Taukah Anda bahwa diet soda bisa menyebabkan naiknya berat badan. Bahkan konsumsi diet soda yang menggunakan pemanis buatan makanan sehari-hari yang justru akan mengakibatkan kenaikan berat badan, penyakit liver dan diabetes tipe 2.

Satu kaleng soda biasanya mengandung 150 kalori yang berasal dari pemanis. Tentu kalori ini bisa meningkat seiring dengan seberapa banyak kita mengonsumsi soda dalam sehari.

1. Mungkinkah penyebab naiknya berat badan?

Lingkar perut via https://www.mediapria.com

Diet soda mengandung kalori yang jauh lebih rendah daripada soda biasa. Bahkan faktanya diet soda ada yang bebas dari kandungan kalori.

Dengan mengganti minuman soda kita dengan diet soda, bisa membantu kita dalam mengurangi berat badan. Meskipun menurut penelitian, turunnya berat badan tidak dipengaruhi dari konsumsi diet soda.

2. Diet soda dan naiknya berat badan?

Minuman soda pakai es via https://cimg0.ibsrv.net

Advertisement

Sudah banyak penelitian dan ulasan yang menyatakan bahwa sebenarnya cukup masuk akal ketika diet soda mempunyai manfaat bagi tubuh untuk menurunkan berat badan, sebab peran dari diet soda yang menggantikan minuman berkalori tinggi.

Tapi betapa mengejutkannya penelitian yang mengatakan bahwa diet soda bisa menyebabkan naiknya berat badan. Sebuah ulasan berjudul Trends in Endocrinology and Metabolism pada tahun 2013, menyatakan bahwa konsumsi diet soda yang menggunakan pemanis buatan justru akan mengakibatkan kenaikan berat badan, penyakit liver dan diabetes tipe 2. Penelitian serupa dari Yale Journal of Biology and Medicine pada tahun 2010 berpendapat bahwa berat badan bisa diakibatkan oleh konsumsi pemanis buatan.

3. Kenapa Bisa Terjadi?

Bertaya-tanya? via https://pixabay.com

Diet soda bukanlah suatu jaminan berat badan Anda tidak akan naik, tetapi diet soda akan membuat Anda dekat dengan perilaku yang menyebabkan berat badan Anda naik.

Sebuah jurnal yang dirilis tahun 2013 menyatakan jika Anda terlalu sering melakukan diet soda yang berasa manis maka akan memengaruhi otak untuk selalu ingin mengkonsumsi sesuatu yang manis dan pada akhirnya akan mengakibatkan kecanduan pada konsumsi gula, baik makanan ringan ataupun berat yang berlebihan.

Singkat kata, diet soda memang tidak memberikan kalori pada tubuh yang menyebabkan kenaikan berat badan, tapi membuat tubuh Anda selalu kencaduan akan makanan manis.

4. Apakah minuman soda bisa lebih baik?

Berhentilah minum soda via http://healthynnatural.com

Ketika melakukan diet soda bisa berakibat pada naiknya berat badan Anda namun menggantinya dengan meminum soda biasa juga tidak benar. Minuman menggunakan pemanis seperti soda selalu menjadi penyebab naiknya berat badan atau bahkan bisa mengakibatkan obesitas, diabetes atau penyakit-penyakit lainnya.

Satu kaleng soda biasanya mengandung 150 kalori yang berasal dari pemanis. Tentu kalori ini bisa meningkat seiring dengan seberapa banyak kita mengonsumsi soda dalam sehari.

Meskipun soda bisa memberikan semburan semangat secara langusung, namun ini tidak akan berlangsung lama, juga tidak akan memberikan nutrisi pada tubuh seperti makanan sehat & bergizi yang kaya akan protein, serat, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

5. Bagaimana cara menghindari bertambahnya berat badan?

Penimbang berat badan via https://www.mediapria.com

Jika Anda sedang menghindari naiknya berat badan, coba hindari untuk mengonsumi soda, diet soda, limun, teh manis atau semua minuman yang mengandung gula.

Air putih biasa adalah minuman paling bagus untuk Anda yang sedang ingin menghindari naiknya berat badan atau menginginkan turunnya berat badan. Coba minum air putih dingin sebelum makan, ini akan membuat Anda cukup kenyang dan hanya mengonsumsi sedikit makanan ketika makan.

Jika Anda tidak suka rasa dari air putih, Anda bisa menabahkan daun mint, potongan lemon atau potongan buah lainnya. Susu rendah kalori dan susu kedelai juga pilihan yang tepat karena mengandung kalori yang rendah dan juga kaya protein, vitamin D dan kalsium. Rutin olah raga juga akan membantu Anda menurukan berat badan.