Hai guys!, kalian yang tinggal di indonesia dari kecil sampai gede sudah tahu belum fungsi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara? Malu dong ya,kalau belum tahu. Yuk kita bahas fungsi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara.

1. Bahasa Resmi di Indonesia

20160429103627.jpg via http://siper.mmtc.ac.id

Pertama,Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi. Sebagai bahasa resmi, Bahasa Indonesia ini digunakan untuk keperluan surat menyurat dinas, bahasa dalam suatu jabatan dan di gunakan pula dalam suatu administrasi permerintahan (termasuk pengadilan dan parlemen ). Untuk legalitasnya sebagai Bahasa resmi juga sudah diatur dalam Pasal 1 ayat (2) UU No 24 Th 2009 lho guys.

2. Bahasa Pengantar Pendidikan

homer-simpson-speaker.jpg via http://manuelgross.bligoo.com

Terus Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa pengantar Pendidikan. Gini lho guys, Bahasa Indonesia ini digunakan dalam berbagai kegiatan pendidikan untuk semua jenjang pendidikan di Indonesia .Contoh nih,dari kita TK sampai Kuliah selalu pengajarnya menggunakan Bahasa Indonesia. Ya, kecuali di daerah yang masih tertinggal masih menggunakan bahasa daerahnya.

3. Alat Komuikasi

Advertisement

Bahasa Indonesia Ini digunakan sebagai alat komunikasi maksudnya itu sebagai wahana interaksi soasial melaui bunyi atau tulisan. Bahasa Indonesia di pakai sebagai alat komunikasi karena mudah dan hampir seluruh rakyat Indonesia tahu guys. Walaupun kamu orang Jawa terus merantau ke daerah Minang kamu nggak perlu takut kalau Kamu nggak bisa bahasa Minang, karena cukup dengan bahasa indonesia saja semua orang pasti akan tau apa yang kamu katakan.

4. Alat Pengembang Kebudayaan dan IPTEK

Dalam hal ini bahasa indonesia dapat digunakan dalam pengembangan budaya sebagaimana yang di maksud adalah dapat digunakan untuk mempromosikan budaya-budaya indonesia dan dalam IPTEK bahasa indonesia di gunakan dalam hal penelitian dan lain lain.

5. Bahasa Saat Demo(Tambahan Dari Saya hehehe)

Bahasa Indonesia ini juga digunakan saat demo, karena apa? karena tidak semua petinggi kita tahu semua bahasa daerah. hehehehe…