Bagi para gamer veteran, tentu tak asing dengan judul seperti Super Mario Bros, Donkey Kong, Sonic the Hedgehog, Double Dragon, Contra dan lain-lain. Di tahun 90 an,beberapa judul game keren tersebut sempat berjaya di Eranya, dan menjadi kenangan tersendiri di hati para game veteran. 

Secara spontan, terkadang muncul keinginan untuk mencoba kembali judul game tersebut demi kepuasan akan masa lalu kita yang bahagia . Nah, beruntungnya, kemajuan teknologi internet dan komputer benar-benar mampu mewujudkan harapan kita para gamer jaman jadul, untuk sedikit ber-nostalgia dan  rileks sedikit, sembari mengendorkan urat saraf, dari rutinitas seusai bekerja. 

Ok, sekarang... siap-siap untuk berselancar di google dan buru software emulator game berikut ini, secara gratis.

 

1. ZSNES: SUPER NINTENDO EMULATOR

Super Mario World, Dragon Ball Z, atau Donkey kong Country? apa game favoritmu dulu?

Super Mario World, Dragon Ball Z, atau Donkey kong Country? apa game favoritmu dulu? via http://supernesroms.net

Emulator ini termasuk terfaforit diantara penggemar game klasik. Kita bisa memainkan ribuan hingga ratusan game terkenal Era 16 s/d 18 Bit dari mesin game Super Nintendo, dan ROMS ( istilah judul game dalam Emulator ) terpopuler Emulator ini, tentunya sudah bisa ditebak, super Mario World dan Donkey Kong Country. 

Tapi tentu saja, kamu jangan melupakan beberapa game legendaris terbaik lainnya seperti Chrono Trigger, Final Fantasy VI, Dragon Ball Super Buto Den series, Zelda, Kirby dan masih banyak lagi.

2. GENS: Sega Genesis Emulator

Pesaing sejati Super Nintendo?! Tentu saja Sega, dengan mesin genesisnya.

Pesaing sejati Super Nintendo?! Tentu saja Sega, dengan mesin genesisnya. via http://anarkhya.deviantart.com

Sebelum beralih menjadi developer, Sega pernah mengalami masa kejayaan dengan merilis mesin gamenya yang diberi nama Sega Genesis. Beberapa Judul game terbaiknya, benar-benar mampu menyaingi kedigdayaan game Era Super Nintendo. Sebut saja, Sonic the hedgehog series, Vectorman, Pulseman, Gunstar Heroes, Contra Hard Corps, Street of Rage dan lain-lain.

Beberapa game tersebut juga, berhasil memaksimalkan kemampuan dari mesin game sega genesis untuk menghasilkan grafis serta permainan yang keren luar biasa. Kalau tidak percaya download Roms Sonic and Knuckles beserta Gunstar Heroes. 

3. MAME: MULTIPLE ARCADE MACHINE EMULATOR

Dengan Emulator ini kamu bisa memainkan berbagai game langka di mesin dingdong atau istilah kerennya Arcade

Dengan Emulator ini kamu bisa memainkan berbagai game langka di mesin dingdong atau istilah kerennya Arcade via http://www.mame4droid.com

Selain main mesin game rumahan, kamu tentunya juga pernah main game dengan mesin Coin atau Arcade (terkenal dengan nama ding dong di Indonesia). Menurut saya pribadi, Emulator ini bisa dikatakan sempurna, karena kita bisa memainkan game dengan kelas Grafis, sesuai dengan versi Arcadenya, selain itu, banyak juga game-game langka Arcade yang bisa kita temui di daftar ROMS dari Emulator ini.

Salah satu diantarannya adalah,  Bakuretsu Tenshi, sebuah game pertarungan dua dimensi di mesin Arcade, dengan grafis dan gerakan bertarung karakternya yang sehalus game pertarungan 3 dimensi (Very Reccommended!!) Dan salah satu favorit saya adalah Macross, game pesawat side scrolling yang benar-benar seru.

4. NEO RAGEX: NEO GEO EMULATOR

Tak terhitung banyaknya game garapan neo geo di mesin arcade tahun 90 an. Emulator ini menghadirkan koleksi ROMS dari Neo GEO

Tak terhitung banyaknya game garapan neo geo di mesin arcade tahun 90 an. Emulator ini menghadirkan koleksi ROMS dari Neo GEO via http://tiodosgames.com

Inilah surganya pecinta game pertarungan dan Action. Game terkenal seperti King Of Fighters, Real Bout Fatal Fury, Metal Slug dan Samurai ShowDown, bisa kembali kamu nikmati, dan mainkan bersama dengan teman-temanmu yang menyukai game ciptaan developer ternama di Era 90an ini. Hati-hati!! jangan sampai merusak keyboard di kantor kamu, hehehe.

5. Jnes: Nintendo Entertainment System Emulator

Sebut saja Super Mario, Contra, Double Dragon. Dulu game ini mampu membuat kamu betah berlama-lamadi kamarmu.

Sebut saja Super Mario, Contra, Double Dragon. Dulu game ini mampu membuat kamu betah berlama-lamadi kamarmu. via https://github.com

Dan yang terakhir. Tentu saja Emulator mesin game kesayangan kita, Nintendo. Ingat pertama kali kamu merengek untuk dibelikan mesin game, dan orang tuamu membawa mesin game ini pulang ke rumah. Ingat betapa bahagianya kamu saat itu. Meskipun di jaman sekarang grafis dari mesin game ini dibilang jadul, kuno atau sederhana. Nyatanya beberapa gameplay dari beberapa koleksi ROMS dari Emulator ini masih cukup menantang untuk ukuran zaman milennial. Coba mainkan Super Mario 3, Zelda, atau game puzzle Dr Mario dan jangan lupa Contra series. 

Selamat bernostalgia kembali, dan jangan lupa waktu. Istirahat kantor cuman sejamkan?, jadi jangan keasyikan maen, atau surat peringatan menanti haha.