Berolahraga merupakan aktifitas yang menyenangkan, dan menyehatkan. Seandainya masyarakat indonesia rajin berolahraga maka jumlah penghuni rumah sakit mungkin akan berkurang. Dengan berolahraga kamu telah membantu mengurangi beban orang tuamu dan membuat tubuhmu tampil bugar.

Dewasa ini sering kita temukan anak muda jarang berolahraga beda dengan remaja era 90-an yang meluangkan waktu mereka untuk bermain di lapangan terbuka. Padahal ada segudang manfaat yang kamu temukan ketika berolahraga.

Berolahraga bukan selalu tentang bola, lari, dan voli. Melainkan ini adalah mengenai pergerakan dalam tubuh kamu. Berikut adalah beberapa manfaat dari olahraga yang mungkin akan membuatmu bergegas untuk menggerakkan tubuhmu dan rutin berolah raga.

1. Olahraga meningkatkan sistem kekebalanmu

Daya tahan tubuh meningkat. via http://simplenewz.com

Rajin olahraga dapat menambah daya tahan tubuh, begitulah yang biasa dikatakan oleh para ahli kesehatan.Tanpa sadar jika kita sering melakukan olahraga secara otomomatis daya tahan tubuh kita akan meningkat.

Mengapa demikian? Karena melakukan olahraga dengan teratur bisa mempengaruhi hormon yang ada di dalam tubuh. Misalnya hormon adrenalin dan serotonin, dimana kedua hormon ini termasuk hormon yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. Jadi, jika salah satu hormon meningkat, maka secara otomatis daya tahan tubuhmu akan ikut bertambah.

2. Berolahraga akan memberikan energi dan membuatmu jadi lebih produktif

Menambah energi dan lebih produktif. via https://www.pinterest.com

Advertisement

“Berolahraga meningkatkan energi dan menambah serotonin dalam otak”, begitu kata David Atkinson, direktur dari Cooper Venture Development Program, salah satu divisi dari Cooper Aerobic Center di Dallas, Amerika Serikat.

Serotonin adalah hormon di otak yang berfungsi sebagai modulator kapasitas kerja otak yang mencakup pengatur stabilitas emosi, pemahaman dan nafsu makan. Jadi orang yang melakukan olahraga dengan jumlah cukup akan menemukan produktivitas mereka meningkat.

Produktivitas seseorang tidak hanya berarti orang tersebut dapat memberikan kualitas kerja yang baik, namun ia juga dapat memberikan kontribusi untuk suasana kerja yang bahagia di tempat kerja.

3. Olahraga membuat otak mengeluarkan zat kimia yang menenangkanmu

Berolahraga, meskipun hanya 30 menit sehari, dapat mengubah hari seseorang dari pagi sampai malam hari. Ketika endorphin dilepaskan ke dalam darah selama berolahraga, seseorang akan merasa lebih energik sepanjang hari. Endorphin adalah senyawa kimia dalam otak kita yang dapat membuat otak menjadi rileks.

Atkinson pernah mendapat keluhan dari kliennya yang mengatakan bahwa ia merasa lelah setelah berlatih. Atkinson menjelaskan bahwa kelelahan biasanya terjadi pada beberapa sesi pertama pasca berolahraga karena tubuh tidak terbiasa. Setelah itu, kelelahan akan hilang dengan sendirinya.

4. Tidak sulit kok untuk mencari waktu untuk berolahraga

time management via https://www.youtube.com

Banyak orang berpikir bahwa mereka tidak punya waktu untuk berolahraga. Kemudian, tidak memiliki peralatan tertentu seperti sepasang sepatu olahraga menjadi penghalang.

Sebenarnya, Atkinson menyatakan, berolahraga bisa dimulai dari pemikiran sederhana, “Berpikir bahwa kita membunuh dua burung dengan satu batu.” Itu berarti anda benar-benar melakukan dua hal atau mendapatkan dua keuntungan dengan melakukan satu kegiatan.

5. Berolahraga juga bisa membantumu untuk membina hubungan baik dengan orang-orang di sekitarmu

frendship via http://moviepilot.com

Berolahraga meningkatkan hubungan anda dengan orang lain. Jika hal itu dilakukan bersama keluarga, anda akan merasakan lebih dekat dengan mereka. Hal ini juga berlaku jika anda berolahraga bersama dengan teman-teman anda.

Selain itu, sangat mungkin bahwa anda mendapatkan teman-teman baru melalui berolahraga. Selain itu, orang-orang yang mencoba untuk mengurangi berat badannya, benar-benar membutuhkan dukungan dari teman-teman agar usahanya tersebut berhasil.

6. Penurunan berat badan bukanlah tujuan utama. Kesehatanmu itu loh.

Obesitas. via http://speek.dk

Berolahraga memang menurukan beberapa kilo dari tubuh anda, namun manfaat dari berolahraga tidak hanya untuk mencegah kelebihan berat badan. Menggunakan olahraga hanya sebagai alat untuk menurunkan berat badan tidak akan menjadi motivator yang kuat bagi seseorang untuk berhasil.

Hal ini terjadi karena orang biasanya tidak sabar dan ingin melihat hasilnya dalam sekejap. Penurunan berat badan melalui olahraga tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.