Bukan rahasia lagi, mereka yang bekerja kerap kali dirundung stres dan kepenatan. Jam kerja teratur, pekerjaan yang sama diulang setiap harinya, dan tuntutan yang selalu diterima membuat para pekerja merasa lelah dengan dunia-nya. Banyak orang yang tidak menyukai rutinitas tapi nyatanya kehidupan setelah kuliah atau sekolah mengantarkan mereka pada dunia baru yang menuntut diri harus disiplin melakukan  hal yang sama. Dunia kerja tidak lagi seperti dunia kampus dimana bisa skip kelas atau dosen yang tak disukai. Kini, duniamu memiliki mantra "suka tidak suka harus dihadapi", karena kamu sudah harus tumbuh menjadi pria/wanita yang bertanggung jawab. Well, Don't Excuse! Let's Create Your Zone!

1. Letakkan tanaman di meja kerja. Dijamin mata kamu menjadi fresh.

plant on the office table via https://pixabay.com

Kamu bisa memulainya dari mejamu terlebih dahulu. Sepertinya bos tak masalah melihat ada tanaman di atas meja. Corak dan bentuk tanaman membuat yang melihat menjadi fresh. Terlebih lagi produksi oksigen yang banyak bisa membuat badan dan pikiranmu menjadi segar begitu pun dengan feel mu yang bakal selalu happy. Mata, badan, dan pikiran yang dimanjakan sudah dijamin ampuh mengusir stres. 

2. Gantungkan kalimat positive agar kamu selalu semangat

wall of motivational words via https://cooltrendfunnypictures.blogspot.co.id

Dinding kantormu kosong? Sayang sekali, letakkan saja quotes favoritmu. Alat tulis kantor yang kamu miliki bisa menjadi alat perang untuk membuat DIY hiasan dinding yang ciamik. Tak sembarang hiasan, quotes yang kamu letakkan di tempat yang mudah dilihat, akan selalu membuat kamu semangat. Tak masalah dengan tumpukan deadline, kamu bakal diiangatkan selalu dengan kalimat yang kamu gantungkan.

3. Perbaiki mood mu dengan berpakaian layaknya pergi piknik

Advertisement

Pekerjaan yang tak kunjung habisnya membuatmu tidak bisa menikmati weekend. Kalau kamu kesulitan mengatur jadwal liburanmu, bawa saja mood liburanmu ke kantor. Sesekali berpakaian "gila" ke kantor, cukup me-setrum otakmu yang penat. Hiraukan rekan kerjamu yang mengejek, ide mu ini jangan-jangan ditiru mereka nantinya. Berpakaian lah bak orang piknik, mungkins eperi baju santai. Wow, selamat sekarang tempat kerja mu menjadi tempat bermain! 

4. Pikiranmu yang penuh deadline bakal sedikit enteng kalo melihat meja kerjamu yang rapi

bekerja dari rumah via http://www.masaiya.biz

Meskipun banyak deadline, usahakan agar kamu menata rapi barang-barangmu di meja. Terkadang tuntutan pengumpulan laporan akan semakin membuat kalian berteriak kencang, jika meja kalian semrawut. Jengkel juga kan kalo mau mencari benda yang dibutuhkan segera tak kunjungi ketemu. Usahakan sesibuk apa kalian, tetap letakkan benda-benda yang kalian pakai pada tempatnya. 

5. Cobalah untuk mengajak teman-teman kantormu mengadakan “event” di kantor

Cobalah untuk memperhatikan hari nasional atau perayaan laiinnya. Kamu bisa mengaplikasikannya di kantormu dengan sentuhan modern. Peringatan hari pahlawan contohnya, ajak teman-teman kantormu untuk beraksi bersama dengang mengenakan kostum pahlawannya. Create event nggak hanya membuatmu tidak bosan dengan suasana kantor tapi juga bisa membuatmu semangat dan mengambil meaning dari event tersebut.

Selamat berkreativitas!

Selamat membuat fun zone mu di dunia kerja kamu!