Kalau bicara tentang Perancis, biasanya langsung terbayang kota yang romantis, kue-kue lezat yang bikin ngiler, dan orang-orangnya yang dengan bicara saja sudah bikin kita meleleh tanpa perlu mengerti apa yang mereka bicarakan. Yuk, kita lihat kota-kota menarik yang bisa dikunjungi di Perancis berdasarkan bulan perjalanan kalian! Supaya liburan kalian tidak melulu ke Menara Eiffel.

1. Juli – Avignon

Festival d’Avignon via http://frenchquartermag.com

Bulan Juli adalah bulannya para pecinta teater karena ada Festival Avignon yang berlangsung sepanjang bulan! Eits, jangan remehkan ukurannya yang kecil. Selama festival, pusat kota yang imut-imut ini akan penuh dengan puluhan ribu pertunjukan dari ribuan kelompok teater yang memenuhi ratusan panggung sepanjang festival berlangsung. Salah satu pertunjukan terpenting dari festival ini biasanya ditampilkan di amfiteater terbuka, Palais des Papes yang super keren. Untuk yang satu ini, pastikan kalian membeli tiketnya dari jauh-jauh hari karena peminatnya banyak sekali. Dan dari pengalaman saya, satu akhir pekan sama sekali tidak cukup untuk menikmati semua pertunjukan yang saya minati, Jadi, luangkan lebih banyak waktu kalau kalian penggila teater.

PS: Selain mampir ke Avignon, jangan lupa untuk menikmati meriahnya kompetisi Tour de France dan kembang api spektakuler di kota-kota besar pada tanggal 14 Juli untuk peringatan Hari Bastille!

2. Agustus – Arles

Rencontres d’Arles via http://www.lemonde.fr

Advertisement

Kalau kamu hobi foto-foto, ada baiknya mengintip festival fotografi Rencontres d'Arles supaya hasil jepretan kamu makin oke. Bulan Agustus ini juga merupakan kesempatan terakhir kamu untuk berburu konser-konser gratis di alam terbuka di seluruh Perancis. Bahkan kalau beruntung, mungkin saja kamu berkesempatan nonton layar tancap bersama pasangan kamu di negeri sejuta cinta ini. Kalau sudah punya pasangan tentunya, ehem.

3. September – Lyon

Museum Miniatur dan Sinema via https://www.google.co.uk

Bulan ini sangat nyaman untuk mengunjungi Perancis karena cuaca masih hangat tapi jumlah turis sudah mulai berkurang. Pertengahan bulan September, kalian harus memanfaatkan Hari Kebudayaan (Journée de Patrimoine) dengan mengunjungi museum-museum di Perancis. Bagi pecinta film, saya anjurkan untuk mampir ke Lyon. Lyon adalah kota kelahiran Lumière Bersaudara yang terkenal lewat penemuan mereka di dunia sinematografi. Jangan lupa juga mengunjungi Museum Miniatur dan Sinema kepunyaan Om Dann Ohlmann yang super kece, saya ketemu langsung dengan beliau lho waktu Journée de Patrimoine.

4. Oktober – Colmar

Saatnya panen anggur! Dari kota Colmar, salah satu inspirasi dari kampungnya Belle di film Beauty and The Beast, kalian juga bisa lho menyusuri Route des Vins-nya wilayah Alsace karena di bulan ini perkebunan anggur mereka sedang ranum-ranumnya. Sekali-sekali boleh dong ya jalan-jalan kebun tehnya diganti jadi jalan-jalan cantik di kebun anggur.

5. November – Toulouse

Cit de l’Espace via http://www.toulouse-visit.com

Bulan ini seru juga lho untuk kalian yang hobi banget sama pesawat untuk mampir ke kota Toulouse karena ada markas besarnya Airbus di sana. Kalian bisa main-main puas di Cité de l'Espace yang akan membawa kalian ke luar angkasa atau di Aeroscopia di mana kalian bisa melihat pesawat-pesawat unik yang nggak akan pernah kalian lihat di bandara Cengkareng.

