1. Tangga Berubah Nama Menjadi Dekat

Sejak 2014 lalu Tangga resmi membubarkan diri dan mengubah nama mereka menjadi Dekat. Personel Dekat yaitu Kamga, Chevrina dan Tata, sedangkan Nerra memilih menjalani kehidupan baru dengan keluarganya. Tangga mengubah nama menjadi Dekat karena mereka mempunyai masalah dengan pihak label dan pihak manajemen. Hal itu mereka curahkan dalam lagu berjudul "Lahir Kembali" dengan membawa nama Dekat.

Tidak tanggung-tanggung, Dekat sekarang jalan secara independent. Semua mereka kerjakan sendiri mulai dari membuat lagu, menulis lirik, rekaman dan promosi lagu. Untuk mempertegas bahwa Dekat berbeda dari Tangga. Setiap Dekat manggung, Dekat nggak mau bawain lagu-lagu Tangga.

2. Netral Berubah Nama Menjadi NTRL

Pada tahun 2015, Netral resmi mengubah nama mereka menjadi NTRL. Hal ini diresmikan pada saat peluncan album 11/12 oleh NTRL. Alasan Bagus, Choki dan Enno mengubah nama lantaran nama "Netral" sudah menjadi hak paten Bimo, mantan personil Netral dahulu.

Advertisement

Awal perselisihan yang membuat Bagus, Choki dan Enno mengubah nama menjadi NTRL pada acara Tribute to Mitun. Pada acara tersebut. Bimo menolak Choki dan Enno untuk bermain di tribute tersebut. Bagus yang merasa Choki dan Enno adalah bagian dari Netral merasa keberatan akan hal tersebut. Sehingga Bagus memillih absen dari Tribute to Mitun.

Kejadian ini membuat Bimo mematenkan nama Netral hingga sekarang. Sejak saat itu, Bimo membuat grup musik dengan nama Netral sedangkan Bagus, Choki dan Enno mengalah dengan menganti nama menjadi NTRL.

3. Kertas Berubah Nama Menjadi Armada

Band yang belakangan mencuat karena lagu "Asal Kau Bahagia" pada awal tahun 2017 ini sebelumnya pernah memakai nama Kertas. Pada tahun 2007, Kertas mengeluarkan lagu yang berjudul Kekasih Yang Tak Dianggap. Lagu Kekasih Yang Tak Dianggap juga diaransemen ulang oleh Pingkan Mambo. Lagu ini langsung bisa diterima masyarakat Indonesia saat itu. Walau begitu bukan berarti karir mereka tidak adal masalah.

Sewaktu memakai nama Kertas, Kertas mendapatkan masalah dengan pihak manajemen dan label terkait soal honor dan hak cipta mereka. Merasa dirugikan oleh pihak manajemen dan label akhirnya pada tahun 2008 Kertas resmi mengganti nama menjadi Armada. Tidak butuh waktu lama akhirnya Armada bisa menarik perhatian masyarakat Indonesia. Lirik lagu yang sederhana itulah yang membuat Armada masih tetap eksis sampai sekarang.

4. Mulai Dari The Blues Bug, Blue Hand Gang Hingga Akhirnya Menjadi Gugun Blues Shelter/Gugun Power Trio

Gugun Blues Shelter via https://www.instagram.com

Gugun Blues Shelter berdiri pada tahun 2004 dengan formasi awal Gugun, Jono dan Iskandar. Band ini dulunya memakai nama The Blues Bug namun pada akhirnya harus diganti karena nama The Blues Bug sudah dipakai oleh band asal Yunani, Blues Bug. Setelah itu berganti nama Blue Hand Gang lalu berubah lagi menjadi Gugun Blues Shelter hingga sekarang.

Gugun Blues Shelter adalah satu dari sekian musisi Indonesia yang mempunyai pasar Internasional. Mulai dari penghargaan dari MTV Trax Magazine sebagai gitaris terbaik se-Asia Tenggara sampai pada tahun 2011 Gugun Blues Shelter mendapatkan kesempatan manggung di Inggris dengan Bon Jovi, Rod Stewart dan The Killers di Hyde Park London dalam acara ulang tahun Hard Rock Café yang ke-40. Untuk pasar Amerika dan Eropa mereka memakai nama Gugun Power Trio.

Pada tahun 2015, salah satu pendiri Gugun Blues Shelter, Jono resmi menggundurkan diri. Jono menggundurkan diri dari Gugun Blues Shelter karena perbedaan visi misi dan sikap idealis Jono. Akhirnya posisi Jono sudah tergantikan oleh Fajar.

5. Vierra Berubah Nama Menjadi Vierratale

Vierratale via https://www.flickr.com

Vierratale atau dulunya bernama Vierra dibentuk oleh Kevin Aprilio pada tahun 2008. Personil Vierra saat itu terdiri dari Kevin Aprilio, Widy Soediro Nichlany,Raka Cyril Damar dan Satriyanda Wijanarko.

Vierra yang pada saat itu memakai konsep dengan lagu bertemakan percintaan anak remaja. Salah satunya tertuang dalam lagu "Dengarkan Curhatku" Dari lagu itulah, nama Vierra muncul ditelinga masyarakat dan tidak sedikit penggemar yang mereka miliki. Pada awal kemunculan Vierra, Vierra juga mendapat respon negatif karena Widy, sang vokalis yang dinilai tidak memiliki kualitas sebagai penyanyi. Namun hal tersebut berhasil ia lalui.

Pada tahun 2013, Vierra mulai mengganti nama menjadi Vierratale. Penggantian mana dari Vierra menjadi Vierratale lanatran adanya perubahan konsep musik pada masing-masing personil. Vierratale bisa dibilang adalag Vierra versi dewasa.

6. Kuburan Berganti Nama Menjadi The Kubs

C Am Dm ke G ke C lagi

Kamu masih ingat lirik lagu itu. Lirik tersebut adalah penggalan dari lagu "Lupa-Lupa Ingat" dari Kuburan. Band yang mulai dikenal masyarakat baerkat lagu lupa-lupa ingat. Kuburan terkenal dengan penampilan yang mirip dengan band asal Amerika bernama Kiss. Musik yang mereka mainkan cenderung ke arah komedi.

Pada tahun 2011 Kuburan resmi dibubarkan dan nama mereka diganti menjadi The Kubs. Perbedaan yang mendasar adalah gaya berpakaian dan aksi panggung. The Kubs lebih menonjol dengan penampilan warna warni ngejreng. Juga konsep musik menggabungkan beberapa genre musik seperti musik pantura hingga musik yang sedang ngetrend saat ini.