau yang sedikit lebih besar semuanya akan terlihat keren-keren aja dengan menggunakan belt.

Hanya saja kita harus pintar memilih lebar dari belt itu yah. Kalau memang merasa pinggang kamu kecil, lebih baik menggunakan belt dengan jenis braid sling belt agar sedikit terlihat lekukan nya.

9. Stripe Shirt! Si garis-garis yang bisa menyelamatkanmu dari penampilan yang membosankan.

Stripe shirt ini bener bener outfit sederhana tapi bisa bikin penampilan kamu luar biasa loh! Mau di match sama apa? Celana kain, short pants, skirt, jumpsuit? Apa aja jadi loh! Bahkan kamu keluar dengan stripe shirt, jeans dengan tambahan scarf udah bikin penampilan kamu rebel dan keren banget lah!

Buat yang badannya tergolong ramping, boleh tuh pilih stripe shirt dengan ukuran garis yang lebih besar supaya membuat badan kamu sebagai pusat perhatian nya. Kalau yang bertubuh sedikit oversized, stripe shirt-nya disarankan agak lebih kecil ya supaya badan terlihat ramping.

10. Sebagai orang Indonesia asli, kamu wajib punya batik!

Batik Amarilis Diva Dress via https://www.pinterest.com

This is the last and the must outfit for Indonesian! Ngaku orang Indonesia tapi nggak punya outfit batik di lemari? Waduh perlu segera cari nih. Batik sekarang nggak cuma buat acara formal aja, namun untuk outfit sehari-hari pun juga keren loh tergantung kita mau pakai batik dalam bentuk apa.

Biar nggak terlalu formal juga, buat satu pakaian yang mengkombinasikan batik dengan jenis atau warna kain yang lain agar terlihat lebih menarik.

Jadi, outfit mana yang sudah dan kamu belum punya? Make it list ya, guys! 🙂