Setelah sebelumnya gue berbagi rekomendasi lagu K-Pop yang pas untuk didengerin ketika hujan, kali ini gue mau berbagi pilihan lagu K-Pop yang pas didengerin ketika ngerjain tugas atau kerja di malam hari. Terkadang, kita harus dihadapkan dengan kenyataan bahwa kita terpaksa begadang demi menyelesaikan tugas-tugas yang ada, baik tugas sekolah atau pun kerjaan kantor. Biasanya, ketika kita mengerjakan tugas, kita dengerin lagu-lagu yang kita sukai. Nah, berhubung gue pun selalu dengerin lagu sambil nugas, gue mau kasih beberapa pilihan lagu bergenre K-Pop yang bisa menemani kamu ketika nugas di malam hari dan (hopefully) mengembalikan semangat dan mood kamu. 

1. Standing Egg – Summer Night You and I

“Summer Night You and I” oleh Standing Egg via https://www.kstar-mp3.us

Lagu Summer Night You and I ini dibawakan oleh musisi indie Standing Egg dan dirilis tahun 2016 (masih baru, 'kan?). Kesan pertama yang gue tangkep dari lagu ini adalah nuansa santai nan romantis. Diawali dengan harmonisasi suara, lagu ini didominasi oleh petikan folk guitar yang manis. Aransemennya ringan, tapi diwarnai oleh banyak harmoni suara, jadi tetap terdengar "penuh" tanpa terkesan bising atau ribet. Kalau dibandingkan, menurut ini lagu ini semacam lagu-lagu yang dibawakan sama D'Cinnamons, tetapi dengan harmoni vokal a la HiVi! dan GAC (nah loh?). Kalau dengar lagu ini, rasanya ingin nugas sambil ditemenin someone special gitu biar tambah semangat.

2. 2NE1 – Come Back Home (Unplugged Version)

2NE1, album “Crush” via https://www.google.co.id

Kalau kalian penggemar 2NE1 (atau banyak mantengin K-Pop), kemungkinan kalian pernah dengar lagu ini. Yap, 2NE1 menyuguhkan Come Back Home dalam dua versi, versi asli (dengan subgenre electronic dan music video yang heboh) dan versi unplugged. Nah, gue sendiri lebih suka versi unplugged-nya karena lebih versatile buat didengerin di suasana-suasana yang berbeda. Di versi ini, aransemennya didominasi oleh petikan gitar akustik dan temponya relatif lebih lambat. Mengikuti progresnya, sebelum chorus terakhir kita bisa dengar rap part yang dibawakan oleh CL, sampai akhirnya melodi string section masuk untuk membuka chorus terakhir lagu. Nah, karena aransemennya yang melankolis dan tempo yang lebih lambat, lirik lagunya pun lebih kerasa mendalam. Kayaknya kalau dengerin lagu ini pas nugas malam-malam, malah bisa bikin galau ya. Semacam kangen seseorang.

Advertisement

Sadly, gue denger 2NE1 mau disbanded. Padahal, sebetulnya 2NE1 merupakan salah satu idol yang gue sukai, terutama dari segi musik. Jadi inget jaman SMA. Gue kalau main Pump It Up! pasti main lagunya yang berjudul Fire.

3. John Park – Thought of You

EP “Thought of You” via https://popgasa.com

Sah-sah aja 'kan ketika sambil nugas malem-malem kita dengerin something soulful?

Kalau dua lagu sebelumnya punya subgenre atau sentuhan akustik yang mendayu, lagu Thought of You-nya John Park ini bergenre R&B dan cukup kental dengan sentuhan soul. Aransemennya memang nggak begitu ringan, tetapi tetap bisa memanjakan telinga kok. Iringan rhodes piano, clean guitar, dan aksen terompet yang sesekali terdengar membangun soul lagu. Di sisi lain, iringan organ dan piano yang jazzy (bisa didengar di bagian chorus) semacam memberikan sentuhan gospel (no wonder sih, karena di salah satu episode Happy Together, John Park dipanggil sebagai Church Boy atau Gyohwe Oppa). Kalau dengar karakter suaranya, di beberapa bagian lagu ini menurut gue karakter suaranya mirip karakter suara Tulus. Menurut gue sih gitu.

Oh ya, ngomong-ngomong lagu ini bercerita tentang seseorang yang selalu teringat akan kekasihnya. Bangun tidur, inget pacar. Minum kopi, ingat pacar. Buka jendela, ingat pacar. Ingat pacar boleh, asal jangan lupa ingat Tuhan, keluarga, teman-teman… dan juga TUGAS!

4. Big Bang – If You

Album “Made Series” via https://www.kstar-mp3.us

Sebetulnya, gue bukan penggemar berat Big Bang, tapi ada beberapa lagu mereka yang gue suka. Salah satu lagu mereka yang gue suka adalah lagu ini. Aransemen lagu If You nggak heboh seperti lagu-lagu mereka yang lain. Petikan gitar jadi instrumen utama yang membangun lagu ini. Mengikuti progresnya, di verse setelah chorus pertama, gebukan drum mulai terdengar dan instrumen-instrumen lainnya mulai masuk. Melankolia lagu ini terasa paling kuat di bagian chorus-nya, ketika frasa "If You" diulang-ulang.

