Perkembangan dunia film memang patut diacungi jempol. Saat ini banyak sekali film yang di dalamnya mengandung unsur pendidikan, motivasi, perjuangan, dan yang paling memikat adalah beragam pesona budaya serta keindahan alam yang ditampilkan. Pengambilan lokasi-lokasi kece di dalam filmlah yang bisa ngebuat penonton dan para pecinta film ngiler pengen cepet-cepet traveling.

Siapa sih yang nggak suka traveling? Hampir semua orang suka, bahkan hobby traveling. Dari yang terencana dengan detail, backpakeran sampai mereka yang nekat traveling dengan budget yang sangat minim. Mereka rela berplesiran mencari suasana baru dan pengalaman tak terlupakan di tempat idaman.

Tak sedikit orang yang terpacu untuk memulai traveling karena kepincut dengan keindahan tempat yang mereka lihat dalam sebuah film. Yap, film memang menjadi salah satu penyebab seseorang terinspirasi melakukan sesuatu dalam hidup dan memulai sebuah perjalanan. Beberapa film yang menampilkan pesona Indonesia ini, bisa ngebuat kamu ngebet menjelajah dan merasakan sendiri keindahan alam Indonesia.

1. Laskar Pelangi

Film Laskar Pelangi via http://google.com

Film yang diangkat dari sebuah novel best seller dengan judul yang sama ini mengambil latar belakang daerah Belitung. Film ini menjadi salah satu film yang sukses menarik banyak wisatawan. Selain penuh dengan pesan moral, film ini juga mampu menjadi pionir film pariwisata untuk Indonesia. Salah satu keindahan alam Belitung yang di tampilkan dalam film Laskar Pelangi adalah pantai Tanjung Tinggi. Sampai saat ini, pantai tersebut menjadi destinasi wisata favorit di Belitung.

2. 5 Cm

Film 5cm via http://google.com

Film yang juga diangkat dari novel ini menceritakan tentang persahabatan serta kekuatan tekat. Latar yang diambil dalam film ini adalah keindahan gunung Semeru dan puncak Mahameru. Keindahan alam jelas diperlihatkan dalam film ini. Ranu Kumbolo, Oro-oroombo, hutan mati hingga kemegahan puncak Mahameru yang ditampilkan mampu membuat banyak orang terpana.

Setelah penayangan film 5 Cm ini, banyak sekali orang yang berbondong-bondong ingin melihat dan merasakan sensasi pendakian di gunung yang terletak di Jawa Timur tersebut. Tak hanya gunung Semeru yang banyak di sambangi, banyak orang yang juga menjadi gemar mendaki dan penasaran dengan gunung-gunung yang ada di Indonesia. Kalau kalian gimana guys?

3. Miror Never Lies

Advertisement

Film Miror Never Lies via http://google.com

Jika film 5 Cm menampilkan keindahan pegunungan, film Miror Never Lies menyuguhkan keindahan bawah laut di Wakatobi. Film ini membuat Wakatobi menjadi lebih populer dikalangan traveler baik lokal maupun internasional. Film yang mendapatkan tujuh nominasi dalam Festival Film Indonesia 2011 dan memenangkan penghargaan tertinggi Film Terpuji ini, memperlihatkan pantai serta alam bawah laut yang menawan di daerah Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

4. Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2

Film AADC2 via http://google.com

Setelah sukses dengan film pertama Ada Apa Dengan Cinta, rilis kembali fim kedua AADC2 (Ada Apa Dengan Cinta 2) yang memperlihatkan pesona Yogyakarta. Sebagian besar film ini mengambil lokasi di Yogyakarta, yang menampilkan keindahan alam dan kelezatan wisata kuliner. Beberapa tempat yang ditampilkan dalam film AADC2 adalah Rumah Doa Bukit Rhena yang biasa dikenal dengan Gereja Ayam, Punthuk Setumbu, Istana Ratu Boko, Kotagede, dan Pantai Parang Kusumo.

Selain tempat-tempat tersebut, lokasi wisata kuliner yang ditampilkan juga adalah Klinik Kopi, Loka Resto, Sellie Coffee hingga sate klathak Pak Bari dan masih banyak lagi. Tempat-tempat di Yogyakarta ini menjadi semakin ramai dan banyak dikunjungi. Bahkan, tak sedikit travel pariwisata yang menawarkan trip ke lokasi-lokasi pengambilan syuting AADC2 tersebut.

5. Pendekar Tongkat Emas

Film Pendekar Tongkat Emas via http://google.com

Fillm Pendekar Tongkat Emas merupakan sebuah film laga klasik yang menampilkan perkelahian dengan menggunakan ilmu silat. Lokasi film ini diambil di pulau Sumba, Kecamatan Haharu, Kabupaten Sumba Timur. Tak hanya alam dan kehidupan bawah lautnya saja yang menjadi daya tarik di pulau Sumba, tapi kerajinan seperti tenunan, rumah adat, senjata, kuda, dan masyarakatnya juga menjadi pemikat tersendiri. Hal inilah yang menjadikan pulau Sumba yang terletak di Nusa Tenggara Timur sebagai salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan lokal. 

6. Denias: Senandung di Atas Awan

Film Denias: Senandung di Atas Awan via http://google.com

Film yang tak kalah keren dengan manampilkan keindahan alam Papua adalah film Denias: Senandung di Atas Awan. Film yang mengambil lokasi di pulau Cenderawasih ini, menceritakan tentang seorang anak suku pedalaman yang berjuang untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Keindahan alam Papua memang sangat memikat dari danau, laut hingga perbukitan menjadi tempat menarik untuk dikunjungi. Tak hanya keindahan alamnya saja, dalam film ini tradisi suku asli Papua yang tinggal di Honai dan masih memakai koteka serta noken (tas asli Papua) juga diperlihatkan.

Tempat-tempat yang ditampilkan dalam film Denias adalah Wamena, Kota Timika, Kuala Kencana hingga keindahan puncak Carstensz dengan salju abadinya muncul dalam film ini. Jadi gimana, sudah nonton filmnya, sudah merasakan sendiri keindahan alam dan wisata kuliner dari beberapa film tersebut? Atau punya film favorit lain buat referensi traveling?.

Kalau film-film yang menyuguhkan banyak keindahan alam dan tempat-tempat wisata gini, dijamin nggak cuma pecinta film aja yang kepengen traveling, bahkan yang nggak kepikiran liburan pun pasti pengen buru-buru traveling. Nggak perlu jauh-jauh keluar, Indonesia juga keren kok. Yuk traveling!