1. Berenang dengan balutan sunrise di Umbul Sidomukti

Jika kamu menggunakan kereta dan sampai di Semarang di pagi hari, segeralah meluncur ke Umbul Sidumukti di Ungaran. Percayalah, kamu bisa merasakan sensasi berenang di temani matahari yang malu-malu keluar dari peraduannya.

Setelah puas dengan bermain air dan seiring dengan sang mentari yang sudah mulai memancarkan cahanyanya, kamu bisa langsung mneguji adrenalin dengan berbagai kegiatan adventure yang sudah tersedia disini. Dan jangan lupa juga menikmati gardu pandang dengan pesan-pesan yang insfiratif seperti lupakan mantan, bahagia di sini, di Umbul Sidomukti

2. Memang tak semegah candi Prambanan di Yogyakarta, tapi candi Gedong Songo yang berbau mesteri ini tak kalah menggoda

Gedong Songo via http://www.facebook.com

Advertisement

Bagi kamu yang sudah tak asing lagi dengan bahasa jawa, tentu kamu sudah sangat hafal dengan yang dimaksud dengan songo. Tapi bagi kamu yang tidak mengerti dengan bahasa jawa, candi gedong songo maksudnya di kawasan ini menawarkan candi dengan jumlah sembilan (songo)

Memang jarak antara candi satu dengan yang lainnya cukup menguras tenaga, dan jika kamu ingin menikmatinya kamu harus tracking dan bisa membuat nafas ngos-ngosan. Awalnya saya kira, candi yang ada disini berjumlah sembilan, tetapi percayalah bahwa hanya ada lima buah candi yang ada disini yaitu candi I sampai dengan V.

Lantas, bagaimana dengan candi yang lainnya? Wallohu aklam.

3. Bagi kamu pepgagum arsitektur, melipirlah ke vihara budhdhagaya Watugong sebagai pagoda tertinggi di Indonesia

Vihara Budhdhagaya Watugong via http://www.calyawisata.com

Teruntuk kamu pecinta arsitektur dan penganut agama budha, tentu saja kamu wajib mnyambangi kawasan Vihara ini. Meski tidak dipungut biaya sepeserpun keculai biaya parkiran, yakinlah pemadangan yang disuguhkan beribu kali lipat denga biaya yang kamu keluarkan.

Pagoda yang memiliki tinggi bangunan setinggi 45 meter dengan 7 tingkat ini bermakna bahwa seorang petapa akan mencapai kesucian dalam tingkat tujuh. Sedangkan bagian pagoda berbentuk delapan dnegan ukuran 15 x 15 meter. Di tingkat kedua sampai keenam dipasang patung Dwi Kwan Im yang menghadap empat penjuru mata angin.

Selain itu, kamu tak perlu ke Thailand untuk melihat patung Budha Tidur karena disini juga ada patung budha yang sedang tidur dengan pulas.

4. Mengintip sejarah laksamana cheng ho seorang pelaut muslim dari Cina di klenteng sam poo kong

Sam Poo Kong via http://www.anakkos.net

Jika akhir-akhir ini suasana politisi di Indonesia sangat gaduh karena masalah suku bangsa khususnya di Jakarta yang membuat suassa tidak kondusif. Ada baiknya belajar dari sejarah, cobalah mengulik sejarah seorang Laksamana Cheng Ho yang berkebangsaan Tiongkok.

Di Sam Poo Kong, para pelancong akan disuguhkan dengan bangunan khas Tiongkok dengan oranamen warna merah menyala, dan tentunya ada patung yang sang laksamana berdiri dengan megah di depan klenteng yang megah ini.

5. Bagi kamu pengagum bangunan unik dan bangunan tua, kawasan kota lama tempat mencurahkan semua keinginanmu

Jika jakarta mempunyai kawasan kota tua yang sangat artistik, maka semrang punya kawasan kota lama yang sangat mengagumkan. Di kawasan kota lama ini dengan mudah kamu menemukan gedung-gedung lama dengan gaya eropa. Selain itu, kawasan ini juga sangat tertata apik sehingga dapat memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

 

6. Perpaduan arsitek dan budaya Islam, romawi dan jawa nan apik di suguhkan oleh masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Semarang via http://www.akcayatour.com

Masih berkutat dengan para pengagum bangunan nan indah dan ikonik, kota semarang memang menjadi surgannya para penikmat arsitektur yang menawan. Salah satunya adalah Masjid Agung Jawa Tengah atau yang lebih terkenal dengan MAJT.

Pelataran MAJT ini dibangun dengan konsep menyerupai sebuah bangunan Coosseum di Roma dan  memiliki 25 tiang yang mneyimbolkan 25 Nabi dalam ajaran islam. Selian itu, dikawasan ini  juga ada Menara La Husna dengan ketinggian 99 Meter dimana angka ini sebagai simbol Asmaul Husna.

7. Pecinta horor dan uji nyali juga di bahagiakan dengan lawang sewu

Lawang Sewu via http://www.anakkos.net

Berbahagialah kamu pecinta horor, karena semarang juga menawarkan destinasi yang cukup horor dan sudah terkenal dengan kisah penjara bawah tanahnya dan nona belandanya. Untuk menambah kehororannya kunjungilah di malah hari karena suasannya akan lebih menggairahkan dibanding di sian hari.

Bagiamana? Destinasi di Semarang tak kalah menggoda dan istimewa dengan Destinasi Wisata di Jogja.