Musim UAS sudah mendekat, bagi mahasiswa dan mahasiswi ini merupakan saat-saat yang sangat menentukan bagi IPK yang akan diperoleh. Mendapat nilai C pada mata kuliah tertentu akan berdampak langsung kepada tinggi atau rendahnya IPK. Tak jarang, hal ini menjadikan mahasiswa untuk bertindak curang saat mengerjakan ujian. Salah satunya adalah mencontek. Mencontek di Indonesia sudah menjadi budaya yang entah darimana asal muasalnya. Banyak cara mencontek yang digunakan, salah satunya adalah membuat catatan-catatan kecil yang ditulis dengan sangat rapi dan catatan tersebut dijadikan sebagai keberlangsungan bisa atau tidaknya mengerjakan ujian.

Mencontek tentu saja tidak baik untuk dilakukan, selain karena mendapat dosa mencontek juga dapat membuat nilai yang didapat tidak berkah. Alih-alih untuk membuat orang tua kita bangga dengan IPK tinggi namun berujung pada ketidakjujuran kepada diri sendiri. Mereka yang mencontek menunjukan bahwa mereka tidak percaya akan kemampuan diri sendiri. Nah, dibawah ini ada beberapa tips untuk menghindari mencontek saat ujian.

 

1. Jadilah Mahasiswa yang Aktif

Mahasiswa Aktif

Mahasiswa Aktif via http://rommikaestria.com

Tips yang pertama yaitu kita harus mempelajari materi yang akan disampaikan dosen terlebih dahulu. Dengan demikian akan menjadikan kita mengetahui tentang apa saja yang akan dipelajari dan tentunya akan menjadikan kita lebih aktif saat pembelajaran berlangsung. Apabila kita aktif tentu saja dosen akan menandai nama kita sebagai mahasiswa yang aktif dan ini akan berdampak juga pada nilai akhir yang didapat.

2. Jangan Tidur Saat Kuliah

Kedua, perhatikan dosen saat menerangkan materi. Dengan memperhatikan materi yang disampaikan dosen akan membuat kita mengingat apa saja materi tersebut. Setelah dingat tentu saja kalian harus menyimpan materi ini dengan baik-baik. Agar saat kita ujian kita dapat mengingat kembali materinya. Namun tak jarang juga mahasiswa-mahasiswi malah melamun, berbicara dengan teman, atau bahkan tidur saat dosen menerangkan. Hal ini sangat merugikan sekali.

3. Mencatat Bagian Penting

Aktif Mencatat

Aktif Mencatat via http://leftfootforward.org

Tips yang ketiga, pelajari lagi materi yang disampaikan dosen saat dirumah. Hal ini jarang sekali dilakukan oleh mahasiswa maupun mahasiswi. Dengan berbagai alasan seperti kecapaian saat sampai dirumah atau tidak punya catatan sehingga tidak tahu materi yang mana yang harus dipelajari. Maka dari itu selain memperhatikan dosen saat menerangkan, kita juga harus mencatat bagian-bagian yang penting untuk dipelajari lagi di rumah.

4. Buatlah Catatan yang Berwarna

Catatan yang Berwarna

Catatan yang Berwarna via http://papasemar.com

Setelah mencatat bagian yang penting, ada tips yang keempat yaitu membuat ringkasan. Semua materi yang dipelajari tentu saja akan sangat membebani kita dalam belajar. Jadi, lebih baik kita membuat ringkasan yang terdiri dari bagian-bagian yang penting. Dalam ringkasan tersebut kita juga bisa membuat ringkasan yang terlihat menarik untuk dibaca. Dengan membubuhkan warna-warna yang eye catching tentu dapat membuat kita lebih semangat untuk belajar.

5. Semoga Bermanfaat Bagi Kehidupan Kita

Mahasiswa Aktif

Mahasiswa Aktif via http://1.bp.blogspot.com

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan agar terhindar dari budaya mencontek. Semoga tips ini berguna untuk kehidupan kita yang lebih baik.