6. Desember – Strasbourg

Pasar Natal Strasbourg via https://www.pinterest.com

Ini adalah momen paling cantik sepanjang musim dingin, dan saatnya kita berkunjung ke Strasbourg. Strasbourg adalah "Capitale de Noël" atau kalau diterjemahkan: Ibukotanya Natal. Kenapa disebut ibukota? Karena Pasar Natal Strasbourg adalah yang tertua dan terbesar di Perancis, jadi paling wajib untuk didatangi sepanjang 4 minggu sebelum Hari Natal tiba. Buktinya, ketika saya mampir ke Pasar Natal di Baden-Baden, Jerman, sopir taksi saya sampai heran kenapa saya masih repot-repot main ke sana padahal saya tinggal di Ibukotanya Natal, hahaha.

7. Januari – Bordeaux

Anggur Bordeaux via https://www.foodieandtours.com

Walaupun perayaan tahun baru di Perancis masih kalah seru dengan di kampung halaman kita, tapi kita dihibur dengan diskon awal tahun! Ke mana pun mata memandang, kalian akan melihat palang diskon berjajar di sepanjang shopping street. Kayaknya asyik nih main ke Bordeaux, kota yang terkenal dengan wine-nya dan dahulu merupakan kota tempat tinggal para kaum borju. Menghangatkan diri sambil mencicipi wine yang lezat. Nyam!

8. Februari – Menton

Di bulan ini, warga kota Menton akan sibuk membuat monumen-monumen dari buah lemon dan jeruk! Dari naga sampai Taj Mahal, semua akan berwarna kuning dan jingga. Belum lagi di Festival Lemon – atau bahasa Perancisnya "Fête du Citron" – ini kalian juga bisa menyaksikan iluminasi Jardin de Lumières yang ciamik.

9. Maret – Annecy

Carnaval V nitien via http://www.guderzo.eu

Selagi cuaca masih dingin dan salju masih menutupi puncak gunung, mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk main ski di Annecy, kota di pegunungan Alpen yang sering juga disebut "Venice of the Alps". Nah lho, campuran Venezia dan Alpen rupanya, kurang apa lagi coba kota ini? Jangan lewatkan juga Carnaval Vénitien yang jatuh pada akhir pekan setelah festival Mardi Gras.

10. April – Nantes

Carnaval de Nantes via http://www.20minutes.fr

Musim semi datang, bunga-bunga pun bermekaran. Mari kita main ke salah satu kota terhijau di Perancis! "Carnaval de Nantes", salah satu karnaval yang sudah ada sejak abad pertengahan, juga digelar di bulan April dan tidak boleh kalian lewatkan karena di karnaval ini, para seniman akan berlomba-lomba untuk memamerkan megakarya terbaik mereka dalam arak-arakan di pusat kota.

11. May – Cannes, Nice, Monaco

Kalian pasti tahu dong Festival Film Cannes yang penghargaannya biasa dipajang dengan penuh kebanggaan di poster film-film terkenal? Festival ini berlangsung di bulan Mei dan bakal jadi waktu yang tepat bagi kalian untuk menikmati laut Cannes yang biru dan cantik. Perjalanan ini bisa dilanjutkan ke kota Nice yang "so nice". Sambil bermain di sepanjang pantainya, luangkan waktu juga untuk mengunjungi negara Monaco yang hanya 20 menit naik kereta dengan harga 3 euro saja dari Nice karena biasanya Grand Prix Monaco yang terkenal itu juga digelar di akhir bulan Mei.

12. June – Provence

Hei, kalian penggemar warna ungu dan aroma lavender! Mari kita pergi ke wilayah Provence di bulan ini, saat ladang-ladang dipenuhi bunga lavender yang bermekaran dan kalian pun bisa berfoto-foto ria untuk mempercantik Instagram kalian! Siapkan pakaian terbaik kalian dan say cheese!