Menikah memang momen yang sangat membahagiakan bagi setiap orang. Bagaimana tidak, menikah merupakan momen dimana diresmikannya sebuah hubungan antara laki-laki dan perempuan dalam ikatan yang sah. Bagi mereka para kaum muda yang usianya sudah matang untuk menikah, pasti sangat mengidam-idamkan momen ini. Mereka sering berkhayal mengenai konsep pernikahan mereka kelak. Kalau sudah begini, harapan untuk segera menikah jadi semakin besar. Terlebih lagi, kalau dapat kabar bahwa ada teman yang akan segera menikah, hmmm... bikin baper.

 Tapi sebenernya, daripada baper mendingan bantuin dia untuk persiapin pernikahannya. Bantuan apa saja itu? Berikut ini jawabannya.

1. Untuk yang pertama, kamu bisa bantu siapkan mental temanmu menjelang momen bahagianya ini

Berikan dia saran agar mentalnya siap via http://ciricara.com

Persiapkan mental temanmu untuk menghadapi momen pernikahannya. Yakinkan dia, bahwa semua akan baik-baik saja. Berikan dia pengertian bahwa ini adalah momen yang besar dan penting, jadi jangan dihadapi dengan pikiran negatif, dan jangan sampai stres. Beritahu dia agar menghadapinya dengan rileks dan percaya bahwa Tuhan akan mempermudah niat baik umatnya.

2. Lalu, bantu dia untuk mengumpulkan nama-nama teman kalian untuk diundang di acara pernikahan tersebut.

Kumpulkan nama-nama teman kalian yang akan diundang via http://info-bogor.com

Pernikahan yang membahagiakan ini, temanmu pasti ingin membaginya bersama teman-tema kalian. Kamu sebagai temannya, bisa membantu dengan cara mengumpulkan nama-nama teman kalian yang akan diundang di acara pernikahan tersebut. Dengan begini, temanmu merasa terbantu karena semakin mudah untuk mengumpulkan teman-temannya.

3. Kamu bisa memberikan dia saran tentang konsep pernikahannya.

Advertisement

Sarankan tentang konsep pernikahannya via http://tradisipernikahan.com

Memang ini bukan acara pernikahanmu, tapi kamu sebagai temannya tidak ada salahnya kan untuk memberikan saran mengenai konsep pernikahannya? Kamu bisa memberikan saran kepada temanmu supaya bisa jadi bahan pertimbangan untuk dia.

4. Kamu juga bisa memberikan saran tentang baju pengantinnya.

Saran baju pernikahan juga tidak ada salahnya via http://tipspersiapanmajlisperkahwinan.blogspot.com

Selain saran tentang konsep pernikahnnya, kamu juga bisa memberikan saran tentang baju pengantinnya. Temanmu pasti merasa kebingungan untuk menentukan baju pengantinnya supaya cocok dengan konsep pernikahannya. Temanmu pasti merasa senang kalau kamu ikut memberikan saran untuknya.

5. Saranmu tentang make up juga berguna untuk temanmu

Saran untuk make up juga boleh via http://kemonbaca.blogspot.com

Di hari pernikahan, setiap pengantin pasti ingin terlihat paling cantik. Kalau diatas sudah menentukan baju pengantin, saatnya memadukannya dengan make up. Kamu sebagai temannya, tidak ada salahnya kok kalau ikut memberikan saran tentang make up yang cocok untuk temanmu. Berikan saran make up yang cocok untuk bentuk wajah temanmu. Dan juga yang paling penting serasi dengan baju pengantinnya.

6. Saran mengenai souvenir ini juga penting, bahkan kamu bisa ikut menemani dia dalam belanja souvenir.

Saran untuk souvenir boleh kok via http://www.menikahsudahdekat.com

Souvenir memang hal yang tidak bisa lepas dari acaranya pernikahan. Karena souvenir adalah hal yang penting, maka kamu bisa ikut dengan temanmu untuk belanja souvenir sekaligus memberikan saran untuk dia.

