Generasi milenial adalah istilah yang akhir-akhir ini banyak dibicarakan masyakarat, baik di media sosial hingga forum akademik. Generasi milenial atau generasi Y adalah mereka yang lahir antara tahun 1980-2000. Artinya, generasi ini merupakan orang-orang yang berada pada usia produktif saat ini.

Generasi milenial dikenal sebagai generasi yang dekat dengan informasi dua arah, artinya mereka tidak hanya berperan sebagai penerima informasi, tetapi juga pembuat informasi. Ciri khas ini muncul karena adanya internet. Ya, kaum milenial adalah mereka yang mempunyai kedekatan yang lebih dibanding generasi sebelumnya, yakni generasi X.

Kedekatan dengan internet ini tidak jarang membuat generasi milenial disebut-sebut sebagai ‘generasi rusak’, karena banyaknya konten-konten negatif yang dapat diakses dengan mudah melalui internet. Bukan hanya itu, generasi milenial juga sering mendapat sebutan sebagai generasi yang tidak dapat mengatur waktu dengan baik. Bagaimana tidak, banyak generasi milenial yang terlalu asyik dengan telepon genggam dan sosial media, sehingga lupa mengerjakan kewajibannya, baik belajar maupun bekerja.

Walaupun demikian, tidak semua generasi milenial bersikap sama. Banyak juga generasi milenial yang memanfaatkan teknologi internet untuk hal-hal yang berguna. 

1. Aplikasi permainan di internet untuk membahas soal-soal ujian

Mengunduh permainan ke ponsel pintar merupakan salah satu cara belajar yang unik. Aplikasi permainan yang dimaksud di sini adalah aplikasi-aplikasi yang dapat membantu dalam belajar. Aplikasi semacam itu tepat untuk menghindari bosan akibat belajar monoton dari buku, karena konsep aplikasi-aplikasi tersebut adalah bermain sambil belajar. Contohnya, jika kita hendak mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi, kita dapat mengunduh aplikasi kumpulan soal-soal tes potensi akademik. Dengan cara itu, kita bisa mendapatkan ilmu pada waktu luang singkat, misalnya saat menunggu bus di halte sekolah, di mana terkadang rasanya kurang efektif untuk membuka dan membaca buku kumpulan soal. 

2. Internet untuk berinteraksi dengan teman

Melalui media sosial, kita juga dapat berinteraksi dengan banyak teman dimanapun mereka berada. Bahkan saat ini banyak situs di internet yang menyediakan fasilitas berupa forum di mana kita dapat bertemu secara virtual dengan orang di berbagai belahan dunia. Hal ini dapat memperluas interaksi, bahkan menambah wawasan tentang kehidupan orang di negara-negara lain.

3. Internet untuk menulis

Advertisement

Internet merupakan fasilitas yang sangat cocok bagi para penulis pemula maupun penulis lama jika ingin tulisannya dibaca oleh banyak orang. Melalui situs-situs menulis seperti Blogspot, Wattpad, Tumblr, WordPress, dan sebagainya, kita dapat menuangkan isi pemikiran tanpa khawatir tidak memperoleh pembaca. Bahkan saat ini banyak situs-situs di internet yang memberi peluang menulis, bahkan berbagai hadiah, bagi penulis yang mampu membuat tulisan bagus, contohnya Hipwee.com.

4. Internet untuk menyalurkan kreativitas

The Daily Greyson via https://twitter.com

Banyak penyanyi kelas dunia yang dikenal bukan karena dipromosikan oleh produser terkenal, tetapi karena mereka mempromosikan diri sendiri melalui internet, tepatnya Youtube. Seiring perkembangan zaman, aplikasi dan situs ‘penyalur bakat’ di internet juga semakin berkembang. Banyak juga selebriti yang dikenal dengan aksinya (baik menari, menyanyi, melukis, dan sebagainya) melalui Instagram yang awalnya diciptakan untuk sekedar berbagi foto secara virtual. Bahkan aplikasi seperti Musical.ly juga melahirkan banyak orang-orang yang kini dikenal dunia karena kemahirannya dalam melakukan lipsing.

5. Internet untuk menemukan berita dan berbagai informasi lainnya

Hungary Today via http://hungarytoday.hu

Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat ini, generasi milenial lebih senang bermain dengan ponsel pintar dibanding menonton televisi. Mereka juga lebih suka membaca berita dari internet dibanding berita dari koran atau berita yang dilihat dari televisi. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah. Situs-situs berita di internet semakin bertambah dari waktu ke waktu. Tugas kita sebagai generasi milenial adalah untuk memilih dan memilah situs berita yang dapat dipercaya.

Selain berita, informasi-informasi lain seperti informasi lomba, festival, beasiswa, dan sebagainya, dapat dengan mudah ditemukan di internet. Dengan memanfaatkan kecanggihan internet untuk hal-hal yang positif, kita dapat dikategorikan sukses sebagai generasi milenial.