Pembangunan bangsa ini, bukan hanya di tangan bapak-bapak berdasi saja, tetapi juga di tangan generasi muda yang saat ini lagi gandrung megangin gadget. *entahlah mungkin takut hp-nya lari XD* Apakah kalian termasuk generasi muda? Kira-kira kamu termasuk generasi muda jenis apa?

 

1. Generasi muda "Kekinian"

Style-nya udah setara sama Zayn Malik

Style-nya udah setara sama Zayn Malik via https://www.instagram.com

Generasi muda jenis ini yang mungkin cukup banyak "pengikutnya". Generasi muda jenis ini bisa dibilang selalu update, mulai dari cara selfie terbaru, trend mode terbaru, sampai tempat nongkrong baru sudah pasti disambangi. Di media sosial miliknya bisa dipastikan isi foto-foto selfie doi lagi pergi ke tempat-tempat yang lagi "in". Ya nggak ada yang salah sih dengan pemuda/i jenis ini, tapi you know-lah budget yang dikeluarin to get in style like this bisa dibilang nggak sedikit kan? Belum lagi kalo style-nya hanya "in" untuk sementara? Kan sayang uang, apalagi kalo masih minta duit ortu. Mending uangnya ditabung, untuk beli sesuatu yang "diperlukan" bukan diinginkan, kan?

2. Generasi Muda yang "gadget addict"

Quality time sama teman atau HP?

Quality time sama teman atau HP? via http://www.hotcopas.net

Nah, Generasi muda macem ini kalo nongkrong sama temen, bukan sibuk ngobrol, tapi sibuk update status sambil scroll akun medsos, bilangnya sih "Quality time with bestie" tapi tetep handphone-nya nggak lepas dari tangannya. Nggak hanya saat quality time sama teman-teman, saat kumpul keluarga, handphone juga nggak lepas dari tangannya. Biasanya yang macam ini, ditasnya nggak lupa bawa charger hp atau bahkan powerbank, rasanya kalo batrai hp sudah 20% sudah cukup buat hati galau, iya nggak guys?

Banyak yang bilang, Gadget itu menjauhkan yang dekat, dan mendekatkan yang jauh. So, don't let your smartphone smarter than you, guys : )

3. Generasi Muda yang diam-diam menghanyutkan

Si pianis cilik asal Indonesia

Si pianis cilik asal Indonesia via http://lifestyle.liputan6.com

Ada yang tahu sosok "dedek emes" di atas? Yes, he is Joey Alexander. Sekarang, siapa sih yang nggak tahu dia? Nominator termuda Grammy yang berasal dari Indonesia. Tidak banyak yang tahu tentang dia sebelum dia menjadi setenar sekarang, tanpa gembar-gembor, tiba-tiba dia sudah banyak menghasilkan karya yang bisa dibilang luar biasa di usia dia yang bisa dibilang sangat muda. Nggak hanya Joey yang sekarang tenar berkat usaha kerasnya. Rio Haryanto, pemuda tampan asal Solo ini belakangan juga menjadi perbincangan hangat di negeri ini. Yes, dia pembalap Indonesia pertama yang akan melaju di kompetisi balap mobil paling akbar, Formula 1. Joey dan Rio hanya 2 dari sekian banyak pemuda Indonesia yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional, dan saya yakin, masih banyak generasi muda lain yang bisa dan akan berprestasi di kancah Internasional. So, will you be the next one guys?

4. Generasi muda yang "Aktif"

Andri Rizki Putra, Aktivis LSM yang bergerak di bidang pendidikan untuk anak tak mampu.