7. Lidahmu juga bisa ikut memberikan saran dalam menu makanan di acara pernikahan temanmu.

Ikut mencicipi makanan juga sangat membantu via http://soorah3.rssing.com

Masalah makanan ini nggak boleh asal-asalan dalam memilih. Supaya para tamu undangan semakin senang, pastilah menyuguhi makanan yang enak. Lidah dan selera orang berbeda-beda, oleh karena itu lidahmu juga bisa membantu temanmu dalam mencicipi makanan yang cocok dan enak dalam acara pernikahannya. Nah, bisa untuk bahan pertimbangan temanmu juga.

8. Masalah kesehatan calon pengantin itu sangat penting, ingatkan temanmu untuk menjaga kesehatannya agar tetap fit hingga hari pernikahannya tiba.

Ingatkan dia untuk selalu menjaga kesehatannya via http://cianjurindonesia.com

Kesehatan tentu penting bagi setiap orang, termasuk temanmu yang akan menikah. Ingatkan dia untuk selalu makan dan konsumsi vitamin supaya tetap sehat hingga hari pernikahannya tiba.

9. Beberapa hari menjelang hari pernikahan tiba, kamu bisa menemani temanmu untuk memanjakan dirinya.

Temani dia memanjakan dirinya via http://www.merdeka.com

Untuk membuat temanmu tampil cantik dalam hari pernikahannya, kamu bisa menemani temanmu untuk memanjakan tubuhnya. Kamu bisa menemani dia pergi ke salon untuk pijat, lulur dan juga facial.

10. H-1 acaranya tiba, kamu bisa menghias kamar pengantin untuk temanmu.

Hias kamar pengantin temanmu supaya lebih romantis via http://www.delmonstro.com

Kamar pengantin? Mungkin bisa dibilang privasi kalau kamu masuk ke dalamnya. Tapi maksudnya bukan untuk mengganggu, hanya sekedar menghias. Kamu bisa menghias kamar pengantin temanmu supaya malam-malam temanmu semakin romantis. Gak ada salahnya kan kamu ikut menghias kamar untuk mereka?

11. Saat hari pernikahannya tiba, kamu bisa ikut andil menjadi penerima tamu.

Jadilah penerima tamu via http://www.adhyakti.com

Saat hari pernikahan temanmu tiba, kamu menjadikan dirimu penerima tamu gak masalah kan? Toh sebagian dari tamu undangan temanmu juga. Jadi, selain membantu temanmu, kamu juga bisa menyambut kedatangan teman-teman kalian. Itung-itung reunian juga.

12. Selain jadi penerima tamu, agar pernikahan temanmu semakin meriah, kamu bisa membantu dengan mengisi acaranya. Kamu bisa jadi pembawa acara, memainkan alat musik, menyanyi, menari atau hal lainnya sesuai kemampuanmu.

Ikut meramaikan acaranya. Menari juga boleh via http://siwanataraj.blogspot.com

Nah, kamu juga bisa berlaku ganda. Selain jadi penerima tamu, kamu juga bisa membantu temanmu untuk ikut memeriahkan acara pernikahannya. Caranya kamu bisa menjadi pembawa acara, memainkan musik, menyanyi, menari atau hal lain yang kamu bisa agar suasana menjadi meriah.

13. Dan yang terakhir, tak peduli kamu mahir atau tidak dalam dunia fotografi, kamu tetap bisa jadi fotografer dalam acara pernikahan temanmu.

Ambil gambar teman-teman kalian via http://cdns.klimg.com

Hal yang sangat penting dalam momen pernikahan adalah foto. Karena foto merupakan bentuk pengabadian sebuah momen. Kamu mahir atau tidak dalam mengambil sebuah gambar, temanmu akan sangat senang kalau kamu ikut mengabadikan momen sakralnya. Kamu bisa memfoto setiap ekspresi keluarga temanmu maupun para undangan dalam menghadiri pernikahan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengambil gambar teman-teman kalian yang ikut senang atas terselenggaranya pernikahan temanmu. Sangat membantu kan?

Nah, ketika mendengar kabar bahwa teman akan segera menikah, ternyata ada hal yang lebih bermanfaat daripada baper kan? Untuk menyambut kabar tersebut, kamu bisa melakukan kegiatan bermanfaat dan temanmu merasa senang dengan bantuanmu. Selamat mencoba….