Nugas malem-malem malah dengerinnya lagu galau. Ckckck.

5. Hot Potato – Confession

Album “Seesaw” via https://forums.soompi.com

Meskipun dirilis udah cukup lama, lagu ini tetap jadi favorit gue ketika nugas di malam hari. Lagu bergenre light pop ini sebetulnya dirilis dalam dua versi, versi bahasa Korea dan bahasa Inggris (dua-duanya bisa dicari di YouTube). Aransemennya didominasi oleh block chord piano dan diwarnai oleh melodi biola yang manis (dan di chorus terakhir ada melodi cello). Suasana lagunya ceria dan bouncy, jadi nggak bikin ngantuk. Video klipnya dibintangi oleh Bae Doo-na, artis yang udah banyak main di berbagai drama dan film, termasuk film fiksi ilmiah yang dirilis tahun 2012, Cloud Atlas.

6. Saevom – Ripply (featuring Seokman Cheon)

Album “Our Autumn” via http://redmp3.su

Kembali ke musik folk yang melankolis, Ripply bisa jadi pilihan lagu K-Pop dengan subgenre folk yang pas didengerin di malam hari, terutama ketika kamu lagu ngerasa capek banget. Petikan gitar yang manis dan karakter vokal yang melankolis bisa memanjakan telinga kamu dan membangun nuansa menenangkan. Orang-orang mungkin belum banyak tahu tentang Saevom, tapi ternyata dia udah merilis beberapa singel dan EP. Ditambah lagi, doi ternyata manis dan gemesin banget orangnya!

*salah fokus*

7. Dickpunks – This is the Person

Album “Two Weeks Original Soundtrack” via https://popgasa.com

This is the Person adalah lagu yang dibawakan oleh Dickpunks. Band beranggotakan empat orang ini mengingatkan gue sama Yovie & Nuno karena konsepnya yang piano-driven. Mereka juga udah beberapa kali tampil di panggung Immortal Songs dan mengejutkan penonton (termasuk gue) dengan aransemen-aransemen mereka yang outstanding. Aransemen lagu ini didominasi oleh petikan gitar dan piano, dipadukan dengan karakter suara Tae-hyun yang lembut, tapi nggak powerless (aduh bahasanya).

Anyway, lagu ini merupakan salah satu soundtrack drama Korea berjudul Two Weeks. Drama tersebut dibintangi oleh Lee Jun-ki dan Park Ha-sun. Gue udah tonton dramanya dan, overall, gue suka. Romance-nya ada, action-nya ada. Basically, nggak banyak drama-drama aneh a la drama-drama ibu-ibunya. *halah*

8. Shin Yong Jae & Lee Haeri – I Feel So Empty Without You

Album “Acoustic Project #1. Cloud” via http://www.allkpop.com

I Feel So Empty Without You merupakan lagu kolaborasi antara Shin Yong Jae dari 4Men dan Lee Haeri dari Davichi. Pada dasarnya, mereka berdua merupakan penyanyi ballad, tapi lagu ini justru bukan lagu ballad. Bisa dilihat dari judul albumnya, lagu ini sebetulnya bergenre pop akustik. Aransemennya sepintas mengingatkan gue sama lagu Ku Menunggu-nya Rossa, tapi ada elemen-elemen Officially Missing You-nya Tamia (coba dengar pola petikan gitarnya dan bagian terakhir lagu). Asyiknya adalah meskipun lagu ini bergenre pop akustik, karakter vokal Shin Yong Jae dan Lee Haeri yang ballad banget tetap kerasa, jadi lagu ini semacam lagu akustik rasa ballad.

Kira-kira gitu sih.

9. Taeyeon – 11:11

Single “11:11” via https://namu.wiki

Leader Girls' Generation ini merilis lagi single di tahun ini. Single berjudul 11:11 ini punya nuansa unplugged yang kental karena petikan gitar yang menjadi elemen utama aransemen lagunya. Sepintas, lagu ini buat gue mirip lagu Fast Car versi Boyce Avenue. Dibandingin dengan lagu di EP sebelumnya, lagu ini memang lebih kalem, jadi cocok buat didengerin malam-malam, tapi tetap nggak cepat bikin ngantuk. Temponya pun terbilang menengah, jadi nggak terkesan mendayu-dayu, tapi nggak ngebut juga. Intinya sih, lagunya pas didengerin ketika nugas malem-malem.

Kira-kira, itu lagu-lagu yang bisa gue rekomendasikan buat nemenin kamu nugas di malam hari. Tapi inget, seperti kata bang Rhoma di lagunya, jangan begadang kalau nggak ada artinya. Selain itu, kalau kamu udah bener-bener ngantuk, bagusnya sih istirahat aja, jangan memaksakan diri. Anyway, selamat mengerjakan tugas dan semoga tugas-tugasnya cepat selesai!