1. Konsepnya Diakhiri dengan bunuh diri

Clay Jensen via http://netflix.com

Sebenarnya tidak ada hubungan apapun antara game Blue Whale Challenge ini dengan drama 13 Reasons Why. Mungkin karena konsepnya kurang lebih sama, makanya banyak yang bilang kalau keduanya berkaitan. FYI, drama 13 Reasons Why ini menceritakan tentang remaja bernama Hannah yang bunuh diri karena menerima bullying dari teman2nya, baik itu fisik maupun psikis. Bullyingnya nggak main-main loh, mulai dari dikhianati sahabatnya sendiri (cinta segitiga gituu) sampai diperkosa oleh temannya sendiri.

Sebelum meninggal, Hannah membuat 13 rekaman kaset yang tak lain menceritakan 13 orang yang kurang lebih menyebabkan dia bunuh diri. Ketika rekaman itu sampai di tangan temannya, Clay, dia harus mendengarkan rekaman itu semua, tidak boleh berhenti di tengah jalan karena hanya akan membuat semuanya semakin kacau. Begitu juga dengan game BWC, sekali kamu masuk ke dalam game, kamu tidak akan bisa keluar (sereeeeem)

2. Bullying bukan lagi sebuah lelucon

Kalau di drama TRW, mugkin kata "penyiksaan" kurang tepat ya, lebih ke bullying kali yaa…Jadi sebenarnya kehidupan si Hannah ini sama aja dengan kita, tapi nggak tahu kenapa ada aja cobaannya. Kalo secara fisik mungkin engga ya, lebih ke psikis yang akhirnya bikin si Hannah give up. Salah satunya adalah ketika Justin lagi PDKT sama Hannah dan mereka main perosotan di taman. Si Justin iseng fotoin dia dan tanpa sengaja pakaian dalam Hannah kecapture sama kamera Justin. Namanya juga anak cowok, tanpa ba bi bu disebarlah foto itu.

Buat yang anaknya tegar mungkin hal ini biasa aja, tapi nggak semuanya bisa menerima itu dengan mudahnya kaan. Yang paling parah adalah ketika Hannah dipaksa untuk bersetubuh dengan temannya sendiri, Bryce di kolam renang rumahnya. Selain anak orang kaya, Bryce merupakan kapten dari tim baseball sekolah, jadi wajar kalau dia adalah anak populer dan disegani banyak temannya. Hal inilah yang membuat Hannah semakin jiper dan takut kalau dia melaporkan hal ini ke orang lain. Ujungnya dipendam sendiri. 

3. All about teenager’s life

13 reasons why cast via http://twitter.com

Drama seri 13 Reasons Why ini dipenuhi oleh aktor dan aktris remaja. Selain mengambil konsep remaja dan bersetting di sekolah menengah atas, drama ini juga memasukkan intrik-intrik masa remaja yang bisa dialami oleh siapapun remaja di dunia ini. 

4. Konsep yang lain daripada yang lain

Justin cs via http://screenertv.com

Drama ini memiliki konsep yang akan membuat kamu penasaran dari episode awal sampai akhir. Dengan cerita yang nggak monoton, ditambah para pemain yang kece-kece banget, akan sukses membuat kamu betah berlama-lama pengen buru-buru nyelesein drama ini. Walaupun banyak yang bilang kalau Hannah adalah cewe baperan dan a little bit drama queen (include me he..), tapi kalau dipikir-pikir memang setiap orang kan memiliki kepribadian dan sifat yang berbeda-beda, bagaimana tiap orang menanggapi sebuah masalah pun otomatis akan berbeda. 

5. Diproduseri oleh Selena Gomez

Selena with cast via http://eonline.com

Drama seri ini diproduseri oleh Selena Gomez lhoo. Selain jadi produser, Selena juga mengisi beberapa soundtrack drama ini. Asal kalian tahu, lagu Kill Em With Kindness adalah salah satu soundtrack di drama seri ini.