Andri Rizki Putra, Aktivis LSM yang bergerak di bidang pendidikan untuk anak tak mampu. via http://www2.jawapos.com

Generasi muda jenis ini banyak kita temui di organisasi sekolah/kampus. Mereka ini aktif menyuarakan pendapat mereka, dan biasanya media sosial yang mereka gunakan, bukan diisi dengan foto-foto selfie kekinian, namun banyak foto atau bahkan quote-quote yang menginspirasi. Tapi ingat ya, bukan quote saja, tapi dibarengi dengan aksi nyata di kehidupan mereka. Selain aktif menyuarakan pendapat, generasi muda jenis ini bisa juga aktif berpartisipasi di kegiatan sosial, semisal ikut serta mengajar di kegiatan Indonesia mengajar, 1000 guru atau justru membentuk organisasi sendiri yang memiliki tujuan sosial untuk masyarakat. Andri Rizki Putra salah satu contohnya, dia adalah pemuda lulusan fakultas Hukum UI dengan predikat Cum Laude, dia adalah pendiri yayasan pendidikan untuk anak tak mampu. Dia pernah tampil menceritakan kisah hidupnya saat SMA, di acara TV Hitam Putih. So, do you wanna be the next? : )

5. Generasi Muda Tukang Komen

Nyinyir itu apa sih?

Nyinyir itu apa sih? via https://setiawanparusa.wordpress.com

Fenomena media sosial itu memang nggak ada habisnya. Mulai dari kritik, nyindir sampai nyinyir, sudah pasti akrab buat para generasi muda yang aktif di media sosial. Generasi muda jenis ini biasanya aktif komen di medsos orang, semisal ikut perang komentar di instagram artis, atau bahkan aktif marah-marah di kolom komentar facebook akun berita. Yang macem begini biasanya aktif komentar dan sibuk menyalahkan orang, tapi tidak memberi solusi, bersembunyi di balik layar gadget atau laptop, namun tidak berbuat apa-apa untuk bangsa ini. Generasi muda jenis ini yang bisa dibilang wajib kalian hindari. Gunakan media sosialmu untuk hal-hal positif dan bermanfaat, guys. Jangan hanya bisa menyalahkan tapi tidak memberi solusi, bangsa ini akan maju atau tidak, itu ada di tangan kalian, generasi muda. Jadi tentukan bangsa ini mau dibawa kemana. Stop talking and let's take an action! :)

6. Generasi muda "cinta-cinta-an"

Jomblo sama single, itu sama aja, guys

Jomblo sama single, itu sama aja, guys via http://qumillayla.tumblr.com

Yang terakhir nih, generasi muda jenis ini mungkin kebanyakan nonton bang Raditya Dika deh. Biasanya yang begini ini, takut jomblo, hobi galau, sedikit-sedikit baper. *jangan-jangan saya termasuk XD* Kegiatan rutin mereka biasanya ngeshare kalimat-kalimat galau di akun media sosialnya, awalnya sih asik-asik aja, lama kelamaan bikin mata gatel juga, hidup kok kayaknya ngenes banget gitu ya : " ) Menjadi generasi muda yang single atau jomblo itu fine-fine saja kok, guys. Masih ada segudang kegiatan positif yang bisa kalian lakukan, dan yang pasti bermanfaat, ga usah jauh-jauh untuk negeri ini, paling enggak bermanfaat untuk orang-orang sekitar kita. Stop bermuram durja, jadi jomblo atau single itu nggak haram kok, kalian juga masih bisa bahagia. Apalagi buat kalian yang sudah "berumur" dan ditanyain "kapan nikah" sudah seperti pertanyaan "sudah makan?" alias sering banget, jangan sedih guys, semua ada waktu yang tepat. Kalau saat ini kalian masih sendiri, tandanya Tuhan ingin kalian menghabiskan waktu untuk dirimu dan orang-orang sekitarmu.

 

 

Jadi, generasi muda jenis apakah kalian? Tulisan ini bukan untuk mengkritik tapi juga ingin menyadarkan kalian para generasi muda untuk bersiap membangun negeri kita bersama. Ingat, seperti yang bapak Ridwan Kamil bilang, generasi muda yang bagus, bukan jadi si pengkritik, namun si pemberi solusi. And remember, Don't let your smarphone smarter than you. Hidup Generasi Muda Indonesia!